Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Pengaruh Biaya Bauran Promosi pd perusahaan dlm Penjualan

Judul Skripsi :  Pengaruh Biaya Bauran Promosi pada PT. Danliris, Sukoharjo dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Kain Printing Batik

A. Latar Belakang

Sekarang ini semakin banyak bertambahnya perusahaan yang bergerak dibidang industri tekstil yang berdiri dan berkembang maka persaingan pun kini semakin ketat dalam mengelola dan menjalankan usaha tidak terelakkan lagi. Dapat kita lihat perkembangan perusahaan yang bergerak dibidang industri tekstil dewasa ini yang semakin ketat dalam persaingan bisnis., hal ini didukung dengan permintaan konsumen yang semakin banyak.

Danliris merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri tekstil terbesar di daerah sekarisidenan surakarta. produk yang dihasilkan bermacam – macam dan salah satu hasil produksinya adalah kain printing batik dengan menggunakan motif batik yang modern yang telah dipadukan dengan motif tradisional. PT. Danliris untuk dapat menjual produk – produknya maka harus dapat menerapkan promosi yang tepat karena selain memperkenalkan produk, dengan adanya promosi yang tepat dapat meningkatkan volume penjualan perusahaan.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Variabel-variabel bauran promosi apa sajakah yang diterapkan PT Danliris dalam memasarkan produk kain printing batik ?
  2. Bagaimana pengaruh biaya variabel-variabel bauran promosi yang diterapkan PT Danliris terhadap peningkatan volume penjualan produk kain printing batik?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup, berkembang, dan mendapatkan laba yang optimal. Fungsi pemasaran dari perusahaan yaitu bertugas menentukan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemasaran adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan , menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. ( Kotler dan Keller, 2007 )

Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran merupakan salah satu komponen utama dalam pemasaran yang akan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan perusahaaan. Bauran pemasaran merupakan perpaduan antara strategi produk, penetapan harga, distribusi dan promosi yang dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling memuaskan dengan pasar yang dituju ( lamb dkk, 2001 ).

Promosi

Promosi berfungsi sebagai media komunikasi untuk pemasar yang menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan para calon pembeli suatu produk dalam rangka mempengaruhi pendapat mereka atau memperoleh suatu respon ( lamb dkk, 2001 ).

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu mengambil suatu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dan dengan memfokuskan pada suatu masalah.

Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.

Data primer dikumpulkan melalui wawancara dan observasi langsung dengan pihak PT. Danliris di Sukoharjo, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan sumber informasi lainnya.

 

E. Kesimpulan Skripsi

 

  1. Variabel – variabel bauran promosi yang digunakan PT Danliris dalam memasuki pasar kain printing batik adalah

Bentuk-bentuk periklanan yang dilakukan oleh PT. Danliris adalah dengan menyediakan website http//www.danliris.com iklan dengan menggunakan media internet ini ditujukan untuk semua konsumen dan pelanggan PT. Danliris baik dalam dan di luar negeri. Yang bertujuan memberikan informasi mengenai produk apa saja yang dihasilkan untuk dijual dan standart mutu internasional produk, selain itu PT. Danliris mengenalkan proses kinerja pembuatan produk dengan menggunakan mesin-mesin yang modern dan dengan pengawasan yang ketat.

  • Personal selling.

Kegiatan personal selling yang dilakukan oleh perusahaan PT. Danliris tersebut berdasarkan pada jenis dan tekstur kain batik yang memiliki cirri dan karakter tertentu yang berbeda, sehingga perlu adanya seseorang untuk menjelaskan kepada konsumen dengan jalan presentasi dengan contoh produk. Personal selling dianggap sebagai variable bauran promosi yang paling tepat dan efektif.

  • Promosi penjualan.

Kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan PT. Danliris adalah dengan pemberian potongan sesuai standar yang ditentukan perusahaan, pada setiap pembelian produk dalam jumlah banyak dan dikirimkan tepat waktu.

  1. Pada PT Danliris variable-variabel bauran promosi yang digunakan sangat berperan penting dalam meningkatkan volume penjualan produk yang dihasilkan perusahaan terutama produk kain printing batik. Terbukti dengan adanya kegiatan promosi yang dilakukan PT. Danliris pada tiap tahunnya dan walaupun mengalami kenaikan biaya promosi namun PT. Danliris juga mengalami peningkatan volume penjualan berdasarkan total biaya promosi yang dikeluarkan PT. Daniris pada setiap tahunnya.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analyse The Brand Loyalty At Custumers Service Pt. International Astra Tbk Daihatsu Solo
  2. Hubungan Strategi Promosi Terhadap Volume Penjualan Di Toko Buku Gramedia Solo Square
  3. Pengaruh Biaya Bauran Promosi Pada Pt. Danliris, Sukoharjo Dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Kain Printing Batik
  4. Prosedur Pemasaran Iklan Pt. Radio Swara Prima Pesona Surakarta
  5. Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Perusahaan Kusuma Mulia Textile