Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Penerapan Analisis ABC dlm Pengendalian Persediaan Produk Furniture

Judul Skripsi : Penerapan Analisis ABC dalam Pengendalian Persediaan Produk Furniture pada Java Furniture, Wonosari, Klaten

 

A. Latar Belakang

Secara umum semua perusahaan mempunyai tujuan atau sasaran yang sama antara satu dengan yang lainnya, yaitu agar perusahaan dapat bertahan hidup, mampu mendapatkan keuntungan dan dapat berkembang mengikuti perkembangan pasar yang terjadi. Untuk mencapai semua hal-hal tersebut, perusahaan harus mampu mengelola semua sumber-sumber daya yang dimiliki secara tepat dan baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah meningkatkan kegiatan pengendalian pada persediaan. Karena masalah pengadaan persediaan merupakan salah satu masalah penting yang dihadapi oleh perusahaan untuk dapat menyeimbangkan dengan kegiatan produksi.

Setiap perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur memerlukan bahan baku yang menunjang jalannya proses produksi perusahaan yang bersangkutan, sehingga pengendalian persediaan menjadi hal yang cukup penting. Oleh karena itu diperlukan penanganan yang baik pada persediaan bahan baku.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pengelolaan persediaan barang pada perusahaan saat ini ?
  2. Bagaimana pengelompokkan persediaan barang dengan penerapan analisis ABC ?

 

C. Landasan Teori

Definisi persediaan

Menurut Sumayang, lalu (2003 : p213) Persediaan adalah sebuah persediaan dari material yang digunakan untuk menunjang produksi atau untuk memenuhi permintaan pelanggan. Inventory (persediaan) terdiri dari bahan mentah, barang dalam proses dan barang jadi.

Pengertian Bahan Baku

Menurut Nasution (2003 : 103) bahan baku, yaitu: yang merupakan input dari proses transformasi menjadi produk jadi. Cara membedakanya apakah bahan baku termasuk bahan penolong dengan mengadakan penelusuran terhadap elemen-elemen atau bahan-bahan kedalam produk jadi.

 

Pengendalian Persediaan

Pengendalian persediaan bahan baku merupakan suatu kegiatan untuk menentukan tingkat dan komposisi daripada persediaan , parts, bahan baku dan barang hasil produksi sehingga perusahaan dapat melindungi kelancaran produksi dengan efektif dan efisien (Assauri, 1999 : 176).

 

D. Metode Penelitian

Objek dari penelitian ini adalah Java Furniture yang terletak di desa Pandanan, Wonosari, Klaten.

Dalam penelitian ini penulis memperoleh data dari dokumen yang tersedia di kantor Java Furniture.

Untuk pengumpulan data penulis menggunakan tiga metode, yaitu interview (wawancara), Metode Pembahasan Dokumentasi, Studi Pustaka.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Manajemen persediaan meubel pada perusahaan.

Java Furniture memperlakukan semua jenis meubel sama bobotnya sehingga Java Furniture tidak menerapkan Analisis ABC untuk kebijakan pengelompokan meubel dengan alasan Java Furniture pengendalian persediannya setiap item selalu ada dalam jumlah besar. Biaya penyimpanan setiap meubel di Java Furniture dapat dikatakan memerlukan biaya yang besar karena sering terjadi kerusakan dalam penyimpanannya.

  1. Pengelompokan persediaan menurut Analisis ABC
    • Kelas A memiliki nilai volume tahunan rupiah sebesar 36,55 % dari total persediaan, yang terdiri dari 2 item (20%) persediaan yaitu : Dinning table dan Bed
    • Kelas B memiliki nilai volume tahunan rupiah sebesar 32,99 % dari total persediaan, yang terdiri dari 3 item (30%) persediaan yaitu : Wardrobe, Bookcase, dan Vitrine.
    • Kelas C memiliki nilai volume tahunan rupiah sebesar 30,45 % dari total persediaan, yang terdiri dari 5 item (50%) persediaan yaitu : TV Stand, Console, Chair, Coffee table, dan Bedside.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Penerapan Analisis ABC dalam Pengendalian Persediaan Produk Furniture pada Java Furniture
  2. Pelaksanaan Program Asuransi Rawat Inap dan Pembedahan dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB)
  3. Bonus Pulsa sebagai Media Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kartu
  4. Proses Pengadaan Dan Penyimpanan Barang (Spare Part) pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia
  5. Prosedur Pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN