Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Penentuan Strategi Bauran Pemasaran

Judul Skripsi : Penentuan Strategi Bauran Pemasaran yang diterapkan pada PT. KHARISMA ROTAN MANDIRI

 

A. Latar Belakang

Kharisma Rotan Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur furniture dengan bahan baku utamanya yaitu rotan. Berlokasi di desa Gesingan RT. 02 RW. 09 Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, yang merupakan kawasan sentra industry rotan. Dengan kerja keras dan semangat pemilik, perusahaan tersebut mampu berkembang dengan pesat, serta produknya dapat diterima oleh pasar luar negeri, dan menghasilkan laba bagi perusahaan. Negaranegara yang menjadi sasaran pemasaran, antara lain: Amerika, Eropa, Asia, dan tahun ini merambah ke pasar Timur Tengah.

Untuk menembus pasar luar negeri perusahaan harus dapat menentukan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk dapat memenangkan persaingan dengan perusahaan yang memiliki persamaan kegiatan ekspor produk yang sama.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana strategi bauran pemasaran yang dilakukan PT. Kharisma Rotan Mandiri dalam mengelola perusahaan?
  2. Bagaimana cara PT. Kharisma Rotan Mandiri dalam mempertahankan hubungan kerjasama dengan pembeli yang pernah melaksanakan kerjasama?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan sebuah faktor penting dalam suatu siklus yang bermula dan berakhir dengan kebutuhan konsumen. William J. Stanton dalam Basu Swastha & Irawan (1990 : 67) menyatakan bahwa :

“Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatankegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensi.”

Pengertian Strategi Pemasaran

Dalam dunia bisnis Strategi dapat diartikan sebagai berikut :

  1. Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan perusahaan. (Basu Swastha dan Irawan, 1990 : 67)
  2. Strategi adalah sebuah rencana dasar yang luas dari suatu tindakan organisasi untuk mencapai tujuannya. (William J. Stanton : 1991 : 40)

“Strategi Pemasaran adalah kegiatan menyeleksi dan penjelasan satu atau beberapa target pasar dan mengembangkan serta memelihara satu bauran pemasaran yang menghasilkan keputusan bersama dengan pasar yang dituju.” (Lamb, dkk : 2001, 54)

Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang dipakai oleh perusahaan sebagai sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen.

“Bauran Pemasaran ialah serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar sasarannya.” (Philip Kotler, 1994 : 41)

 

D. Metode Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh PT. Kharisma Rotan Mandiri dalam sistem pemasarannya serta mengetahui cara mempertahankan hubungan kerjasama dengan pelanggan yang dilakukan PT. Kharisma Rotan Mandiri.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dengan observasi dan wawancara untuk memperoleh data primer dan sekunder.

 

E. Kesimpulan

Produk

  1. Kharisma Rotan Mandiri terus berkembang pesat dan tidak tertinggal pula untuk memenuhi permintaan produk terus bekembang dengan perbaikan desain dan kualitas produk. Kegiatan ini didukung dengan menggunakan peralatan dan mesin pendukung serta tenaga kerja yang berpengalaman pada bidangnya sehingga di sisi kualitas, waktu pengerjaan, kapasitas serta harga produk perusahaan ini sangat bersaing.
  2. Produk yang dihasilkan oleh PT. Kharisma Rotan Mandiri memiliki standar kualitas yang sangat baik, hal ini terbukti dengan produkproduk tersebut mampu menembus pasar ekspor dan jarang atau hampir tidak pernah menerima komplain dari pelanggan.

Harga

  1. Target pasar yang dituju PT. Kharisma Rotan Mandiri adalah middel up, sehingga harga yang ditentukan sedikit mahal dari pada kompetitor yang lain. Harga mahal tersebut dapat disesuaikan dengan kualitas yang diberikan perusahaan. PT. Kharisma Rotan Mandiri tidak menurunkan harga untuk bersaing dengan sesama produsen yang mengekspor barang yang sama.
  2. Selain itu, dalam menetapkan harga PT. Kharisma Rotan Mandiri juga mempertimbangkan harga yang telah ditetapkan oleh pesaing dan memberikan potongan harga pada saat-saat tertentu. Potongan harga yang diberikan sekitar 5% – 10% dari penjualan

Promosi

Kegiatan promosi yang digunakan PT. Kharisma Rotan Mandiri untuk memperkenalkan produk pada khalayak umum atau konsumen, antara lain:

Periklanan

  1. Kharisma Rotan Mandiri memasang iklan media internet dengan menggunakan website. Situs website PT. Kharisma Rotan Mandiri yaitu : www.uniquecane.com. Di dalamnya terdapat profile perusahaan, jenis – jenis produk, cara pemesanan dan pengiriman.
  2. Promosi penjualan
    • Kegiatan promosi penjualan yang dilakukan dengan mengikuti pameran, baik dilakukan didalam negeri maupun diluar negeri. Kharisma Rotan Mandiri juga menyediakan katalog, CD, dan beberapat contoh produk yang ditempatkan pada kantor, sehingga pembeli yang datang ke show room dapat melihat produk secara langsung.
    • Kharisma Rotan Mandiri masuk dalam daftar ASMINDO (Asosiasi Mebel Indonesia Surakarta), dimana ada keunggulan tersendiri, yaitu perusahaan dapat mengetahui informasi dengan cepat daripada perusahaan lain yang tidak masuk dalam organisasi itu.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia
  2. Analisis Network Produk Kursi Jati pada PT ART FURNITURE di Boyolali
  3. Prosedur Surat – Menyurat pada Bagian Sekretariat di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta
  4. Penerapan Saluran Distribusi Orangin pada Perusahaan Jamu PT Air Mancur Karanganyar
  5. Penentuan Strategi Bauran Pemasaran yang diterapkan pada PT. Kharisma Rotan Mandiri