Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Perceived Organizational Support sbg Pemediasi Pengaruh Keadilan Prosedural trhdp Komitmen Afektif

Judul Skripsi : Perceived Organizational Support Sebagai Pemediasi Pengaruh Keadilan Prosedural, Penghargaan, dan Dukungan Supervisor terhadap Komitmen Afektif ( Studi pada Karyawan PT. POS Indonesia (Persero) Kantor POS Surakarta )

 

A. Latar Belakang

Dukungan organisasi yang sering dikenal dengan istilah “perceived organizational support” merupakan konsep yang penting dalam literature manajemen karena dukungan organisasi memberikan penjelasan mengenai hubungan antara perlakuan organisasi, sikap dan perilaku karyawan terhadap pekerjaan dan organisasi mereka. Armeli et al., (dalam Rhoades et al., 2001) mengatakan bahwa dukungan organisasi merupakan upaya memberi penghargaan, perhatian dan pengharapan kepada karyawan, di mana dukungan organisasi dapat digunakan untuk melihat pengharapan karyawan bahwa organisasi akan memberi pemahaman yang simpatik dan bantuan material untuk berhubungan dengan situasi stress di tempat kerja atau di rumah, yang akan membantu kebutuhan terhadap dukungan emosional.

Dukungan organisasi dapat berarti menghargai kontribusi karyawan, mendengar keluhan, merasa bangga akan hasil kinerja atau prestasi karyawannya dan memenuhi kebutuhan karyawan. Dengan adanya dukungan organisasi yang diberikan organisasi kepada karyawan menjadikan karyawan merasa lebih puas dan lebih komit dengan pekerjaannya (Rhoades et al., 2001).

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah perceived organizational support berpengaruh positif terhadap affective commitment pada karyawan PT POS Persero Surakarta.
  2. Apakah perceived organizational support memediasi pengaruh antara procedural justice dengan affective commitment pada karyawan PT POS Persero Surakarta.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Perceived Organizational Support

Perceived Organizational Support (POS) merupakan dukungan organisasi yang dipersepsikan dengan keyakinan global mengenai sejauh mana organisasi menilai kontribusi, memperhatikan kesejahteraan, mendengar keluhan, memperhatikan kehidupan dan mempertimbangkan tujuan yang akan dicapai serta dapat dipercaya untuk memperlakukan karyawan dengan adil. Dukungan organisasi merupakan kepercayaan global karyawan mengenai sejauh mana organisasi mereka menilai kontribusi dan memperhatikan kehidupan karyawannya (Eisenberger et al., 2002).

 

Pengertian Organizational rewards

Organizational rewards merupakan segala bentuk imbalan yang diterima dari organisasi sebagai hasil dari suatu pekerjaan (Rhodes et al., 2001). Organisasi menggunakan berbagai imbalan untuk menarik dan mempertahankan orang-orang serta memotivasi agar mencapai tujuan organisasi dan tujuan pribadi atasan mereka.

Pengertian procedural justice

Menurut Greenberg (dalam Rhoades et al., 2001) yang dimaksud dengan procedural justice adalah tingkat keadilan dan kejujuran dari proses dan prosedur yang digunakan organisasi untuk membuat serta mengalokasikan suatu keputusan yang berkaitan dengan evaluasi kinerja, penentuan reward dan proses komunikasi. Berdasarkan pada definisi tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa procedural justice mengacu pada keadilan dan keterbukaan dari organisasi dalam proses menentukan hasil organisasi.

 

D. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini, populasinya adalah seluruh karyawan kantor Persero PO  Surakarta, yaitu sebanyak 196 karyawan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Proportional Random Sampling. Penelitian ini mengunakan 2 sumber data, yaitu data primer dan data sekunder. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan studi pustaka.

 

E. Kesimpulan

Perceived Organizational Support Karyawan PT. POS Persero Surakarta dirasa baik

Berdasarkan tabel IV. 5 diketahui bahwa jawaban setuju pada item 2 dan item 5 mendapatkan respon yang terbanyak, yang artinya PT. POS Persero Surakarta memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan bersedia membantu karyawan bila membutuhkan bantuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa perceived organizational support dalam PT. POS Persero Surakarta dikategorikan baik.

Procedural Justice PT. POS Persero Surakarta dirasa cukup

Berdasarkan tabel IV. 6 diketahui bahwa jawaban kadang-kadang pada item 9 dan item 10 mendapatkan respon yang terbanyak, yang artinya keadilan dan keterbukaan belum dirasakan sepenuhnya oleh karyawan. Jadi dapat disimpulkan bahwa procedural justice yang ditunjukkan PT. POS Persero Surakarta dirasa cukup bagi karyawannya.

Organizational Rewards PT. POS Persero Surakarta dirasa baik

Berdasarkan tabel IV. 7 diketahui bahwa organizational rewards yang diberikan PT. POS Persero Surakarta dirasa baik oleh karyawannya. Oleh karena pada pernyataan item 12 mengartikan PT. POS Persero Surakarta mampu mengukur pengakuan atas prestasi atau kinerja dengan baik, sehingga karyawan bekerja dengan baik.

 

Contoh Skripsi Manajaman

  1. Perceived Organizational Support Sebagai Pemediasi Pengaruh Keadilan Prosedural
  2. Analisis Lay Out Fasilitas Unit Pelayanan Di Pdam Sragen
  3. Pengaruh Perubahan Capital Adequacy Ratio (Car) Terhadap Perubahan Kredit
  4. Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Jasa pada PT. FBC Indonesia
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Pada Penawaran Umum Perdana