Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Keterampilan Motorik dgn Hasil Menendang Bola

Judul Skripsi : Hubungan Keterampilan Motorik dengan Hasil Menendang Bola ke Arah Gawang pada Siswa Lembaga Pendidikan Sepak Bola (LPSB) UNDIP SEMARANG

 

A. Latar Belakang

Salah satu aspek yang paling penting dalam sepakbola adalah menendang bola. Menendang bola merupakan suatu usaha untuk memindah-kan bola dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kaki atau bagian kaki (A. Sarumpaet, dkk. 1992;20). Untuk dapat menendang bola dengan baik, pemain harus memperhatikan beberapa prinsip dasar menendang bola, antara lain :

1) Letak kaki tumpu,

2) Kaki yang menendang,

3) Bagian bola yang ditendang,

4) Sikap badan, dan

5) Pandangan mata (Sukatamsi, 1984;45).

Pada dasarnya tendangan dalam permainan sepakbola ada dua macam, yaitu tendangan lambung / jauh dan tendangan menyusur tanah / ground pass. Mencermati pelaksanaan menendang bola di dalam permainan sepakbola, dibutuhkan kemampuan fisik atau kesegaran fisik (physical fitness) yang baik agar dapat bermain secara optimal. Unsur-unsur kemampuan fisik secara umum meliputi aspek-aspek :

a) Kecepatan,

b) Kekuatan,

c) Daya ledak,

d) Kelincahan,

e) Kelenturan.

Unsur-unsur kemampuan fisik tersebut biasanya dikembangkan dalam latihan sebelum melakukan latihan teknik secara khusus, sedangkan unsur-unsur teknik secara khusus dalam sepakbola terdiri dari cara lari dan merubah arah, cara melompat dan gerak tipu badan tanpa bola (Arma Abdoellah, 1981;416).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada hubungan antara kecepatan dengan hasil menendang bola ke arah gawang ?
  2. Apakah ada hubungan antara daya ledak (power) dengan hasil menendang bola ke arah gawang ?
  3. Apakah ada hubungan antara kelincahan dengan hasil menendang bola ke arah gawang ?

 

C. Landasan Teori

Teknik Menendang

Tendangan dalam sepakbola merupakan suatu usaha untuk memindahkan bola dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan kaki atau bagian kaki (A. Sarumpaet, dkk. 1992:20). Macam-macam tendangan menurut perkenaan kaki dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu

1) Dengan kaki bagian dalam,

2) Dengan kura-kura kaki bagian dalam,

3) Dengan kura-kura kaki bagian luar,

4) Dengan kura-kura kaki penuh,

5) Dengan ujung jari,

6) Dengan tumit (Sukatamsi, 1988:47).

Keterampilan Motorik

Para ahli telah sepakat bahwa untuk membedakan antara komponen kesegaran jasmani dan komponen-komponen kesegaran motorik (motor fitness), khususnya ditujukan untuk anak-anak. Para ahli motor fitness memberi penjelasan bahwa struktur motor fitness terdiri dari lima item. Struktur tersebut terdiri dari faktorfaktor yang diteliti, yaitu faktor kontrol gerak keseimbangan, baik statis maupun dinamis, faktor koordinasi baik koordinasi gerak motorik besar maupun koordinasi mata tangan.

Kecepatan

Menurut M. Sajoto (1988:58) kecepatan adalah kemempuan seseorang dalam melakukan gerakan berkesinambungan, dalam bentuk yang sama dan waktu yang sesingkat-singkatnya, seperti kecepatan lari, kecepatan bereaksi dan kecepatan bergerak.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Metode penelitian menggunakan survei dengan teknik tes. Hipotesis penelitian adalah :

  • Ada hubungan antara kecepatan lari dengan hasil menendang bola ke arah gawang,
  • Ada hubungan antara daya ledak dengan hasil menendang bola ke arah gawang,
  • Ada hubungan antara kelincahan dengan hasil menendang bola ke arah gawang,
  • Ada hubungan antara ketiga keterampilan motorik tersebut dengan hasil menendang bola ke arah gawang,
  • Ketiga keterampilan motorik tersebut memberikan sumbangan yang cukup besar terhadap hasil menendang bola ke arah gawang.

Variabel penelitian meliputi variabel bebas (prediktor) terdiri dari 1) Kecepatan (X1), 2) Daya ledak (X2), 3) Kelincahan (X3), dan variabel terikat (kriterium) atau Y adalah Hasil menendang bola ke arah gawang. Populasi penelitian sebanyak 30 orang, dengan menggunakan teknik total sampling diperoleh sampel sebanyak 30 orang. Data kemampuan penelitian diolah menggunakan teknik regresi tunggal dan regresi ganda menggunakan program SPSS versi 11, menggunakan taraf signifikansi 5 %.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang signifikan antara kecepatan dengan hasil menendang bola ke arah gawang pada siswa LPSB UNDIP Semarang tahun 2004/2005.
  2. Ada hubungan yang signifikan antara daya ledak dengan hasil menendang bola ke arah gawang pada siswa LPSB UNDIP Semarang tahun 2004/2005.
  3. Ada hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan hasil menendang bola ke arah gawang pada siswa LPSB UNDIP Semarang tahun 2004/2005.

 

Contoh Skirpsi Pendidikan

  1. Hubungan Kekuatan Otot Tungkai, Panjang Tungkai dan Kecepatan Dribel Berlari dengan Hasil Lay Up Shoot
  2. Hubungan Keterampilan Motorik dengan Hasil Menendang Bola Ke Arah Gawang
  3. Manajemen Pengurus Daerah Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Pengda PSSI) Jawa Tengah
  4. Motivasi Melakukan Latihan Kebugaran Aerobik pada Member Grand Sport Fitness & SPA
  5. Motivasi Penderita Diabetes Mellitus Tipe II dalam Mengikuti Kegiatan Olahraga pada Anggota Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Pekalongan

 

 

Incoming search terms: