Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pd Kantor Dinas

Judul Skripsi : Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah

 

A. Latar Belakang

Kesulitan manusia dalam menyelesaikan masalah pada intinya bersumber pada dua sebab yaitu karena mereka tidak tahu cara memecahkan masalah atau karena kekurangan fakta yang mendukung berhubungan dengan masalah tersebut (Hadi, 2000 : 1). Perkembangan teknologi dewasa ini tidak terlepas dari upaya manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan manusia yang senantiasa bertambah dan kelangkaan sumber daya pemuas kebutuhan telah mendorong manusia untuk dapat menciptakan suatu cara yang efektif dan efisien dalam memanfaatkan sumberdaya yang ada.

Perkembangan kehidupan manusia yang terjadi dewasa ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi yang ada. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi maka perpindahan informasi dari satu tempat ke tempat lain tidak lagi membutuhkan waktu yang lama. Perpindahan informasi dapat terjadi apabila terdapat interaksi antara dua pihak atau lebih. Interaksi ini diwujudkan dengan aktifitas komunikasi yang dapat terjadi baik secara lisan maupun secara tertulis. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi maka interaksi lisan maupun tertulis ini dapat terjadi tanpa harus bertemunya dua pihak atau lebih secara langsung (tatap muka) untuk melaksanakan aktifitas komunikasi tersebut.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana prosedur pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah?
  2. Kendala-kendala apa yang dihadapi oleh kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluarnya?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Surat

Surat menurut Hidajat dalam Moekijat (1982 : 50) adalah kertas sehelai atau lebih dimana dituliskan suatu pernyataan atau berita atau sesuatu yang hendak orang nyatakan, beritakan atau ditanyakan kepada orang lain. Menurut Atmosudirdjo dalam Moekijat (1982 : 50) surat adalah helai kertas yang ditulis (pada waktu ini umumnya diketik) atas nama pribadi penulis, atau atas nama kedudukanya dalam organisasi, yang ditujukan pada suatu alamat tertentu dan memuat sesuatu “ bahan komunikasi “.

Kualifikasi Surat

Setiap surat pada umumnya ditentukan sifat/kualifikasinya. Kualifikasi Surat adalah penentuan atau penegasan tentang tingkat pentingnya suatu surat, dilihat dari segi siapa yang berhak menerimanya/ membacanya, pertanggungan jawab atasnya, bagaimana cara mengolah dan menanganinya. (Wirladihardjo, H. Moftie, 1991 : 70).

Prosedur Surat masuk

Surat masuk merupakan sarana komunikasi tertulis yang diterima dari dari instansi lain atau perorangan, atau bisa dikatakan surat masuk adalah semua jenis surat yang diterima dari instansi lain maupun perorangan, baik yang diterima melalui pos (kantor pos) maupun yang diterima dari kurir (pengirim surat) dengan mempergunakan buku pengiriman (ekspedisi). (Wursanto, 1991 : 108). Pengelolaan surat dalam suatu instansi dapat digolongkan menurut penggolongan jenis surat, yaitu surat penting, surat biasa, surat rahasia, surat surat pribadi.

 

D. Metode Penelitian

Lokasi penelitian ini adalah pada Sub Bagian Umum Kantor Dipenda Prov. Jateng, adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Data yang terkumpul dievaluasi dengan metode analisis deskriptif.

Jenis Data pada penelitian ini yaitu data primer dan sekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah Prosedur pengelolaan suratnya menggunakan asas sentralisasi dan pengelolaan suratnya dilaksanakan berdasarkan dengan berpedoman pada Petunjuk Teknis Pengelolaan Surat Masuk/ Surat Keluar dan Tata Naskah pada Dipenda Provinsi Jateng.
  2. Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah Prosedur Pengelolaan surat masuknya meliputi : penerimaan surat, Pengecekan surat, penandatanganan ekspedisi, pensortiran surat, membuka sampul/ amplop, pengarahan surat, pengirim surat, Penyimpan berkas kartu kendali surat masuk, sedangkan untuk surat keluar meliputi ; pembuatan net konsep, pengetikan konsep, penggandaan surat, pengesahan surat keluar, pemberian nomor dan cap dinas, pengecekan kelengkapn surat, pencatatan dalam buku agenda, pemberian sampul surat dan Pengiriman surat. Sedangkan untuk penyimpanan suratnya Dinas Pendapatan Daerah menggunakan asas desentralisasi.
  3. Pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam pengelolaan surat masuknya masih terdapat kendala yaitu terjadinya penumpukan surat selain itu masih minimnya pemahaman pegawai mengenai bagaimana pengelolaan surat yang efektif dan efisien sehingga didalam pelaksanaannya terdapat ketidak sesuaian dalam pengelolaan surat keluar dengan petunjuk pedoman yang ada yaitu dengan ketidak pemakaian Kartu Kendali Surat Keluar (KKSK) sehingga dapat menyebabkan kendala pada proses pengecekan surat keluar.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Tingkat Kebangkrutan Model Altman dan Foster
  2. Hubungan Kredit Usaha Baitul Maal Wattamwil (BMT) dengan Pendapatan Usaha Mikro di Kabupaten Tegal
  3. Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa
  4. Sistem Perawatan Arsip Tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah
  5. Analisis Hubungan Display dengan Minat Beli Konsumen di Mini Market ‘X’ Tahun 1997