Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Kualitas Produk dlm Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan

Judul Skripsi : Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan terhadap Minat Beli pada Merek Ekstensi dengan Persepsi Kualitas pada Merek Ekstensi Sebagai Pemediasi (Studi Kasus Merek Pepsodent pada Mahasiswa S1 Non Reguler FE UNS)

 

A. Latar Belakang

Fenomena tentang ekstensi merek telah menjadi sesuatu yang tidak asing bagi konsumen. Kita telah melihat berbagai merek melakukan strategi ini untuk memasarkan produknya. Contohnya merek Adidas yang semula kita kenal sebagai merek sepatu olah raga, saat ini telah memperluas penggunaan mereknya pada produk pakaian bahkan parfum. Merek Gillete yang semula hanya digunakan pada produk silet kini digunakan pada produk alat pencukur dan after shave lotion. Merek Sony yang pada awalnya digunakan pada produk tape recorder kemudian memperluas penggunaan mereknya ke berbagai produk seperti televisi, radio, VCD, DVD bahkan laptop dan handphone yang berbeda dari parent brand. Kemudian Honda, merek ini tidak hanya sekedar dikenal dengan produk mobilnya, tetapi juga produk sepeda motor, penyapu salju, pemotong rumput, mesin kapal dan mobil salju. Strategi ini tidak hanya dilakukan oleh merek berskala multinasional, tapi juga oleh merek yang nasional merek ABC yang semula kita kenal sebagai merek kecap telah memperluas penggunaan mereknya untuk produk lain seperti, sirup, mie instan dan saus tomat serta sambal.

Strategi ekstensi merek (p) memang memiliki daya tarik tersendiri di mata setiap perusahaan. Biaya iklan yang tinggi ditengah persaingan yang semakin ketat adalah faktor yang mempengaruhi merek produk yang benar-benar baru untuk sukses di pasaran. Hal tersebut tentu tidak akan ditemui dalam strategi ekstensi merek (Aaker, 1991). Strategi ini juga memiliki keunggulan dimana pemberian nama merek yang sudah terkenal untuk produk yang baru diluncurkan dipasaran juga dapat memberikan perasaan familiar dan aman bagi konsumen (Han, 1998).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah persepsi konsumen akan kualitas produk dalam iklan merek induk berpengaruh terhadap persepsi kualitas merek ekstensi?
  2. Apakah kredibilitas perusahaan berpengaruh terhadap persepsi kualitas merek ekstensi?
  3. Apakah persepsi kualitas merek ekstensi berpengaruh terhadap minat beli konsumen terhadap produk merek ekstensi?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Ekuitas Merek

Ekuitas merek merupakan seperangkat aset liabilitas merek yang terkait dengan suatu merek, nama, atau simbol yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa baik pada perusahaan maupun pada pelanggan (Durianto et al., 2004:4). Ekuitas merek seringkali mempengaruhi rasa percaya diri konsumen dalam mengambil keputusan pembelian akibat dari pengalaman masa lalu dalam menggunakan merek tersebut maupun kedekatan dengan merek dan karakteristiknya (Durianto et al., 2004:5).

Definisi Persepsi Konsumen

Persepsi konsumen adalah suatu proses dimana seseorang menyeleksi, mengorganisir, dan menginterpretasi stimulus kedalam suatu gambaran yang menyeluruh dan memiliki arti (Kotler, 2003:173). Stimulus adalah rangsangan berupa audio visual yang disampaikan melalui komunikasi verbal maupun non verbal yang dapat mempengaruhi respon seseorang (Kotler, 2003:174).

Kredibilitas Perusahaan

Kredibiltas perusahaan didefinisikan sebagai persepsi terhadap sebuah perusahaan yang direfleksikan dalam asosiasi yang terdapat dalam memori konsumen (Keller dan Aaker, 1992:425). Kredibiltas perusahaan seringkali terkait dengan tingkat dimana konsumen percaya bahwa perusahaan dapat mendesain dan mengirimkan produk dan service yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen (Keller dan Aaker, 1992:425).

 

D. Metode Penelitian

Ditinjau dari tujuannya, penelitian ini dikategorikan kedalam penelitian pengujian hipotesis.

Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa S1 Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta (FE UNS).

Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode non probability purposive sampling.

Sumber Data pada penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder

Data yang diolah dalam rangka pengujian hipotesis berupa data primer yang diperoleh dari hasil tanggapan responden atas daftar pertanyaan (kuesioner) yang bersifat tertutup yang disebarkan kepada responden.

 

E. Kesimpulan

  1. Hipotesis I, yaitu semakin tinggi persepsi konsumen akan kualitas produk dalam iklan produk merek induk (parent brand), maka akan semakin tinggi persepsi kualitas merek ekstensi (extended brand). Hipotesis I ini terdukung secara empiris, yaitu dengan C.R positif sebesar 2,636 dengan nilai S.E sebesar 0,156 signifikan pada p < 0,05; maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis I diterima. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Magdalena Sutantio (2004).
  2. Hipotesis II, yaitu semakin tinggi kredibilitas perusahaan, maka akan semakin tinggi pula persepsi kualitas merek ekstensi (extended brand). Hipotesisis II ini terdukung secara empiris, yaitu dengan C.R positif sebesar 2,248 dengan nilai S.E sebesar 0,122 signifikan pada p < 0,05; maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis II diterima. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Magdalena Sutantio (2004).
  3. Hipotesis III, yaitu semakin tinggi persepsi kualitas merek ekstensi (extended brand) maka semakin tinggi minat beli konsumen terhadap produk tersebut. Hipotesis III ini terdukung secara empiris, yaitu yaitu dengan C.R positif sebesar 2,278 dengan nilai S.E sebesar 0,137 signifikan pada p < 0,05; maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis III diterima. Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Magdalena Sutantio (2004).

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar
  2. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera
  3. Analisis Network Untuk Produksi Hard Cover A4 pada PT. Solo Murni Surakarta
  4. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  5. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen