Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Perpindahan Konsumen pd Penyedia Jasa Telepon Selular dr Provider Lain Menuju Exelcomindo

Judul: Analisis Perpindahan Konsumen pada Penyedia Jasa Telepon Selular dari Provider Lain Menuju Exelcomindo

 

A. Latar Belakang

Titik awal dari setiap pembelian adalah adanya kebutuhan atau keinginan. Konsumen akan membeli produk karena alasan-alasan tertentu, atau paling tidak adanya keyakinan bahwa kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan mempunyai nilai yang lebih besar dibanding biaya yang akan dikeluarkan. Variasi produk yang bermacam ditambah aktivitas promosi yang sangat persuasif dan harga sim card (kartu telepon) untuk telepon selular yang harganya murah dengan bonus yang tinggi, tentu akan mendorong munculnya perilaku perpindahan merek di kalangan konsumen. Bermacam stimulan yang disodorkan di pasar bukan saja mempengaruhi perilaku perpindahan mereka tetapi juga mendorong perilaku mencoba produk baru bagi yang belum pernah mencobanya. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada sekelompok segmen yang mencapai saat ini belum termotivasi untuk mencoba sim card (kartu telepon) merek Exelcomindo.

Peneliti akan mengangkat Perusahaan Exelcomindo dengan pembanding Telkomsel karena pada akhir-akhir ini Exelcomindo memberikan dorongan yang menarik kepada konsumen. Telkomsel sebagai objek pembanding karena mayoritas orang memakai Telkomsel. Dengan adanya dorongan Exelcomindo yang tarifnya murah, harga voucer murah, jaringan yang bagus, adanya hadiah, iklan yang menarik, kemudahan isi ulang dimana tidak menutup kemungkinan konsumen untuk berpindah ke merek Exelcomindo. Dengan alasan itu penulis memilih judul “Perpindahan Konsumen Mengenai Jasa Telepon Selular Lain Menuju ke Exelcomindo”. Untuk mengetahui motivasi perpindahan konsumen dari provider lain ke Exelcomindo.

B. Rumusan Masalah

  1. Faktor utama yang mana yang dipilih konsumen antara tarif (telepon, SMS, MMS) terjangkau, harga voucer isi ulangnya murah, jaringan yang bagus, adanya hadiah, iklan yang menarik, kemudahan isi ulang paling mempengaruhi konsumen untuk membeli provider lain?
  2. Apakah faktor-faktor seperti tarif (telepon, SMS, MMS) terjangkau, harga voucer isi ulangnya murah, jaringan yang bagus, adanya hadiah, iklan yang menarik, kemudahan isi ulang yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk Exelcomindo?
  3. Faktor-faktor apa yang menyebabkan perpindahan dari provider lain ke Exelcomindo dilihat dari tarif (telepon, SMS, MMS) terjangkau, harga voucer isi ulangnya murah, jaringan yang bagus, adanya hadiah, iklan yang menarik, kemudahan isi ulang ?
  4. Faktor utama yang mana yang dipilih konsumen antara tarif (telepon, SMS, MMS) terjangkau, harga voucer isi ulangnya murah, jaringan yang bagus, adanya hadiah, iklan yang menarik, kemudahan isi ulang paling mempengaruhi konsumen berpindah produk ke Exelcomindo?

 

C. Landasan Teori

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Cara perusahaan agar dapat mempengaruhi konsumennya merupakan hal yang memerlukan perencanaan dan pengawasan yang matang serta perlu dilakukan tindakan20 tindakan kongkrit dan terprogram. Untuk keperluan tersebut pengusaha dapat melakukan tindakan-tindakan yang terdiri dari empat macam yaitu: (Sudarmo,1994: 110-123)

  1. Strategi Produk
  2. Strategi Harga
  3. Strategi Promosi
  4. Strategi Saluran Distribusi

 

Rantai Jasa Laba

Perusahaan memahami rantai jasa-laba, yang menghubungkan laba paerusahaan dengan karyawan serta kepuasan pelanggan. Rantai ini terdiri dari: (Kotler dan Amstrong , 2001: 378)

  1. Karyawan jasa yang puas dan produktif: Karyawan yang lebih puas, setia, dan bekerja keras
  2. Nilai jasa yang lebih besar: Penciptaan nilai pelanggan dan penyampaian jasa yang lebih efektif dan efisien
  3. Pelanggan yang puas dan setia: Pelanggan yang puas dan tetap setia, melakukan pembelian kembali, dan mengajak pelanggan lain
  4. Laba serta pertumbuhan jasa yang sehat: Kinerja perusahaan jasa yang superior.
  5. Peran Merek

 

Peran Merek

Peran Merek secara lebih spesifik dalam aktifitas pemasaran (Kotler, 2004):

  1. Merek mampu membantu konsumen untuk mengidentifikasi produk yang mungkin memberikan benefit pada mereka.
  2. Merek memberikan informasi pada konsumen tentang kualitas produk.
  3. Konsumen yang selalu melakukan pembelian produk dengan merek yang sama akan mendapat fitur, benefit dan kualitas yang sama setiap kali mereka membeli produk tersebut.
  4. Merek bisa memberikan proteksi pada keunikan suatu fitur yang mungkin akan ditiru oleh perusahaan lain.
  5. Merek akan membantu penjualan untuk melakukan segmentasi pasar.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian ini adalah survey yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UII yang melakukan perpindahan merek dari provider lain ke provider Exelcomindo.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menggunakan produk Execomindo di kalangan mahasiswa FE UII.

Sampel penelitian ini adalah 100 mahasiswa yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti.

Teknik penarikan sampel menggunakan “accidental sampling”, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan mengambil responden yang kebetulan ada, dalam arti siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang ditemui itu cocok sebagai sumber data.

Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif, dan Analisis Wilcoxon.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil analisis persepsi konsumen terhadap profider selain Exelcomindo menunjukkan bahwa sebagian besar telah memberikan persepsi yang baik terutama pada atribut harga voucer, jaringan, hadiah, iklan, dan isi ulang, sedangkan untuk tarif telepon, SMS, MMS yang murah dipersepsikan sangat baik.
  2. Berdasarkan hasil analisis persepsi konsumen terhadap profider Exelcomindo menunjukkan bahwa seluruh atribut dalam kualitas jasa Exelcomindo dipersepsikan sangat baik yaitu pada tarif telepon, SMS, MMS yang murah, harga voucer, jaringan, hadiah, iklan, dan isi ulang.
  3. Dari hasil total analisis uji Wicoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan persepsi konsumen terhadap atribut kualitas jasa antara jasa telepon seluler Exelcomindo dengan telepon seluler lain selaian Exelcomindo sebelum melakukan perpindan merek. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku konsumen untuk berpindah pada penyedia jasa telepon seluler dari provider lain menuju Exelcomindo dipengaruhi oleh tarif telepon, SMS, MMS yang murah, harga voucer isi ulang yang murah, jaringan yang bagus dimana saja berada, ingin mendapatkan hadiah, atribut iklan yang menarik, dan Isi ulangnya ada dimana saja termasuk di kantor layanannya.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Dampak Jangka Panjang Merger dan Akuisisi terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakusisi dan Perusahaan Diakuisisi di Bursa Efek Jakarta (BEJ)
  2. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta
  3. Analisis Perpindahan Konsumen pada Penyedia Jasa Telepon Selular dari Provider Lain Menuju Exelcomindo
  4. Analisis Sikap Konsumen terhadap Produk Distribution Outlet di Kota Yogyakarta
  5. Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi