Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi

Judul: Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi

 

 A. Latar Belakang

Dari berbagai macam media yang ada, banyak pengiklan yang memandang televisi sebagai media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi. Iklan yang ditayangkan dengan menggunakan jasa televisi sangat beragam, diantaranya adalah iklan rokok Gudang Garam Merah. Dengan iklan yang ditayangkan, apakah sudah mengena pada masyarakat agar dapat menerima pesan tersebut melalui iklan yang ditayangkan dalam memasarkan rokok gudang garam merah. Penayangan iklan di televisi diharapkan mengena pada sasaran konsumen, baik tentang pesan iklan, audio, bintang iklan, dialog, penampilan visual dan pengaturan.

Iklan rokok Gudang Garam Merah ditelevisi selalu menampilkan seorang figur pemuda yang memiliki jiwa sosial, pemberani dan lelaki solitair. Ada beberapa versi iklan Gudang Garam Merah, yang selalu mencoba menampilkan kondisi realita kehidupan sosial dimasyarakat. Untuk iklan Gudang Garam Merah ini ingin memberi pesan kepada masyarakat bahwa kita harus menghormati orang yang lebih tua dan belajar untuk bersabar. Dari versi iklan rokok Gudang Garam Merah ini, penulis memandang perlu untuk melakukan penelitian terhadap iklan rokok Gudang Garam Merah yang ditayangkan ditelevisi. Berdasarkan alasan tersebut maka topik yang penulis ambil adalah “Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi“.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana daya tarik iklan rokok Gudang Garam Merah dimedia televise apabila ditinjau dari pesan iklan (X1), audio(X2), bintang iklan (X3), dialog(X4), penampilan visual(X5) dan pengaturan(X6) ?
  2. Manakah diantara faktor pesan iklan (X1), audio (X2), bintang iklan (X3), dialog (X4), penampilan visual (X5) dan pengaturan (X6) yang memberikan daya tarik terbesar dalam iklan rokok Gudang Garam Merah di media televisi ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Periklanan

Periklanan merupakan salah satu dari empat alat utama yang digunakan oleh perusahaan untuk mengarahkan komunikasi yang meyakinkan kepada sasaran pembeli dan publik. Periklanan adalah komunikasi non-individu dengan sejumlah biaya dengan berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non-laba, serta individu-individu (Swastha dan Irawan, 1983, hlm. 245).

 

Kelebihan dan Kelemahan Media Televisi

Kelebihan media televisi :

  1. Mampu menjangkau khalayak sasaran yang luas.
  2. Mempunyai dampak yang yang sangat kuat terhadap konsumen, karena menekankan pada dua indera sekaligus, yaitu penglihatan dan pendengaran.

Kelemahan media televisi :

  1. Biaya yang dikeluarkan besar, termasuk biaya untuk melakukan perubahan iklan.
  2. Sulit melakukan segmentasi, karena khalayak yang dijangkau tidak selektif, sebab acara televisi disaksikan oleh semua lapisan masyarakat yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda

 

Pengertian Perilaku Konsumen

Pengertian perilaku konsumen dapat diartikan sebagai kegiatan-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang-barang dan jasa termasuk didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut ( Swastha dan Handoko, 1987 )

 

Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Sikap :

1. Pengalaman Pribadi

Pengalaman yang dialami akan ikut membentuk dan mempengaruhi penghayatan kita terhadap stimulus sosial.

2. Pengaruh Orang Lain yang Dianggap Penting

Orang lain disekitar kita merupakan salah satu diantara komponen social yang ikut mempengaruhi sikap.Seseorang yang kita anggap penting, seseorang yang tidak ingin dikecewakan atau seseorang yang berarti khusus bagi kita akan banyak mempengaruhi pembentukan sikap kita terhadap sesuatu.

3. Pengaruh Kebudayaan

Kebudayaan dimana individu hidup dan dibesarkan mempunyai pengaruh besar terhadap pembentukan sikap. Dimana kebudayaan telah diwarnai sikap individu terhadap berbagai masalah.

 

Media Massa

Sebagai sarana komunikasi, bentuk media masa seperti televisi, radio, surat kabar, majalah dan lain-lain mempunyai pengaruh besar dalam pembentukan opini dan kepercayaan orang penyampaian informasi dalam bentuk pesan-pesan, apabila cukup kuat akan memberikan dasar didalam menilai sesuatu sehingga akan terbentuk ke arah sikap tertentu.

 

D. Metode Penelitian

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereka yang memutuskan membeli dan mengkonsumsi rokok, tanpa membedakan jenis kelamin dan yang berusia diatas 17 tahun keatas.

Sampel penelitian ini adalah 100 konsumen yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti.

Teknik penarikan sampel menggunakan “convenience samples” yaitu memilih sampel dari elemen populasi yang datanya mudah didapatkan oleh peneliti. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan analisis deskriptif diketahui bahwa konsumen memiliki motivasi yang tinggi terhadap variabel pesan iklan, audio, bintang iklan, dialog, penampilan visual, pengaturan dan daya tarik iklan pada iklan produk rokok Gudang Garam di telivisi, terbukti dari jawaban responden yang mayoritas menjawab setuju dan sangat setuju.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Dampak Jangka Panjang Merger dan Akuisisi terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Pengakusisi dan Perusahaan Diakuisisi di Bursa Efek Jakarta (BEJ)
  2. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta
  3. Analisis Perpindahan Konsumen pada Penyedia Jasa Telepon Selular dari Provider Lain Menuju Exelcomindo
  4. Analisis Sikap Konsumen terhadap Produk Distribution Outlet di Kota Yogyakarta
  5. Daya Tarik Iklan Produk Rokok Gudang Garam Merah di Media Televisi