Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan

Judul: Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia Solo Square

A. Latar Belakang

Dalam kegiatan pemasaran produk baik barang maupun jasa, salah satu unsur yang harus diperhatikan adalah promosi. Promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran, dan sering sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan. Pemilihan strategi promosi yang tepat akan lebih mudah bagi perusahaan dalam kegiatan memasarkan produknya.

TB. GRAMEDIA SOLO SQUARE sebagai ritel yang bergerak di bidang pemasaran buku perlu melakukan promosi untuk mengenalkan produk yang mereka pasarkan kepada konsumen. Meskipun TB. GRAMEDIA SOLO SQUARE telah dikenal masyarakat luas, promosi harus tetap dilakukan agar penjualan semakin meningkat di setiap periode.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Promosi apa saja yang dilakukan oleh TB. GRAMEDIA SOLO SQUARE?
  2. Bagaimana kecenderungan perubahan volume penjualan ketika promosi dilakukan?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler , 1997 : 13).

 

Bauran Pemasaran

Adapun beberapa variable yang terdapat dalam bauran pemasaran dan variabel tersebut adalah:

1. Produk

Produk adalah suatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dibeli, digunakan atau dikonsumsi yang dapat memenuhi suatu keinginan atau kebutuhan.

2. Harga

Harga adalah sejumlah nilai yang ditukarkan konsumen dengan manfaat dari memiliki atau menggunakan produk atau jasa yang nilainya ditetapkan oleh pembeli atau pebjual melalui tawarmenawar, ditetapkan oleh penjual untuksatu harga yang sama terhadap semua pembeli.

3. Saluran Distribusi

Sebagian besar produsen menggunakan perantara pemasaran untuk memasarkan produk khususnya barang dengan cara membangun suatu saluran distribusi, yaitu sekelompok organisasi yang saling tergantung dalam keterlibatan mereka pada proses yang memungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi pengguna atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial.

 

Pengertian Promosi

Promosi adalah komunikasi dari para pemasar yang menginformasikan, membujuk, dan memperingatkan para calon pembeli suatu produk dalam rangka mempengaruhi pendapat mereka atau memperoleh suatu respon.

 

Tugas Promosi

  1. Promosi Informatif
    • Meningkatkan kesadaran atas produk baru, kelas produk, atau atribut produk.
    • Menjelaskan bagaimana produk tersebut bekerja.
    • Menyarankan kegunaan baru suatu produk.
    • Membangun citra suatu perusahaan.
  2. Promosi Persuasif
    • Mendorong perpindahan merek.
    • Merubah persepsi pelanggan atas atribut produk.
    • Mempengaruhi pelanggan untuk membeli sekarang.
    • Merayu pelanggan untuk datang.
  3. Promosi Mengingatkan
    • Mengingatkan konsumen bahwa produk mungkin dibutuhkan dalam waktu dekat ini.
    • Mengingatkan konsumen dimana untuk membeli produk tersebut.
    • Mempertahankan kesadaran konsumen.

 

Konsep Aida

Tujuan akhir dari beberapa promosi adalah untuk mendapatkan seseorang untuk membeli suatu produk maupun jasa atau, dalam kasus organisasi nirlaba, untuk mengambil beberapatindakan (Misalnya : donor darah). Model klasik untuk menjangkau tujuan promosi disebut dengan konsep AIDA. AIDA merupakan singkatan dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), dan Action (tindakan) yang merupakan tahap keterlibatan konsumen dengan suatu pesan promosi. Model ini mengajukan bahwa para konsumen memberi respons kepada pesan pemasaran dalam urutan kognitif (berfikir), affektif (perasaan), dan konatif (melakukan).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder yang diperoleh dari obyek penelitian dengan menggunakan laporan atau catatan yang ada,

Penelitian ini data yang diperoleh dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumen perusahaan, dan studi pustaka.

Teknik pembahasan pada pada penelitian ini analisis yang digunakan menggunakan pembahasan deskriptif

 

E. Kesimpulan

  1. Bauran pemasaran yang digunakan oleh Toko buku Gramedia Solo Square dalam memasarkan produk adalah periklanan, penjualan perseorangan, publisitas dan personal selling.
  2. Promosi yang dilakukan oleh Toko buku Gramedia Solo Square cukup berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Melalui berbagai kegiatan promosi lambat laun Toko buku Gramedia Solo Square dapat meningkatkan volume penjualan meskipun perputaran bukunya belum cepat tetapi Toko buku Gramedia Solo Square sudah sapat dikatakan berkembang dari tahun ke tahun.
  3. Dengan adanya pameran dapat meningkatkan omset penjualan meskipun kurang sesuai dengan target yang diharapkan

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Depok I di Sleman
  2. Aplikasi Quality Function Deployment dalam TRIZ (Theory Of Inventive Problem Solving) pada Peningkatan Kualitas Jasa (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta)
  3. Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasional pada Komitmen Organisasi dengan Lokus Kendali Eksternal dan Otonomi Kerja sebagai Variabel Pemoderasi (Studi pada Tenaga Perawat Rumah Sakit Umum Daerah dr. Moewardi Surakarta)
  4. Analisis Pengaruh Brand Loyalty pada Pengguna Handphone Merek Nokia di Surakarta
  5. Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia Solo Square