Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Portofolio Saham yg Optimal di BEJ dgn Menggunakan Indeks Beta

Judul Skripsi: Analisis Portofolio Saham yang Optimal di BEJ dengan Menggunakan Indeks Beta

 

A. Latar Belakang Skripsi

Bursa efek atau pasar modal di Indonesia ada dua yaitu Bursa Efek Jakarta ( Jakarta Stock Exchange ) dan Bursa Efek Surabaya (Surabaya Stock Exchange). Bursa Efek Jakarta ( BEJ ) pernah menjadi salah satu bursa terbaik di Asia Tenggara pada tahun 1996. Prospek pertumbuhan pasar modal di Indonesia yang demikian pesat ini ternyata didorong oleh minat investor asing yang masuk ke dalam pasar modal Indonesia. Dengan adanya pasar modal, para investor dapat melakukan investasi pada banyak pilihan investasi, sesuai dengan keberanian mengambil risiko dimana para investor akan selalu memaksimalkan return yang dikombinasikan dengan risiko tertentu dalam setiap keputusan investasinya. Teori keuangan mengatakan apabila risiko suatu investasi meningkat maka disyaratkan tingkat keuntungan yang semakin besar.

Investasi adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan tertentu atas uang atau dana tersebut (Ahmad, 2004: 3). Umumnya investasi dikategorikan dua jenis  yaitu arus kas dalam asset riil yang bersifat berwujud seperti gedung-gedung, kendaraan dan sebagainya, dan asset finasial atau asset keuangan merupakan dokumen (surat-surat) klaim tidak langsung  pemegangnya terhadap aktiva riil pihak yang menerbitkan sekuritas tersebut.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah tingkat keuntungan (return) dan tingkat risiko sekuritas individual saham  pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta?
  2. Bagaimanakah tingkat keuntungan (return) dan tingkat risiko portofolio saham pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Saham

Sekuritas atau efek adalah surat berharga yang dapat diperjualbelikan di pasar modal primer maupun sekunder ( Gitosudarmo, 1999: 265). Sedangkan menurut Thian Hin (2001: 13). Saham yaitu surat berharga yang merupakan bukti kepemilikan seseorang atau badan terhadap suatu perusahaan. Saham merupakan tanda bukti pengambilan pengambilan bagian saham, juga merupakan tanda bukti pengambilan bagian peserta dalam suatu perusahaan (Riyanto, 1999: 240).

Pengertian Portofolio

Portofolio adalah kumpulan saham / aset lain yang dimiliki oleh pemodal perorangan atau lembaga. Menurut Ardiyos (dalam skripsi  Aminah, 2004: 23) tujuan portofolio adalah mengurangi risiko dengan penganekaragaman kepemilikan efek. Portofolio secara harfiah  memiliki sekumpulan surat–surat. Teori ini disebut teori portofolio karena mempunyai  cara mengestimasikan dana kedalam bentuk suret-surat berharga, teori ini didasarkan pada kenyataan bahwa pemilk modal akan menginvestasikan uangnya kedalam berbagai jenis surat berharga dengan tujuan mengurangi

risiko yang harus ditanggung dan kemudian ingin mendapatkan santunan (

penghasilan ) yang lebih tinggi.

 

Pengertian Investasi

Menurut Husnan (1998: 3) investasi adalah setiap pengguna dana dengan maksud memperoleh penghasilan. Sedangkan menurut Halim(2003: 2) investasi adalah penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dimasa yang akan datang. Investasi adalah penundaan konsumsi sekarang untuk digunakan didalam produksi yang efisien selama periode waktu yang tertentu (Jogiyanto, 2000:5). Dari beberapa pengertian investasi dapat disimpulkan bahwa investasi merupakan kegiatan dalam bidang finansial yang dimaksudkan untuk memperoleh hasil yang maksimal dari kekayaan atau asset yang ditanam.

 

D. Metodelogi Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Jakarta  pada periode Januari 2004 sampai dengan  Desember tahun 2005 sebanyak 350 perusahaan.

Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah  proportional cluster random sampling untuk memperoleh sampel yang representatif, pengambilan subyek dari setiap strata atau wilayah ditentukan seimbang atau sebanding dengan banyaknya subyek dalam masing-masing strata atau wilayah.

Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data sekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Tingkat keuntungan (return) dapat diperoleh dengan cara menggunakan beta sekuritas dengan hasil return yang diperoleh ratarata 2,54948984 dan risiko sekuritas individual 0,000429 yang berarti pasar cukup bergairah.
  2. Tingkat keuntungan (return) portofolio yang optimal dapat dilakukan dengan mencari beta portofolio dengan menggunakan indeks tunggal yaitu sebesar 0,115579866 dan risiko sekuritas saham individual sebesar -1.97555871.
  3. Portofolio yang optimal dapat dilakukan dengan menggunakan indeks tunggal karena dapat digunakan untuk menghitung return ekspektasi dan risiko portofolio yang didasarkan pada pengamatan bahwa harga dari suatu sekuritas berfluktuasi searah dengan indeks harga pasar.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Portofolio Saham yang Optimal di BEJ dengan Menggunakan Indeks Beta
  2. Analisis Tingkat Kebangkrutan Model Altman dan Foster
  3. Hubungan Kredit Usaha Baitul Maal Wattamwil (BMT) dengan Pendapatan
  4. Prosedur Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Kantor Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa
  5. Sistem Perawatan Arsip Tekstual di Badan Arsip Daerah Provinsi Jawa Tengah