Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Evaluasi Pengendalian Kualitas Produk Akhir pd Kain Oxford

Judul Skripsi: Evaluasi Pengendalian Kualitas Produk Akhir pada Kain Oxford W/I di PT. Sari Warna Asli Unit IV Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Perkembangan sektor industri yang makin pesat mengakibatkan banyak berdiri perusahaan yang berskala besar, menengah, maupun kecil. Bahkan banyak perusahaan memproduksi barang/ jasa sejenis, sehingga persaingan semakin ketat. Dalam menghadapi persaingan tersebut, pimpinan perusahaan diharapkan pada berbagai masalah, diantaranya masalah kualitas produk yang dihasilkan. Kualitas merupakan salah satu kunci keberhasilan disamping faktor pendukung lain, maka perusahaan harus mampu menghasilkan barang/ jasa dengan kualitas baik untuk mampu bertahan dalam menghadapi persaingan.

Di dalam produksinya PT. SARI WARNA ASLI IV mengunakan faktor-faktor produksi yang meliputi bahan baku, tenaga kerja, modal dan teknologi tertentu. Faktor-faktor produksi tersebut akan mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas produk yang dihasilkan, sehingga memerlukan pengendalian kualitas untuk menghasilkan produk yang berkualitas sesuai standar kualitas yang ditetapkan. Pemenuhan standar kualitas sangat diutamakan oleh PT. SARI WARNA ASLI IV dalam rangka memenuhi tujuan jangka panjang perusahaan yaitu mempertahankan market share / memperluas pasar yang telah dimiliki.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah pelaksanaan Pengendalian Kualitas produk akhir kain oxford w/i PT. SARI WARNA ASLI IV sudah berjalan baik?
  2. Berapa besar kerusakan kain oxford w/i dan apakah masih dalam batas pengendalian atau tidak?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kualitas

Menurut Elliot, dalam Ariani (2004:3) Kualitas adalah suatu yang berbeda untuk orang berbeda dan tergantung pada waktu dan tempat atau dikatakan sesuai dengan tujuan.

Pengertian Pengendalian Kualitas

Menurut Purnomo (2003:163) Pengendalian kualitas adalah alat bantu manajemen untuk menjamin kualitas, karena pada dasarnya tidak ada dua produk yang dihasilkan perusahaan itu sama besar dan tidak dapat dihindarkan adanya variasi.

Tujuan Pengendalian Kualitas:

Tujuan Pengendalian Kualitas menurut Assauri, (1998 : 208) adalah:

  1. Agar hasil produksi dapat mencapai standar kualitas yang telah ditetapkan.
  2. Mengusahakan agar biaya desain dari produk dan proses menggunakan mutu tertentu dapat menjadi kecil.
  3. Mengusahakan agar biaya produksi dapat menjadi serendah

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Lokasi Penelitian adalah pada PT. SARI WARNA ASLI UNIT IV KEBAKKRAMAT KARANGANYAR.

Data yang diperlukan data primer dan data sekunder.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan wawancara dan observasi.

Teknik Analisis Data yaitu Analisis P-Chart.

 

E. Kesimpulan

  1. Data menggambarkan tingkat kerusakan yang tinggi yaitu dengan jumlah produksi 181.966 yard masih memiliki cacat kain sebanyak 18.090 yard dengan proporsi kerusakan sebesar 0,09. Dengan melihat kondisi tersebut penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan pengendalian kualitas perusahaan belum terlaksana dengan baik. Terlihat juga dalam bagan analisis P-chart bahwa masih banyak kerusakan-kerusakan produk diluar batas kendali. Berdasarkan analisis P-chart pada bulan Januari 2009 diketahui rata-rata kerusakan sebesar 0,09. Batas kendali atas (UCL) sebesar 0,1248 dan batas kendali bawah (LCL) sebesar 0,0552 .
  2. Penulis juga menganalisis dengan diagram Pareto untuk mengetahui kerusakan-kerusakan yang sering muncul atau sering terjadi. Penulis menyimpulkan bahwa kerusakan tertinggi adalah cacat Mangkak karena terlihat dalam data kerusakan, cacat tersebut mendapat angka yang tertinggi yaitu 698 yard. Disusul dengan cacat Kotor sebesar 438 yard, lebar variabel sebesar 187 yard, sobek sebesar 105 yard, krowak sebesar 90 yard dan belang sebesar 71 yard.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Penerapan Analisis ABC dalam Pengendalian Persediaan Produk Furniture pada Java Furniture
  2. Pelaksanaan Program Asuransi Rawat Inap dan Pembedahan dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB)
  3. Bonus Pulsa sebagai Media Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kartu
  4. Proses Pengadaan Dan Penyimpanan Barang (Spare Part) pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia
  5. Prosedur Pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN

 

Incoming search terms: