Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Penerapan Saluran Distribusi Orangin pd Perusahaan Jamu

Judul Skripsi : Penerapan Saluran Distribusi Orangin pada Perusahaan Jamu PT AIR MANCUR KARANGANYAR

 

A. Latar Belakang

Proses pembuatan Orangin oleh Perusahaan Jamu PT Air Mancur berada di Wonogiri, kemudian didistribusikan ke kantor pusatnya, yaitu PT Air Mancur di Karanganyar, kemudian baru disalurkan ke beberapa kantor cabang PT Air Mancur, yaitu Independen Jawa (Sapta Jaya, Surya Jaya, dan Jakarta Raya) serta Independen Luar Jawa (Medan dan Palembang).

Perusahaan Jamu PT Air Mancur dalam menyalurkan Orangin kepada konsumen, harus dapat menyalurkan dengan tepat, baik waktu, jumlah, dan tempat (lokasi) yang dituju. Perusahaan Jamu PT Air Mancur dalam memasarkan Orangin tidak hanya untuk wilayah di Karanganyar dan sekitarnya, tetapi juga memasarkannya hingga di kota-kota besar, antara lain ke Surabaya, Jember, Malang, Solo, Yogyakarta, Magelang, Semarang, Pati, Tegal, Cirebon, Bekasi, Bandung, Bogor, Jakarta, Tangerang, Tasikmalaya, dan Sukabumi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Jenis saluran distribusi apa saja yang digunakan oleh Perusahaan Jamu PT Air Mancur di Karanganyar dalam memasarkan Orangin agar sampai kepada konsumen?
  2. Saluran distribusi mana yang lebih efisien untuk menyalurkan Orangin pada Perusahaan Jamu PT Air Mancur di Karanganyar?
  3. Berapa besar pengaruh biaya saluran distribusi terhadap volume penjualan Orangin pada Perusahaan Jamu PT Air Mancur di Karanganyar?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Pengertian pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang, dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial (Swastha dan Sukotjo, 1999: 179).

Pengertian Saluran Distribusi

Saluran distribusi suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri (Swastha dan Sukotjo, 1999: 200).

Keuntungan Menggunakan Perantara

Menurut Swastha dan Irawan (2005: 290) penggunaan perantara dalam saluran distribusi produk oleh perusahaan mempunyai beberapa keuntungan, antara lain :

  • Mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen, cukup menghubungi perantara untuk menyampaikan produk kepada konsumen yang banyak.
  • Kegiatan distribusi cukup baik, bila perantara sudah mempunyai Perantara dipandang lebih baik karena memang tugas yang dilakukan hanyalah di bidang distribusi.
  • Perantara dapat membantu menyediakan peralatan yang dibutuhkan, sehingga perusahaan tidak perlu menyediakan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif yang bertujuan untuk memberikan deskriptif mengenai subjek penelitian berdasarkan data dari variabel yang diperoleh dari kelompok subjek yang diteliti dan tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis (Azwar, 1997: 126).

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan objek penelitian yaitu saluran distribusi Orangin.

Menurut sumbernya, data penelitian digolongkan menjadi data primer dan data sekunder.

Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam memperoleh data sebagai berikut Observasi,Wawancara, Dokumentasi.

Teknik pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini dengan analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Perusahaan Jamu PT Air Mancur menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung dalam memasarkan Orangin. Saluran distribusi langsung yaitu konsumen langsung datang untuk membeli Orangin melalui koperasi Harum Sari yang berada di dalam lokasi perusahaan, di Jl. Raya Solo- Sragen Km. 7 Palur Karanganyar dan dapat juga dengan memesan ke kantor cabang PT Air Mancur maupun agen terdekat. Sedangkan saluran distribusi tidak langsung yaitu konsumen membeli Orangin melalui beberapa perantara, misalnya agen (distributor), pedagang besar, maupun pengecer.
  2. Kantor cabang PT Air Mancur terbagi menjadi 3 wilayah yaitu Sapta Jaya di Semarang, Surya Jaya di Surabaya, dan Jakarta Raya di Jakarta. Sedangkan daerah pemasaran Orangin yaitu Surabaya, Jember, Malang, Solo, Wonogiri, Karanganyar, Yogyakarta, Magelang, Semarang, Pati, Tegal, Cirebon, Bekasi, Bandung, Bogor, Jakarta, Tangerang, Tasikmalaya, dan Untuk luar Jawa yaitu di Medan dan Palembang.
  3. Saluran distribusi yang efisien bukan berarti saluran distribusi yang menggunakan biaya-biaya distribusi yang lebih rendah, Tetapi, saluran distribusi yang efisien adalah saluran distribusi yang dapat menghasilkan analisis efisiensi biaya distribusi yang lebih rendah. Pada saluran distribusi tidak langsung, walaupun biaya distribusi yang dikeluarkan lebih tinggi, tetapi dapat menghasilkan volume penjualan Orangin yang lebih tinggi juga dibandingkan dengan saluran distribusi langsung. Hal ini berarti, saluran distribusi tidak langsung lebih efisien daripada saluran distribusi langsung.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia
  2. Analisis Network Produk Kursi Jati pada PT ART FURNITURE di Boyolali
  3. Prosedur Surat – Menyurat pada Bagian Sekretariat di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta
  4. Penerapan Saluran Distribusi Orangin pada Perusahaan Jamu PT Air Mancur Karanganyar
  5. Penentuan Strategi Bauran Pemasaran yang diterapkan pada PT. Kharisma Rotan Mandiri