Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Proses Pengadaan dan Penyimpanan Barang

Judul Skripsi : Proses Pengadaan dan Penyimpanan Barang (Spare Part) pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia (CCBI) Central Java Semarang

 

A. Latar Belakang

Proses penyimpanan barang spare part pada PT Coca-cola dilakukan sebagai berikut: Penerimaan barang (Pemeriksaan administrasi berupa: Pengecekan surat jalan dan PO (purchase Order), Pengecekan barang apakah sesuai dengan pesanan).Pemberian kode part, Melakukan bin to bin kedalam data stream 7i, Penyimpanan barang kedalam bin almari. Seperti kita ketahui spare part merupakan barang yang tahan lama sehingga Untuk peyimpanan spare part ini PT Coca-cola menggunakan system FIFO ( First In First Out ) yaitu barang yang lebih dahulu disimpan harus dikeluarkan lebih dahulu.

Untuk keperluan penyimpanan part yang begitu banyaknya tersebut maka diperlukan sebuah tempat yang permanen yang disebut dengan Gudang yang didalamnya terdapat bin almari yang tertata sedemikian rupa. Spare part pun harus tertata rapi baik part yang berukuran kecil maupun besar, part yang diperoleh melalui impor dari produsen part original maupun part produksi lokal, pengelompokannya pun harus sesuai agar bila dibutuhkan sewaktu-waktu dapat diambil dengan cepat dan tepat sehingga pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimanakah proses pengadaan dan penyimpanaan barang (Spare Part) pada PT. Coca-Cola Bottling Indonesia Central Java Semarang?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pengadaan

Menurut Karto Sapoetra yang dikutip oleh: M. Arif Satoto dalam tugas akhirnya yang dimaksud pengadaan barang adalah Merupakan usaha-usaha atau proses untuk memperoleh bahan-bahan atau untuk keperluan produksi dan jumlah, serta kualitas yang serba cepat dan di tempat yang tepat, dengan harga yag menguntungkan atau minimal yang layak dengan demikian maka diperolah daya guna dan hasil guna yang sebesar-besarnya (2004:10).

Pengertian Penyimpanan

Menurut pendapat Ibnu Syamsi yang dimaksud dengan Penyimpanan adalah kegiatan dan usaha untuk melakukan penerimaan, penyimpanan, pengaturan, pembukuan, pemeliharaan barang dan pengeluaran dari tempat penyimpanan (1983:53).

Pengertian gudang

Menurut Sukadarto yang dikutip oleh Arif satoto (2004:16) gudang adalah suatu rungan yang tidak bergerak dapat ditutup, tidak untuk lalu lintas umum melainkan dipergunakan untuk menyimpan barang-barang.

 

D. Metode Penelitian

Pengamatan ini mempergunakan jenis pengamatan deskreptif.

Sumber data yang diperlukan yaitu Data primer dan Sekunder.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara, observasi, magang, studi pustaka.

Teknik yang digunakan dalam penulisan laporan Tugas Akhir ini adalah Proposive Sampling.

 

E. Kesimpulan

Proses penyimpanan barang spare part PT. Coca-Cola Bottling Indonesia (CCBI) Central Java Semarang

  • Penerimaan barang spare part

Untuk penerimaan spare part atas pembelian PT. Coca-Cola Bottling Indonesia sudah memiliki proses baku yaitu proses yang menjadi acuan bagi seluruh cabang PT. Coca-Cola Bottling Indonesia diseluruh Indonesia. Dalam penerimaan spare part terdapat beberapa pemeriksaan yaitu: pencocokan barang apakah sesuai dengan pesanan, pemeriksaan PO (purchase Order), dan surat jalan

  • Pemberian kode part

Pemberian kode part dilakukan setelah barang spare part yang dipesan sudah datang. Pemberian kode part ini dilakukan dengan cara memberikan kode part barang yang dibeli yang kodenya sudah ada dan tertera pada Surat Purchase Order (PO)

  • Menentukan Informasi Store dan Bin

Informasi store dan bin dilakukan untuk memepermudah mengontrol barang dan mempermudah penyimpanan serta pengambilan barang jika dibutuhkan sewaktuwaktu. Untuk menentukan bin lokasi part PT. Coca-cola mempunyai acuan yaitu dengan menggunakan sistem data stream 7i.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Penerapan Analisis ABC dalam Pengendalian Persediaan Produk Furniture pada Java Furniture
  2. Pelaksanaan Program Asuransi Rawat Inap dan Pembedahan dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB)
  3. Bonus Pulsa sebagai Media Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kartu
  4. Proses Pengadaan Dan Penyimpanan Barang (Spare Part) pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia
  5. Prosedur Pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN

 

Incoming search terms: