Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Prosedur Pelayanan Program Asuransi Kematian PNS

Judul Skripsi : Prosedur Pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN (PERSERO) CABANG SURAKARTA

 

A. Latar Belakang

Mengingat pentingnya peran Pegawai Negeri Sipil dalam Pembangunan Nasional maka perlu diberikan perlindungan, pemeliharaan, serta peningkatan kesejahteraan yang diharapkan dapat memberikan ketenangan dalam bekerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja Pegawai Negeri Sipil tersebut. Usaha peningkatan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil dan keluarganya dilakukan melalui penyelenggaraan program Asuransi Sosial yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 25 tahun 1981 tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil yang meliputi Program Tabungan Hari Tua dan Program Pensiun.

Program tersebut ditujukan untuk kesejahteraan hari tua Pegawai Negeri Sipil, yakni memberikan jaminan keuntungan bagi Pegawai Negeri Sipil yang tidak mampu lagi bekerja karena sudah tua atau telah mencapai usia yang tidak produktif untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintahan yang diembankan kepadanya serta jaminan keuntungan bagi ahli warisnya apabila peserta tertimpa resiko kematian pada masa aktif maupun pada masa pensiun.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah prosedur pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta?
  2. Apakah hambatan yang dihadapi PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta dalam pelaksanaan pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Prosedur

Kata prosedur berasal dari Bahasa Inggris yaitu procedure. Menurut Kamus Bahasa Inggris procedure mempunyai arti “cara, jalan, tata cara, aturan yang dipakai” (1996: 448). Kata procedure lazim digunakan dalam kosa kata Bahasa Indonesia, yaitu prosedur. Peter Salim dan Yenny Salim dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer menyatakan bahwa “Prosedur adalah tahap-tahap kegiatan dalam melaksanakan suatu kegiatan; metode langkah demi langkah secara nyata dalam memecahkan suatu masalah” (1991: 1194).

Pengertian Pelayanan

Menurut Peter Salim dan Yenny Salim dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, kata pelayanan berasal dari kata dasar layan dengan kata kerja melayani. ”Melayani adalah membantu menyiapkan apa-apa yang diperlukan seseorang, meladeni, mengerjakan” sedangkan ”pelayanan berarti cara melayani” (1991: 841).

Pengertian Asuransi

Pengertian asuransi menurut Djoko Prakoso dan I Ketut Murtika, SH dalam Hukum Asuransi Indonesia adalah: Asuransi adalah suatu perjanjian dengan seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung dengan menerima suatu premi asuransi untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin terjadi karena suatu peristiwa tak tentu (2000: 2).

 

D. Metode Penelitian

Untuk menyusun Tugas Akhir ini penulis melakukan pengamatan langsung selama menjalani masa magang di kantor PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta yang beralamat di Jalan Veteran No. 305 Surakarta. Sumber data bagi penulis adalah data primer yang penulis dapatkan melalui pengamatan langsung dan data sekunder yang penulis dapatkan dari buku mengenai Asuransi Kematian.

Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung yaitu dengan mengamati secara langsung pelayanan Program Asuransi Kematian di kantor PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta; mendokumentasikan arsip-arsip yang meliputi: buku, laporan kegiatan, serta dokumen lainnya yang sesuai; wawancara terhadap pimpinan, karyawan, maupun peserta TASPEN; serta studi pustaka baik buku yang penulis dapatkan dari perpustakaan PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta maupun Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

E. Kesimpulan

  1. Hambatan yang dialami oleh PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta
    1. Sering terjadi kesalahan maupun keterlambatan SK pensiun dan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP) gaji dari pejabat Pemangku Delegasi Wewenang (PDW).
    2. Aplikasi/program pelayanan PT. TASPEN (PERSERO) online sehingga apabila salah satu kantor cabang mengalami gangguan akan berdampak terhadap jaringan komputer kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia.
    3. Masih banyak ditemukan kekurangan persyaratan dalam pengajuan klim permohonan pembayaran hak peserta karena ketidaktahuan peserta mengenai prosedur dan persyaratan permohonan pembayaran tersebut.
  2. Usaha yang dilakukan oleh PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta dalam mengatasi hambatan yang muncul:
    1. Mengirimkan surat pemberitahuan kepada pihak yang terkait tentang keterlambatan penerbitan SK pensiun dan SKPP (Surat Keterangan Penghentian Pembayaran).
    2. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta belum dapat mengatasi hambatan ini, tetapi PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta berusaha untuk terus memantau keadaan dan secepat mungkin menghubungkan dengan jaringan komputer PT. TASPEN pusat agar peserta tidak terlalu lama menunggu.
    3. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta mensosialisasikan prosedur dan persyaratan permohonan pembayaran hak peserta TASPEN dengan membuat brosur yang dapat diperoleh di kantor PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Surakarta.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Penerapan Analisis ABC dalam Pengendalian Persediaan Produk Furniture pada Java Furniture
  2. Pelaksanaan Program Asuransi Rawat Inap dan Pembedahan dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB)
  3. Bonus Pulsa sebagai Media Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kartu
  4. Proses Pengadaan Dan Penyimpanan Barang (Spare Part) pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia
  5. Prosedur Pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN