Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Kekuatan Otot Lengan dn Panjang Lengan dgn Hasil Servis Atas Bola Voli

Judul Skripsi : Hubungan Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan dengan Hasil Servis Atas Bola Voli pada Siswa Putera Ekstrakurikuler Ma Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007

 

A. Latar Belakang

Kemampuan atlet bola voli perlu ditingkatkan. Unsur-unsur yang meliputi kondisi fisik, teknik, taktik, kematangan mental, kerjasama dan pengalaman dalam bertanding (M. Yunus) 1992:61). Sebagai faktor pendukung untuk mempercepat tercapainya tujuan permainan bola voli antara lain, faktor endogen dan pemain yang terdiri dari :

  • kesehatan fisik dan mental,
  • bentuk tubuh sesuai cabang olahraga yang diikuti, untuk cabang bola voli diharapkan yang tinggi dan atletis,
  • punya bakat untuk bermain bola voli yang meliputi kemampuan fisik, teknik, dan taktik,
  • dimiliki sikap mental yang baik seperti sosial, disiplin, tekun, kreatif bertanggung jawab dan berkemauan keras.

Menurut M. Yunus (1992:13) bahwa syarat-syarat bibit pemain bola voli yang baik antara lain memiliki syarat fisik, yaitu kesehatan yang baik, tidak memiliki cacat tubuh, postur tubuh tinggi, memiliki unsur kondisi fisik yang baik (kekuatan, kecepatan, kelincahan, daya tahan, koordinasi kelentukan, power) dan secara fisiologis memiliki kemampuan kerja otot yang baik. Menurut Suharno HP (1985:9), bahwa syarat-syarat dalam pembibitan sesuai tuntutan anatomi atau somatis yang lengkap, tinggi badan 180 cm ke atas untuk putra dan 160 cm ke atas untuk putri, ukuran tangan yang panjang dan ramping tetapi harus memiliki daya ledak yang tinggi untuk pukulan dan bola dalam smes.

 

B. Perumasalahan

  1. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang?
  2. Apakah ada hubungan antara panjang lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang?
  3. Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa putra MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang?

 

B. Landasan Teori

Teknik Permainan Bola Voli

Menurut Suharno HP (1985 : 1), permainan bola voli adalah cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain dan di setiap lapangan dipisahkan oleh net. Pantulan bola yang dimainkan boleh menggunakan seluruh anggota badan.

Pengertian Sevis

Menurut Suharno HP, (1985 : 19), servis adalah sebagai tanda dimulainya peraminan dan sebagai suatu serangan yang pertama kali bagi suatu regu. Untuk memperoleh keseragaman gerak tekik servis, maka dalam penelitian ini hanya menggunakan servis atas bola voli.

Kekuatan Otot Lengan

Sebagai karakteristik gerak pengertian kekuatan adalah kapasitas otot untuk berkontraksi tanpa mengalami perubahan posisi (isometric contraction), berkontraksi melalui pemendekan otot (concentric contraction), dan bereaksi melalui penguluran atau pemanjangan otot (eccentric contraction) (Willmore dan Costille, 1994:218). Selanjutnya mengenai kuantitas fisik, pengertian kekuatan adalah ukuran mekanika gerak tubuh. Willmore dan Costill (1988:113) mendefinisikan kekuatan sebagai kemampuan maksimal untuk menggunakan atau menahan daya. Menurut M. Sajoto (995:8) dikatakan bahwa kekuatan adalah komponen kondisi fisik seseorang yang berkaitan dengan kemampuannya mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putera ekstrakurikuler MA Darul Ma’arif Kab. Semarang yang berjumlah 30 orang.

Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling.

Variabel penelitian meliputi variabel bebas (prediktor) terdiri dari 1) kekuatan otot lengan (X1), 2) panjang lengan (X2) dan variabel tergantung (kriterium) atau Y adalah hasil servis atas.

Populasi penelitian sebanyak 30 orang, dengan menggunakan teknik total sampling diperoleh sampel sebanyak 30 orang.

Data kemampuan penelitian diolah menggunakan teknik regresi tunggal dan regresi ganda menggunakan program SPSS versi 10, menggunakan taraf signifikansi 5%.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada hubungan yang berarti antara kekuatan otot lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang tahun
  2. Ada hubungan yang berarti antara panjang lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Kab. Semarang tahun
  3. Ada hubungan yang berarti antara kekuatan otot lengan dan panjang lengan dengan hasil servis atas bola voli pada siswa MA Darul Ma’arif Pringapus Semarang tahun 2006.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Hubungan Antara Kekuatan Otot Perut Dan Keterampilan Timang -Timang Bola Terhadap Ketepatan Tendangan
  2. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelentukan Pergelangan Kaki Dengan Keterampilan Menggiring
  3. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai Dan Kelincahan Dengan Kecepatan Menggiring
  4. Hubungan Antara Tingkat Persepsi Kinestetik Dengan Keberhasilan Smash Bola Voli
  5. Hubungan Fleksibilitas Dan Kelincahan Dengan Kemampuan Melakukan Groundstroke Dalam Tenis Pada Pemain Usia 14-16 Tahun Di Kota Semarang Tahun 2007

 

Incoming search terms: