Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Nasabah pd Asuransi Jiwa

Judul Skripsi : Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Kantor Cabang Asuransi Kumpulan Surakarta

 

A. Latar Belakang Skripsi

Untuk meningkatkan kualitas serta keberhasilan yang ingin dicapai oleh AJB Bumiputera 1912 Surakarta selain upaya dalam meningkatkan mutu pelayanan pada nasabah juga perlu diketahui cara – cara AJB Bumiputera Surakarta dalam memberikan pelayanannya pada nasabah. Dalam hal ini pegawai dan juga penagih harus berusaha dengan baik dalam meningkatkan pelayanan bagi nasabahnya. Penagih dan pegawai harus berkomunikasi dengan baik karena mereka yang biasa berhadapan langsung dengan para nasabah. Cara pemberian pelayanan AJB Bumiputera 1912 Surakarta dapat dibedakan menjadi dua yaitu pelayanan yang diberikan langsung dan pelayanan yang tidak langsung diberikan kepada nasabah. Pelayanan langsung adalah pelayanan yang diberikan kepada nasabah dengan cara petugas asuransi / agen langsung datang menemui para nasabah sedangkan pelayanan tidak langsung adalah pelayanan yang diberikan dengan cara petugas asuransi / agen tidak perlu menemui para nasabah. Contohnya saja dalam hal pembayaran premi yang ditransfer melalui rekening bank otomatis petugas asuransi tidak perlu memberikan pelayanan langsung pada nasabah.

Selama ini pelayanan pada AJB bumiputera 1912 Surakarta dirasa sudah cukup baik hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah nasabah setiap tahunnya dan tidak adanya komplain atau keluhan dari nasabah mengenai pelayanan AJB bumiputera Surakarta. Salah satu bentuk pelayanan yang diberikan kepada nasabah adalah mempercepat penerbitan polis ( akte perjanjian asuransi jiwa yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana upaya mutu pelayanan nasabah pada AJB Bumiputera 1912 Surakarta?
  2. Upaya – upaya apa sajakah yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan nasabah pada AJB Bumiputera 1912 Surakarta?
  3. Hambatan – hambatan apa saja yang dihadapi dan Apakah upaya yang dilakukan AJB Bumiputera 1912 Surakarta dalam menghadapi hambatan tersebut?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Mutu Pelayanan

Menurut Boediono ( 2003 : 60 ) Pengertian Pelayanan adalah suatu proses bantuan kepada orang lain dengan cara – cara tertentu yang memerlukan kepekaan dan hubungan interpersonal agar terciptanya kepuasan dan keberhasilan. Setiap pelayanan menghasilkan produk baik berupa barang maupun jasa .

Pengertian Asuransi Jiwa

Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri pada pihak tertanggung dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya sseorang yang dipertanggungkan.

Manfaat dan Fungsi Asuransi

Manfaat – manfaat itu antara lain :

  • Asuransi melindungi resiko investasi
  • Asuransi sebagai sumber dana investaasi
  • Asuransi menjamin kestabilan perusahaan
  • Asuransi dapat meratakan keuntungan
  • Asuransi dapat menyediakan layanan profesional
  • Asuransi mendorong usaha pencegahan kerugian
  • Asuransi membantu pemeliharaan kesehatan

 

D. Metode Penelitian

Metode penarikan sample yang digunakan dalam pengamatan adalah purposive sampling yaitu dengan memilih informan yang dianggap tahu dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data.

Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara.

Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik triangulasi data yaitu menguji data yang sejenis dari berbagai sumber.

 

E. Kesimpulan

Mutu pelayanan nasabah pada asuransi jiwa bersama bumiputera 1912 kantor cabang asuransi kumpulan Surakarta sudah cukup baik. Hal ini ditandai dengan tidak adanya keluhan dari para nasabah, mereka tetap bertahan dan tidak pindah keperusahaan jasa atau keperusahaan asuransi lain. Walaupun demikian mutu pelayanan pada nasabah harus selalu ditingkatkan untuk menghindari berpalingnya nasabah keperusahaan jasa atau keperusahaan asuransi lain dan agar citra positip yang telah dibentuk tetap bisa dipertahankan. Sampai saat ini Bumiputera 1912 tetap bertahan ditengah dunia persaingan walaupun banyak bermunculan perusahaan-perusahaan asuransi lain yang tidak kalah besar.

Upaya meningkatkan mutu pelayanan pada nasabah sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan sebuah perusahaan karena tanpa pelayanan yang baik perusahaan tidak akan berkembang dan maju. Upaya peningkatan mutu pelayanan sangat penting di lakukan oleh setiap perusahaan, karena dengan memberikan pelayanan yang baik akan meningkatkan citra perusahaan dimata para nasabah. Dalam memberikan pelayanan pada nasabah, para pegawai AJB Bumiputera 1912 cabang asuransi kumpulan Surakarta telah memberikan pelayanan yang cukup baik dengan memberikan bantuan, perhatian dengan keramah tamahan kepada nasabah tanpa membedakan nasabah yang satu dengan yang lain sehingga menimbulkan kepuasan dan kepercayaan dari para nasabah. Para pegawai pada AJB Bumiputera 1912 cabang asuransi kumpulan Surakarta telah melakukan tugas dan pekerjaannya dengan cukup baik serta selalu bekerja sama antar sesama pegawai.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar
  2. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera
  3. Analisis Network Untuk Produksi Hard Cover A4 pada PT. Solo Murni Surakarta
  4. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  5. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen