Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Sistem Perawatan Arsip Tekstual di Badan Arsip

Judul Skripsi : Sistem Perawatan Arsip Tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah

 

A. Latar Belakang

Berhubung dengan nilai informasi tinggi yang terkandung dalam arsip, maka Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah memerlukan suatu kegiatan atau usaha untuk merawat serta menyelamatkan fisik arsip tersebut sehingga informasinya dapat terselamatkan juga. Perawatan adalah aktivitas untuk menyimpan dan melindungi fisik arsip dari kerusakan serta mempertahankan kondisi arsip agar tetap baik dan mengadakan perbaikan terhadap arsip yang rusak agar informasinya tetap terpelihara. (Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 110 Tahun 2003, Tentang Pedoman Perawatan Arsip di lingkungan Pemerintah Propinsi jawa Tengah: Badan Arsip Daerah Provinsi. Jawa Tengah; 2003, hal ii).

Dengan adanya proses perawatan arsip yang baik, maka akan menunjang kegiatan layanan jasa kearsipan kepada pengguna arsip (user) khususnya, serta masyarakat pada umumnya. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk mengangkat sebagai topik, dengan judul “Sistem Perawatan Arsip Tekstual di Badan Arsip Daerah Propinsi Jawa Tengah”.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana sistem perawatan arsip tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah?
  2. Kendala apa saja yang terjadi sistem perawatan arsip tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah?
  3. Bagaimana cara mengatasi kendala-kendala pada sistem perawatan arsip tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Sistem

Sistem merupakan suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai dengan suatu skema yang menyeluruh, untuk melaksanakan suatu kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan (Baridwan 1991:3).

Sistem perawatan arsip

Sistem perawatan arsip berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Tengah nomor 110 tahun 2003 tentang pedoman perawatan arsip di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah meliputi kamperisasi, fumigasi dan perawatan fisik arsip. Kegiatan perawatan arsip perlu memperhatikan sarana dan prasarana perawatan arsip serta faktor-faktor dari luar dan dalam perlu diperhatikan demi menjaga keutuhan arsip.

Arsip

Arsip adalah segala kertas, naskah, buku, foto, film, micro film, rekaman suara, gambar peta, bagan atau dokumen-dokumen lain dalam segala macam bentuk dan sifatnya, aslinya atau salinan, serta segala cara penciptaannya, dan yang dihasilkan atau yang diterima suatu badan, sebagai bukti dari tujuan, organisasi fungsi-fungsi, prosedur-prosedur, pekerjaanpekerjaan atau kegiatan lainya dari pemerintah atau karena pentingnya informasi yang terkandung didalamnya (Pariata Westra, 1980 : T.24).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini mengambil tempat di Kantor Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah yang berada di Jalan Setia Budi Srondol Semarang.

Dalam pengumpulannya menggunakan bahan buku, literatur, dan media lainnya yang berkaitan dengan obyek yang diteliti tentang sistem perawatan arsip tekstual, sumber data diperoleh dari kantor Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah jalan Setia Budi Srondol, Semarang.

Jenis Data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan Dokumentasi. Untuk menganalisis data yang telah terkumpul, maka jika dilihat dari jenis data yang dipakai, penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

E. Kesimpulan

  1. Sistem perawatan arsip tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah meliputi kamperisasi, fumigasi, dan perbaikan fisik arsip atau
  2. Kendala-kendala muncul pada sistem perawatan arsip tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah adalah kurangnya segi pendanaan guna menunjang kelengkapan sarana dan prasarana dalam perawatan arsip tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah yang belum berjalan dengan baik sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh Gubernur. Karena untuk perbaikan (restorasi) arsip tekstual khususnya laminasi belum dapat dilaksanakan karena biaya operasional yang sangat tinggi dan peralatan yang masih minim atau belum bisa di jangkau, sehingga untuk arsip tekstual atau kertas yang sudah mulai rapuh belum cepat teratasi dengan baik. Kendala yang lain dalam proses perawatan arsip tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah adalah dari sumber daya manusia dalam kegiatan perawatan arsip itu sendiri.
  3. Cara mengatasi kendala-kendala yang muncul dalam sistem perawatan arsip tekstual di Badan arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah, dimana kendala-kendala dalam sistem perawatan arsip tekstual disebabkan oleh kurangnya dana untuk melengkapi sarana dan prasarana perawatan arsip Maka Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah untuk mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana dalam sistem perawatan arsip tekstual melakukan kerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta. Guna mengatasi kendala sumber daya manusia yang kurang memadai pada sistem perawatan arsip tekstual di Badan Arsip Daerah provinsi Jawa tengah mengikut sertakan arsiparis-arsiparis yang ada di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam diklat-diklat tentang ilmu kearsipan terutama pada bidang perawatan yang memang membutuhkan arsiparis-arsiparis yang bermutu.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Tingkat Kebangkrutan Model Altman dan Foster
  2. Hubungan Kredit Usaha Baitul Maal Wattamwil (BMT) dengan Pendapatan Usaha Mikro di Kabupaten Tegal
  3. Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa
  4. Sistem Perawatan Arsip Tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah
  5. Analisis Hubungan Display dengan Minat Beli Konsumen di Mini Market ‘X’ Tahun 1997