Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Prosedur Pemasaran Iklan PT. Radio Swara Prima Pesona Surakarta

Judul Skripsi: Prosedur Pemasaran Iklan PT. Radio Swara Prima Pesona Surakarta

 

A. Latar Belakang

Promosi menuntut perhatian dan kejelian para perancangnya untuk dapat menganalisis pasar secara cermat. Promosi hanya bermanfaat bila diselenggarakan secara bijaksana dan berdasarkan kebutuhan yang benar-benar diperhitungkan. Namun seringkali terjadi kebijakan promosi perusahaan mengalami banyak kendala, karena dalam kondisi pasar sempurna dimana banyak pesaing saling berlomba-lomba merebut pasar.

Hal ini menunjukkan bahwa promosi merupakan proses komunikasi antara perusahaan dengan pembeli potensial. Komunikasi yang efektif ditentukan oleh program promosi yang dilakukan. Bukan saja intensitas dalam melakukan promosi tetapi juga penggunaan bauran promosi yang tepat.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimanakah prosedur pemasaran iklan di PT. Radio Swara Prima Pesona Surakarta (Prima FM Solo)?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Prosedur

Menurut Drs. Moekijat (1989:194) memberikan pendapatnya mengenai prosedur sebagai berikut:

Prosedur adalah serangkaian tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan untuk waktu dan cara tertentu untuk melaksanakan pekerjaan yang harus diselesaikan. Biasanya suatu prosedur meliputi bagaimana, bilamana dan oleh siapa masing-masing tugas harus dilakukan.

Pengertian Pemasaran

Pada hakekatnya pemasaran merupakan suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkan itu dapat diterima dan disenangi oleh pasar. Dalam dunia perdagangan pemasaran dilakukan oleh semua perusahaan dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Berhasil atau tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung pada keahlian dan kemampuan mereka di bidang pemasaran, produksi dan keuangan untuk mengkombinasikan fungsifungsi tersebut agar organisasi dapat berjalan lancar.

 

Pengertian jasa

Pada dasarnya jasa mempunyai kesamaan dengan pemasaran barang atau produk, dan seringkali saling melengkapi antara keduanya, hanya saja yang lebih diperhatikan yang mana yang lebih dominan. “Jasa adalah kegiatan yang didefinisikan secara tersendiri, pada hakikatnya bersifat tidak teraba, untuk memenuhi kebutuhan dan tidak harus terikat pada penjualan produk atau jasa yang lainnya” (Drs. M. Mursid 1997:116)

 

D. Metode Penelitian

Masalah dalam pengamatan ini lebih ditekankan pada tahaptahapannya atau prosesnya. Maka jenis pengamatan dengan strateginya yang terbaik adalah pengamatan dikriptif kualitatif dan Jenis Data yang akan dipakai dalam pengamatan ini adalah data kualitatif yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat dan gambar. Dengan sumber data primer dan s

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Mencari klien yang potensial

Mencari klien yang mempunyai potensi yang dapat diajak bekerjasama dengan baik dan kontrak kerja yang lama.

  1. Mengajukan surat penawaran kepada klien

Langkah yang dilakukan oleh account excecutive yaitu dengan mendatangi klien yang dituju yang dianggap dapat menguntungkan dan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan perusahaan.

  1. Presentasi kepada klien

Menjelaskan kepada klien tentang program acara apa saja yang ada di dalam radio dan harga advertising, bertujuan membantu memahami klien dalam membaca proposal, selain itu didalam presentasi ini juga di jelaskan aturan main jika klien bergabung dengan radio Prima FM Solo dari awal sampai akhir.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analyse The Brand Loyalty At Custumers Service Pt. International Astra Tbk Daihatsu Solo
  2. Hubungan Strategi Promosi Terhadap Volume Penjualan Di Toko Buku Gramedia Solo Square
  3. Pengaruh Biaya Bauran Promosi Pada Pt. Danliris, Sukoharjo Dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Kain Printing Batik
  4. Prosedur Pemasaran Iklan Pt. Radio Swara Prima Pesona Surakarta
  5. Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Perusahaan Kusuma Mulia Textile