Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Pengaruh Kinerja Finansial dan Firm Size terhadap Return Saham

Judul Skripsi : Analisis Pengaruh Kinerja Finansial dan Firm Size terhadap Return Saham Perusahaan pada Indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta Tahun 2003-2005

 

A. Latar Belakang

Dalam melakukan investasi di pasar global, para investor mengharapkan untuk memperoleh return yang maksimal. Ditinjau dari segi kompensasi, return merupakan imbalan atas kesediaan investor untuk menanggung resiko atas investasi yang dilakukan. Harapan untuk memperoleh return yang maksimal diusahakan dengan mengadakan analisis dan upaya – upaya yang berkaitan dengan investasi dalam sahamnya. Oleh karena itu perlu diketahui faktor – faktor yang mempengaruhi return saham sehingga harapan untuk memperoleh return yang maksimal bisa dicapai.

Return merupakan salah satu indikator kinerja finansial perusahaan. Semakin efisien perusahaan dalam menggunakan aktivanya maka return yang diperoleh akan semakin tinggi. Bagi para investor, return merupakan salah satu parameter untuk menilai seberapa besar keuntungan suatu saham. Return dapat berupa return realisasi yang sudah terjadi atau return ekspektasi yang belum terjadi tetapi diharapkan akan terjadi di masa mendatang (Jogiyanto, 2000 : 107). Return realisasi dihitung berdasarkan data historis, juga berguna sebagai penentuan return ekspektasi dan resiko di masa mendatang. Penilaian terhadap return realisasi, bagi investasi yang sudah berjalan perlu dilakukan oleh investor untuk menilai keberhasilan dari upaya – upaya yang mereka lakukan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan rata – rata return geometric karena memperhatikan tingkat kumulatif dari waktu ke waktu dan mencerminkan variabiltas return dalam periode tertentu.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah Earning Per Share (EPS), Return of Asset (ROA), Leverage Rasio (LEV), Price Earning Ratio (PER), dan Firm Size secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahaan pada indeks LQ-45 di Bursa efek Jakarta?
  2. Apakah Earning Per Share (EPS), Return of Asset (ROA), Leverage Rasio (LEV), Price Earning Ratio (PER), dan Firm Size secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap return saham perusahaan pada indeks LQ-45 di Bursa efek Jakarta?

 

C. Kajian Pustaka

Pasar Modal

Pasar modal dapat diartikan sebagai pasar untuk berbagai instrument keuangan/sekuritas jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk hutang ataupun modal sendiri, baik yang diterbitkan oleh pemerintah public authorities, maupun perusahaan swasta. Pasar modal merupakan sarana pembentuk modal akumulasi dan yang diarahkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam pergerakan dana guna menunjang pembiayaan pembangunan nasional (Husnan, 1994).

Pengertian Harga Saham

Saham adalah tanda bukti memiliki perusahaan dimana pemiliknya disebut juga sebagai pemegang saham (shareholder atau stockholder). Bukti bahwa seseorang atau suatu pihak dapat dianggap sebagai pemegang saham adalah apabila mereka sudah tercatat sebagai pemegang saham dalam buku yang disebut dengan Daftar Pemegang Saham (DPS). Pada umumnya DPS disajikan beberapa hari sebelum Rapat Umum Pemegang Saham diselenggarakan dan setiap pihak dapat melihat DPS tersebut. Bukti lain bahwa seseorang adalah pemegang saham adalah pemegang saham juga dapat dilihat pada halaman belakang lembar saham apakah namanya sudah diregistrasi oleh perusahaan (emiten) atau belum.

 

Return Saham

Tujuan investor dalam melakukan investasi adalah untuk memaksimalkan return tanpa melupakan faktor resiko dari investasi yang dilakukannya. Return merupakan salah satu faktor yang memotivasi investor untuk berinvestasi disamping merupakan imbalan atas keberanian investor dalam menanggung resiko atas investasi yang dilakukan (Tandelilin, 2001).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan event study yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh berdasarkan suatu peristiwa atau event penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap return saham perusahaan pada indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2003 sampai dengan tahun 2005.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang go public masuk dalam kelompok LQ-45 di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2003 sampai dengan tahun 2005.

Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling.

 

E. Kesimpulan

  1. Secara simultan keempat variabel kinerja finansial perusahaan dan variabel karakteristik perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan yang masuk dalam kelompok Indeks LQ-45 I Bursa Efek Jakarta pada tahun 2003-2005. Hal ini ditunjukkan dengan nilai sig F sebesar 0.000 yang lebih kecil dari alpha 0.1. Hasil penelitian ini sesuai dengan berbagai penelitian sejenis yang menyebutkan bahwa secara bersama-sama variable kinerja finansial perusahaan berpengaruh terhadap return saham. Menurut Hinuri dalam Utomu (1997), Nilai saham dapat berubah setiap saat tergantung pada kondisi pasar, persepsi investor tehadap terhadap perusahaan dan juga informasi yang sedang berkembang, Faktor persepsi investor terhadap perusahaan ini cukup berperan besar dalam menentukan nilai saham dan hal tersebut dapat diketahui dengan dengan menganalisis kinerja pemsahaan sehingga variabel kinerja keuangan berpengaruh terhadap return saham.
  2. Secara individual variabel EPS, ROA, dan Firm Size berpengaruh signifikan terhadap return saham pada level 10% sedangkan LEV dan PER tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. LEV memiliki nilai signifikansi 0.653 yang berarti lebih besar dari alpha 0,05. Dengan demikian hipotesis keempat yang menyatakan bahwa variabel LEV secara individu berpengaruh signifikan terhadap return ditolak. Sedangkan PER memiliki nilai sig.t sebesar 0,494 yang berarti lebih besar dari alpha 0,05 Dengan demikian hipotesis kelima yang menyatakan bahwa variabel PER secara individual berpengaruh signifikan terhadap return ditolak, PER menurunkan rasio harga saham terhadap earning. Jika nilai PER tinggi berarti harga saham juga tinggi demikian juga dengan return saham yang akan diterima.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Penerapan Analisis ABC dalam Pengendalian Persediaan Produk Furniture pada Java Furniture
  2. Pelaksanaan Program Asuransi Rawat Inap dan Pembedahan dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB)
  3. Bonus Pulsa sebagai Media Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kartu
  4. Proses Pengadaan Dan Penyimpanan Barang (Spare Part) pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia
  5. Prosedur Pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN