Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Kekuatan Otot dn Panjang Lengan trhdp Jauhnya Lemparan dlm Softball

Judul Skripsi : Sumbangan Kekuatan Otot Lengan dan Panjang Lengan terhadap Jauhnya Lemparan Atas dalam Permainan Softball pada Unit Kegiatan Mahasiswa Softball Putra UNNES Tahun 2007

 

A. Latar Belakang

Atlet yang berprestasi khususnya cabang olahraga yang berhubungan dengan melempar dapat kita lihat rata-rata mereka berbadan tinggi dan berlengan panjang. Tidak jauh berbeda dengan olahraga softball juga membutuhkan orang yang berlengan panjang, dengan tujuan jika berlengan panjang akan memberikan sumbangan terhadap jauhnya lemparan khususnya lemparan atas.

Disamping kekuatan ada faktor lain yang mempengaruhi jauhnya lemparan atas yaitu kecepatan dan jika disatukan maka apa yang disebut Power. Inilah faktor peretama dan utama dalam mempengruhi jauhnya lemparan atas. Selain itu juga ada faktor pendukung yaitu ketepatan, dimana ketepatan ini juga diperlukan guna mengefisiensikan lemparan atas tersebut. Sehingga hasil lemparannya tidak terbuang sia-sia.

 

B. Rumusan Masalah

  • Seberapa besar sumbangan kekuatan otot lengan terhadap jauhnya lemparan atas dalam permainan softball pada UKM softball putra UNNES tahun 2007?
  • Seberapa besar sumbangan panjang lengan terhadap jauhnya lemparan atas dalam permainan softball pada UKM softball putra UNNES tahun 2007?
  • Seberapa besar sumbangan kekuatan otot lengan dan panjang lengan terhadap jauhnya lemparan atas dalam permainan softball pada UKM softball putra UNNES tahun 2007?

 

C. Landasan Teori

Teknik Dasar Permainan Softball

Ragam teknik permainan softball dapat dipandang dari dua garis besar, yaitu teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar yang menjadi kajian utama dalam rancangan ini meliputi hal-hal berikut:

  1. Melempar (throwing)
  2. Menangkap Bola (catching)
  3. Memukul Bola (batting)
  4. Running and Sliding
  5. Pitching

Panjang Lengan

Panjang lengan adalah jarak antara tepi luar bahu sampai ujung jari tengah. Panjang lengan akan mempengaruhi jauh dan dekatnya hasil lemparan. Sebab pada saat melakukan lemparan atas, pelepasan bola dari tangan akan dipengaruhi panjang lengan tersebut.

Tinjauan peranan kekuatan otot lengan terhadap jauhnya lemparan Atas

Pada lemparan atas kekuatan lengan sangatlah penting karena pada saat melakukan lemparan atas tersebut akan mempengaruhi keras dan tepatnya bola terhadap sasaran. Sedangkan kekuatan diperoleh dari sekelompok otot dan besarnya pada luas potongan melintang dari otot tersebut maka dari itu pemain softball dianjurkan untuk mengembangkan ototnya dengan latihan yang berbentuk melawan / menahan beban dan juga menarik. Latihan yang digunakan dengan metode : weight traning, sirkuit training, isometrik training.

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian ini adalah mahasiswa UKM softball Putra UNNES Tahun 2007 sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling, yaitu seluruh populasi dalam penelitian diambil sebagai sampel, sehingga sampel penelitian ini sebanyak 30 orang.

Variabel dalam penelitian ini yaitu kekuatan otot lengan dan panjang lengan sebagai variabel bebas dan jauhnya lemparan atas dalam softball sebagai variabel terikat.

Metode pengumpulan data menggunakan survei dengan teknik tes dan pengukuran. Selanjutnya data yang diperoleh dari tes dan pengukuran tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana maupun ganda.

 

E. Kesimpulan

  • Terdapat sumbangan yang kecil yaitu 32,4 % yang diberikan oleh kekuatan otot lengan terhadap jauhnya lemparan atas dalam permainan Softball pada UKM Softball putra UNNES tahun 2007.
  • Terdapat sumbangan yang sangat kecil yaitu 15,7 yang diberikan oleh panjang lengan terhadap jauhnya lemparan atas dalam permainan Softball pada UKM Softball putra UNNES tahun 2007.
  • Terdapat sumbangan yang sedang yaitu 48,1 % yang diberikan oleh kekuatan otot lengan dan panjang lengan terhadap jauhnya lemparan atas dalam permainan Softball pada UKM Softball putra UNNES tahun 2007.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Sumbangan Kekuatan Genggaman, Power Lengan, Dan Kekuatan Otot Tungkai Terhadap Ketepatan Servis
  2. Sumbangan Kekuatan Otot Lengan Dan Panjang Lengan Terhadap Jauhnya Lemparan Atas Dalam Permainan Softball Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Softball Putra Unnes Tahun 2007
  3. Survei Kondisi Fisik Bagi Siswa Sekolah Sepak Bola (Ssb)
  4. Survei Kondisi Fisik Dan Keterampilan Gerak Dasar Sepak Bola Bagi Anak Usia Remaja Pada Klub Sepak Bola
  5. Survei Minat Siswa Terhadap Pelajaran Pendidikan Jasmani Pada Madrasah

 

Incoming search terms: