Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Penerapan Bauran Pemasaran pd Perusahaan Kusuma Mulia

Judul Skripsi : “Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Perusahaan Kusuma Mulia Textile di Sekar Pace Surakarta”

 

A. Latar Belakang Skripsi

Saat ini banyak sekali perusahaan yang bergerak dibidang textile, PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta yang berada di Sekarpace, Surakarta adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan textile yang terus berkembang saat ini. Kain atau pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang sangat dicari selain makanan dan tempat tinggal. Tidak dapat kita pungkiri bahwa persaingan dalam dunia bisnis ini semakin ketat, oleh karena itu apabila perusahaan ingin mendapatkan atau mencapai target yang telah ditentukan, perusahaan harus dapat mengkombinasikan fungsi-fungsi bauran pemasaran dengan baik agar usaha perusahaan dapat berjalan lancar, sehingga perusahaan dapat mencapai volume penjualan yang ditargetkan.

Dengan strategi penerapan bauran pemasaran yang saat ini PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta terapkan, apakah sudah mampu memenangi persaingan dan sudah mencapai target yang diharapkan oleh perusahaan. Karena dengan penetapan bauran pemasaran yang tepat akan membawa perusahaan menjadi pesaing yang tangguh dalam merebut pangsa pasar dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha sejenis.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimana penerapan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4 P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), dan Distribusi (Place) pada PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta?”

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Salah satu dari kegiatan yang mendapatkan perhatian lebih dalam prusahaan adalah pemasaran, oleh karena itu kegiatan pemasaran dianggap sebagai kegiatan pokok oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup, berkembang dan mendapatkan laba yang diharapkan perusahaan. Perhatian yang lebih terhadap kegiatan pemasaran juga dikarenakan semakin majunya teknologi, konsumen makin mudah jenuh dan banyak pesaing-pesaing yang memasuki pasar sehingga perusahaan tidak hanya sekedar menjual barang atau jasa saja, tetapi perusahaan harus mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, agar konsumen terpuaskan keinginannya oleh produk yang dihasilkan perusahaan.

Pengertian Marketing Mix

Marketing Mix didefinisikan oleh Swastha dan Irawan (1999) sebagai kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem perusahaan, yakni: produk, struktur harga, kegiatan promosi dan system distribusi.

Promosi

Menurut (Kotler: 1999) promosi merupakan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya dan membujuk konsumen sasaran agar membelinya.

 

D. Metode Penelitian

Pada PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta yang beralamatkan di jalan Cokrominoto No. 47 Jebres, Surakarta  Jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Penulis menggunakan analisis deskriptif, yaitu metode analisis data dengan cara mengelompokkan data, menggambarkan atau menceritakan keadaan sesungguhnya tentang penerapan bauran pemasaran (marketing mix).

 

E. Kesimpulan

  1. Kusuma Mulia Textile Surakarta adalah perusahaan yang bergerak dibidang pertextilan, yang memproduksi kain untuk dipasarkan kembali. Perusahaan memproduksi barang dengan kualitas yang baik, hal ini dilihat dari hasil akhir kain yang halus dan jarang terdapat cacat atau rusak.
  2. Produk dari PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta juga mengalami tahap daur hidup produk, dari mulai produk tersebut dikenalkan pada masyarakat hingga produk tersebut tidak laku lagi dipasaran atau tahap penurunan. Oleh karena itu, perusahaan selalu mengembangkan produk-produk baru yang lebih baik dan tentunya yang sesuai dengan permintaan pasar. PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta membentuk sebuah departemen yaitu Research and Developmen (R&D), yang selalu memantau perkembangan produk dipasaran dan membantu perusahaan dalam memberikan inovasiinovasi produk baru yang lebih baik.
  3. Dalam penentuan harga jual produk, PT. Kusuma Mulia Textile Surakarta menggunakan Cost plus pricing method yaitu metode penentuan harga dengan menambahkan persentase tertentu yang diinginkan sebagai keuntungan diatas biaya yang telah dikeluarkan untuk produksi.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analyse The Brand Loyalty At Custumers Service Pt. International Astra Tbk Daihatsu Solo
  2. Hubungan Strategi Promosi Terhadap Volume Penjualan Di Toko Buku Gramedia Solo Square
  3. Pengaruh Biaya Bauran Promosi Pada Pt. Danliris, Sukoharjo Dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Kain Printing Batik
  4. Prosedur Pemasaran Iklan Pt. Radio Swara Prima Pesona Surakarta
  5. Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Perusahaan Kusuma Mulia Textile