Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan

Judul Skripsi : Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia Solo Square

 

A. Latar Belakang Skripsi

Dalam kegiatan pemasaran produk baik barang maupun jasa, salah satu unsur yang harus diperhatikan adalah promosi. Promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran, dan sering sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Pemilihan strategi promosi yang tepat akan lebih mudah bagi perusahaan dalam kegiatan memasarkan produknya.

GRAMEDIA SOLO SQUARE sebagai ritel yang bergerak di bidang pemasaran buku perlu melakukan promosi untuk mengenalkan produk yang mereka pasarkan kepada konsumen. Meskipun TB. GRAMEDIA SOLO SQUARE telah dikenal masyarakat luas, promosi harus tetap dilakukan agar penjualan semakin meningkat di setiap periode.

 

B. Rumusan Masalah

  • Promosi apa saja yang dilakukan oleh TB. GRAMEDIA SOLO SQUARE?
  • Bagaimana kecenderungan perubahan volume penjualan ketika promosi dilakukan?

 

C. Landasan Teori

Konsep Pemasaran

Setiap perusahaan baik itu perusahaan yang menawarkan barang maupun perusahaan yang menawarkan jasa selalu menginginkan agar produk mereka selalu laku dipasaran. Oleh karena itu pemasaran menjadi sangat penting peranannya pada suatu perusahaan. Pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan.

Konsep AIDA

Tujuan akhir dari beberapa promosi adalah untuk mendapatkan seseorang untuk membeli suatu produk maupun jasa atau, dalam kasus organisasi nirlaba, untuk mengambil beberapatindakan (Misalnya : donor darah). Model klasik untuk menjangkau tujuan promosi disebut dengan konsep AIDA. AIDA merupakan singkatan dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), dan Action (tindakan) yang merupakan tahap keterlibatan konsumen dengan suatu pesan promosi.

 

Iklan

Iklan merupakan tiap-tiap bentuk penyajian dan promosi bukan pribadi yang dilaksanakan lewat media dan dibayar oleh sponsor yang teridentifikasi mengenai gagasan, barang atau jasa. Media ini paling banyak digunakan oleh Toko buku Gramedia dalam mempromosikan produknya.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi yang memfokuskan kepada jawaban dari pertanyaan apa, siapa, kapan,  dimana, mengapa dan bagaimana.. Metode ini secara implisit. Menunjukkan bahwa penulis sudah mengetahui hubungan yang terdapat dalam area permasalahannya. Dalam penelitian ini penulis mengetahui efek dan promosi yang dilakukanoleh Toko Buku Gramedia Solo Square, yaitu dapat meningkatkan volume penjualan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis di Toko Buku Gramedia Solo Square selama 2 bulan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder yang diperoleh dari obyek penelitian dengan menggunakan laporan atau catatan yang ada, sehingga peneliti tinggal memanfaatkan data tersebut. Penelitian ini data yang diperoleh dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumen perusahaan, dan studi pustaka. Teknik pembahasan pada pada penelitian ini analisis yang digunakan menggunakan pembahasan deskriptif yaitu teknik untuk membuat gambaran atau deskriptif secara sistematis, factual, actual dan akurat mengenai suatu obyek yang diteliti. Penulis membahas tentang variasi kegiatan promosi yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia Solo Square terhadap volume penjualan. Alat-alat pendukung untuk pembahasan deskriptif serta laporan penjualan yang diberikan oleh Toko Buku Gramedia Solo Square.

 

E. Kesimpulan

  1. Bauran pemasaran yang digunakan oleh Toko buku Gramedia Solo Square dalam memasarkan produk adalah periklanan, penjualan perseorangan, publisitas dan personal selling.
  2. Promosi yang dilakukan oleh Toko buku Gramedia Solo Square cukup berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Melalui berbagai kegiatan promosi lambat laun Toko buku Gramedia Solo Square dapat meningkatkan volume penjualan meskipun perputaran bukunya belum cepat tetapi Toko buku Gramedia Solo Square sudah sapat dikatakan berkembang dari tahun ke tahun.
  3. Dengan adanya pameran dapat meningkatkan omset penjualan meskipun kurang sesuai dengan target yang diharapkan.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analyse The Brand Loyalty At Custumers Service Pt. International Astra Tbk Daihatsu Solo
  2. Hubungan Strategi Promosi Terhadap Volume Penjualan Di Toko Buku Gramedia Solo Square
  3. Pengaruh Biaya Bauran Promosi Pada Pt. Danliris, Sukoharjo Dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Kain Printing Batik
  4. Prosedur Pemasaran Iklan Pt. Radio Swara Prima Pesona Surakarta
  5. Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Perusahaan Kusuma Mulia Textile