Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Persepsi sbg Faktor Psikologis yg Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Judul Skripsi : Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen terhadap Kualitas Layanan di PT. Royal Express Indonesia (REX)

 

A. Latar Belakang

Dalam hal pemenuhan kebutuhan, karakteristik dan selera dari tiap-tiap konsumen memang jelas berbeda satu sama lain. Terkadang apa yang menurut kita sesuai dan tepat, belum tentu sesuai dan tepat untuk orang lain. Apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen yang lain belum tentu itu yang dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen lainnya.

Dengan adanya keragaman perbedaan inilah perusahaan harus pandai dalam memahami perilaku konsumen. Dengan adanya pemahaman akan adanya perilaku konsumen inilah nantinya perusahaan dapat menyusun strategi yang tepat, sehingga nantinya perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang ada dan mengungguli para pesaingnya.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Faktor – faktor apa sajakah yang akan mempengaruhi perilaku konsumen sehingga mereka mau menggunakan jasa ekspedisi di PT. Royal Express Indonesia?
  2. Dimensi apa sajakah yang digunakan oleh pelanggan dalam mengevaluasi kualitas jasa ekspedisi di PT. Royal Express Indonesia?
  3. Bagaimanakah respon konsumen terhadap service yang diberikan oleh PT. Royal Express Indonesia (REX) ?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran

Pemasaran adalah proses sosial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran secara bebas atas produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 2000).

Definisi Jasa

Jasa menurut Kotler (1997, 476) dapat diartikan sebagai : Setiap tindakan atau unjuk kerja yang ditawarkan oleh salah satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip intangibel dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan apapun. Produknya bisa terkait dan bisa juga tidak terikat pada suatu produk fisik.

Pengertian Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang atau organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Metode deskriptif kualitatif ini dipergunakan untuk pencarian fakta dengan interprestasi yang tepat dan tujuannya adalah untuk mencari gambaran yang sistematis dan fakta yang akurat.

Jenis dan Sumber Data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pemakai jasa layanan ekspedisi yang ada di wilayah kota Solo.

Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan Nonprobability sampling yakni dengan metode purposive sampling.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan 100 responden sebagai sampel.

Dalam teknik pengumpulan data, penulis memilih menggunakan dua cara yakni melalui kuesioner dan wawancara.

 

E. Kesimpulan

Karakteristik Konsumen

Dilihat dari karakteristik konsumen berdasarkan jenis kelamin, maka pelanggan terbanyak adalah Laki-laki (L) sebanyak 54 orang (54%), dan Perempuan sebanyak 46 orang (46%). Untuk karakteristik konsumen berdasarkan usia terbanyak berada pada usia 25-34 tahun yaitu 37 orang (37%), kemudian yang paling rendah pada usia 55-64 tahun yaitu 3 orang (3%). Sedangkan berdasarkan dari pendidikan terakhir terbanyak berasal dari lulusan SLTA sebanyak 43 orang (43%) dan terendah dari lulusan Pasca Sarjana (S2) yaitu 9 orang (9%).

Dimensi Kualitas Layanan

  • Dimensi Bukti Fisik

Dari lima point pertanyaan yang terkait dengan bukti fisik, empat point diantaranya sebagian besar responden memilih jawaban Tidak Setuju (TS), sedangkan satu point pertanyaan dijawab dengan alternatif jawaban Setuju (S). Hal ini menggambarkan bahwa PT. REX kurang memperhatikan bukti fisik tersebut.

  • Dimensi Keandalan

Dari empat point pertanyaan yang diajukan kepada responden terkait dengan dimensi keandalan, tiga pertanyaan sebagian besar responden memilih jawaban Setuju (S) dan satu point dijawab dengan alternatif jawaban Netral (N). Hal ini berarti bahwa PT. REX telah memberikan pelayanan yang cukup memuaskan bagi pelanggan.

  • Dimensi Daya Tanggap

Dari empat point pertanyaan yang terkait dengan dimensi daya tanggap, semua responden memilih alternatif jawaban Setuju (S). Hal ini berarti bahwa para pegawai PT. REX cukup tanggap dalam melayani kebutuhan para pelanggan.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar
  2. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera
  3. Analisis Network Untuk Produksi Hard Cover A4 pada PT. Solo Murni Surakarta
  4. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  5. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen