Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Kebijakan Saluran Distribusi

Judul Skripsi : Analisis Kebijakan Saluran Distribusi pada PT. Kharisma Rotan Mandiri

 

A. Latar Belakang

Kharisma Rotan Mandiri didirikan tahun 1998, merupakan perusahaan penghasil mebel rotan dengan kualitas ekspor. Berlokasi di Gesingan RT 02/09, Luwang, Gatak, Sukoharjo. Keberhasilan dalam memasarkan produknya tidak terlepas dari kegiatan distribusi yang digunakan. Untuk memenuhi akan permintaan konsumen PT. Kharisma Rotan Mandiri menggunakan distribusi lansung. Penggunaan saluran distribusi tentu akan mempengaruhi volume penjualan yang dihasilkan serta biaya distribusi yang dikeluarkan. Maka dari itu diperlukan suatu metode penyaluran yang efektif serta efisien.

Berdasarkan uraian diatas penulis ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kegiatan distribusi dan pengelolan biaya yang dikeluarkan PT. Kharisma Rotan Mandiri. Hal ini yang melatar belakangi penulis ingin mengangkat menjadi pokok permasalahan dalam penulisan Tugas Akhir yang berjudul ‘ANALISIS KEBIJAKAN SALURAN DISTRIBUSI PADA PT. KHARISMA ROTAN MANDIRI’’.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Dengan saluran distribusi ini sudah efektif atau belum yang digunakan oleh PT. Kharisma Rotan Mndiri dalam memasarkan produknya?
  2. Seberapa besar efisiensi yang dicapai untuk meningkatkan volume penjualan PT. Kharisma Rotan Mandiri?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

“Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatankegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendisribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembli petensial.” (William J Stanton dalam Basu swasta dan Irawan,1983 : 5)

Konsep Pemasaran

“Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang akan menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi hidup perusahaan.” (Swasta dan Irawan, 1983 : 10)

Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

“Bauran Pemasaran adalah serangkaian variabel pemasaran terkendali dan dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar sasaran.” (kotler, 2001 : 41)

 

D. Metode Penelitian

  1. Kharisma Rotan Mandiri menggunakan saluran distribusi langsung untuk menganalisis saluran distribusi yang efektif dan efisien untuk menunjang keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan, seperti tingkat penjualan yang tinggi. Dari hasil perhitungan efisiensi dapat diketahui lebih jelas mulai tahun 2005 sampai 2008 yang lebih efisien, dengan membandingkan biaya distribusi dengan volume penjualan. Persentase perbandingan tertinggi sebesar 13,3 % pada tahun 2007 sedangkan persentase perbandingan terendah sebesar 10,4 % pada tahun 2008. Di dalam perhitungan trend efisiensi biaya distribusi diperoleh persamaan sebagai berikut Y=694.025.330,3-50.503.288,2X.. Trend tertinggi pada tahun 2005 sebesar 759.031.906,7 dan trend terendah pada tahun 2008 sebesar 593.081.753,9.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Kharisma Rotan Mandiri menggunakan saluran distribusi langsung yaitu kegiatan distribusi dilakukan oleh perusahaan sendiri untuk mengirimkan langsung kepada konsumen dengan menggunakan jasa tranportasi (container) dan kapal dengan system EMKL(Forwarding).
  2. Kegiatan distribusi yang dilakukan oleh PT. Kharisma Rotan Mandiri relatif efisien, karena memiliki kecenderungan semakin menurun dilihat dari persamaan trend Y = 694.025.330,3 – 50.503.288,2X yang menunjukkan nilai b (perubahan variable Y pada setiap perubahan satu unit variable X) yang negatif.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Kebijakan Saluran Distribusi pada PT. Kharisma Rotan Mandiri
  2. Analisis Brand Awareness Harian Umum Suara Merdeka di Surakarta
  3. Prosedur Pendirian Perizinan Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum (URHU) Oleh Kantor
  4. Analisis Tingkat Efisiensi Promosi pada PT. Kharisma Rotan Mandiri
  5. Analisis Tingkat Brand Loyalty pada Toko Buku Gramedia Solo Square

Incoming search terms: