Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Faktor yg Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di BEI

Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

 

A. Latar Belakang

Struktur modal merupakan implikasi dari kebijakan perusahaan dalam menentukan jenis sekuritas yang dikeluarkan, karena masalah struktur modal adalah erat hubungannya dengan masalah kapitalisasi, dimana disusun dari jenis-jenis funds yang membentuk kapitalisasi adalah struktur modalnya (Riyanto, 2000:297).

Dengan mengetahui apa dan bagaimana faktor-faktor yang akan mempengaruhi struktur modal perusahaan di Bursa Efek Indonesia, dapat membantu khususnya pihak manajemen perusahaan yang ada dalam perusahaan tersebut dalam menentukan bagaimana seharusnya pemenuhan kebutuhan dana untuk mencapai struktur modal yang optimal dan bagi para investor di pasar modal pada umumnya. Dengan demikian tujuan pihak manajemen perusahaan untuk memaksimumkan kemakmuran pemegang saham dapat tercapai.

 

B. Rumusan Masalah

Apakah tangible asset, firm size, degree of operating leverage, sales growth, profitabilitas dan likuiditas secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2004-2008?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Modal

Pengertian modal telah banyak mengalami perubahan. Pengertian modal secara klasik atau oriented adalah hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembanganya ternyata pengertian modal mengalami perubahan yaitu ditekankan pada nilai, daya beli dan kekuasaan memakai atau menggunakan yang terkandung dalam barang-barang modal (Riyanto, 2000:17).

Jenis-Jenis Modal

  1. Modal Asing atau Utang
  2. Modal Sendiri
  3. Saham preferen (preferred stock)

 

Leverage

Leverage didefinisikan sebagai penggunaan aktiva atau dana yang dalam penggunaan dana tersebut perusahaan harus mampu menutup biaya tetap (Riyanto, 2000:375). Leverage merupakan hasil dari penggunaan biaya asset tetap atau dana untuk menambah pengembalian pada kepemilikan perusahaan.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2004-2008. Metode pengumpulan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diperoleh yaitu 41 perusahaan. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS for Windows version.16.0

 

E. Kesimpulan

  1. Secara simultan tangible asset (TA), firm size (SIZE), degree of operating leverage (DOL), sales growth (SG), profitabilitas (NPM) dan likuiditas (CR) berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal (DTA).
  2. Variabel tangible asset (TA) berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal (DTA).
  3. Variabel firm size (SIZE) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal (DTA).

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia
  2. Analisis Network Produk Kursi Jati pada PT ART FURNITURE di Boyolali
  3. Prosedur Surat – Menyurat pada Bagian Sekretariat di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta
  4. Penerapan Saluran Distribusi Orangin pada Perusahaan Jamu PT Air Mancur Karanganyar
  5. Penentuan Strategi Bauran Pemasaran yang diterapkan pada PT. Kharisma Rotan Mandiri