Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Pendidikan: Bimbingan Belajar pd Siswa yg Mengalami Kesulitan Belajar Berhitung

Judul Skripsi : Bimbingan Belajar pada Siswa SD Kelas III yang Mengalami Kesulitan Belajar Berhitung dalam Operasi Penjumlahan Matematika di SD Negeri Kembang Arum 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang

 

A. Latar Belakang

Di SD diperlukan pengembangan pengetahuan dasar matematika, sehingga anak akan lebih mudah untuk mengikuti pembelajaran matematika lebih lanjut. Seperti: mengenal konsep, warna, bentuk, ukuran melalui bentuk alat dan kegiatan bermain yang menyenangkan.

Untuk itu guru Sekolah Dasar sebagai pendidik harus dapat mengatasi kendala dalam belajar berhitung, khususnya dalam operasi hitung penjumlahan. Hal ini sering kita temukan pada anak, khususnya anak yang masih banyak mengalami masalah atau kendala dalam belajar berhitung.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah pengerian bimbingan belajar di SD?
  2. Bagaimana karakteristik anak yang berkesulitan belajar di SD terutama belajar berhitung?
  3. Apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya masalah belajar siswa di SD?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Bimbingan

Prayetno dan Erman Amti (1994: 104) menyatakan bahwa bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh orang yang ahli kepada seseorang ataupun beberapa orang individu, baik anak-anak, remaja maupun dewasa, agar orang yang dibimbing dapat mengembangkan kemampuan dirinya sendiri dan mandiri, dengan memanfaatkan kekuatan individu dan sarana yang ada dan dikembangkan berdasarkan norma-norma yang berlaku.

Pengertian Belajar

Belajar ialah perubahan yang relatif permanent dalam tingkah laku atau kemampuan yang merupakan hasil dari pengalaman (Fanderzanden & Pace, 1984).

Deskripsi Teoritis dalam Berhitung

Menurut Dalis S. Naya (1985: 1) berhitung sudah dikenal orang Yunani sejak awal Tarikh Masehi dan menanamkan berhitung itu sebagai aritmetika sesuai istilah yang diturunkan dari kata-kata arithmes yang berarti bilangan dan teche yang berarti ilmu pengetahuan.

 

D. Paparan Hasil

Sebelum observasi, penulis melaksanakan beberapa persiapan yaitu proses perijinan, alat pengumpulan data,

Untuk mendapatkan data yang akurat, valid dan sahih, pada penelitian ini menggunakan dua alat pengumpulan data yaitu Alat test hasil belajar dan dokumentasi.

Setelah observasi, penulis menemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika khususnya dalam materi operasi hitung, yaitu:

  1. Identitas siswa yang mengalami kesulitan belajar: Siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika kelas III SDN Kembang Arum 04 adalah Budianto.
  2. Masalah anak: Budianto merupakan salah satu anak dari sekian banyak anak yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Dia masih mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan.

Berdasarkan pengamatan yang sudah penulis lakukan, faktor yang mempengaruhi masalah belajar pada Budianto adalah:

  1. Faktor intern yaitu Kelemahan emosional, kelemahan yang disebabkan oleh kebiasaan dan sikap yang salah seperti kurangnya perhatian dan minat terhadap pelajaran sekolah dan kesehatan sering terganggu.
  2. Faktor eksternal yaitu faktor keluarga, faktor sekolah dan masyarakat.

 

Pada masalah ini, penulis dalam proses pemberian bimbingan pada Budianto dengan cara melakukan pendidikan psikologi anak yaitu untuk menumbuhkan keberanian anak belajar matematika dengan menghilangkan rasa takut dan malas sehingga anak tersebut merasa senang dalam belajar matematika.

 

E. Kesimpulan

  1. Keterampilan berhitung sangat penting bagi siswa Sekolah Dasar. Sehingga dalam melakukan bimbingan, peran guru sangat membantu guna mencapai tujuan yang diharapkan.
  2. Bimbingan dalam belajar khususnya dalam berhitung masih sangat dibutuhkan bagi anak-anak yang masih mengalami kesulitan, sehingga diperlukan pembimbingan yang intensif.
  3. Bimbingan yang dilaksanakan dengan penuh kesungguhan akan memberi manfaat bagi siswa dalam mengembangkan kemampuan dan

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Bimbingan Belajar Pada Siswa SD Kelas III yang Mengalami Kesulitan Belajar Berhitung dalam Operasi Penjumlahan Matematika di SD Negeri Kembang Arum 04 Kecamatan Semarang Barat Kota Semarang
  2. Desain Web E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
  3. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Pujian dan Peraga
  4. Penerapan Metode Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA
  5. Pemahaman Guru IPS terhadap Penilaian Kelas berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan