Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Bonus Pulsa Sebagai Media Sales Promotion dlm Meningkatkan Volume

Judul Skripsi : Bonus Pulsa Sebagai Media Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kartu Matrix Auto pada PT. Indosat Cabang Solo

 

A. Latar Belakang

Kartu Matrix Reguler yaitu kartu pascabayar yang tidak memiliki credit limit (batasan pemakaian) setiap bulannya. Kartu Matrix Auto yaitu kartu pascabayar yang memiliki credit limit (batasan pemakaian) setiap bulannya, sehingga memungkinkan konsumen untuk mengontrol pemakaiannya. Sedangkan kartu Matrix Broadband yaitu kartu pascabayar yang memiliki keunggulan untuk akses internet yang dilengkapi fasilitas 3,5G (HSDPA).

INDOSAT Tbk berusaha menciptakan keunggulan tersendiri dari kartu Matrixnya baik dari segi produk maupun strategi pemasarannya. Begitu juga dengan PT. INDOSAT cabang Solo yang memiliki strategi pemasaran tersendiri dalam pemasaran kartu Matrixnya, terutama kartu Matrix Auto, mengingat gencarnya persaingan antar perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dalam memasarkan kartu pascabayarnya.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah penerapan bonus pulsa sebagai media sales promotion dalam meningkatkan penjualan kartu Matrix Auto pada INDOSAT cabang Solo?
  2. Bagaimanakah volume penjualan kartu Matrix Auto pada PT. INDOSAT cabang Solo terkait dengan adanya bonus pulsa sebagai media sales promotionnya?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Promosi

Promosi merupakan salah satu variabel dalam marketing mix yang sangat penting dilaksanakan oleh suatu perusahaan dalam pemasaran produknya. Definisi promosi itu sendiri menurut Swastha dan Irawan (1999) adalah semua jenis kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan.

Bauran Promosi

Bauran promosi menurut Kotler dan Amstrong (1997) adalah ramuan khusus dari iklan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat yang dipergunakan perusahaan untuk mencapai tujuan iklan dan pemasarannya.

 

Definisi Sales Promotion

Menurut Soemanagara (2006), sales promotion didefinisikan sebagai arahan langsung dimana terjadi pengoperan nilai atau insentif terhadap produk kepada kekuatan penjualan dengan tujuan utama terjadi penjualan secara langsung.

 

D. Metode Penelitian

Desain penelitian yang digunakan yaitu studi deskriptif yang memberikan gambaran mengenai penjualan kartu Matrix Auto. PT INDOSAT cabang Solo yang beralamatkan di jalan Brigjen Slamet Riyadi No 417, Surakarta.

Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari dalam perusahaan berupa proses verifikasi dan aktivasi kartu Matrix Auto serta data penjualan kartu Matrix Auto, sejarah perusahaan serta struktur organisasi PT. INDOSAT cabang Solo yang didapat dari arsip perusahaan.

Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui studi pustaka dengan mengumpulkan data dari dalam perusahaan, serta sumber lain yaitu dari homepage resmi PT. INDOSAT Tbk.

Analisis data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu teknik untuk memberikan gambaran atau deskripsi secara sistematis mengenai objek yang diteliti.

 

E. Kesimpulan

  1. INDOSAT cabang Solo menggunakan bonus pulsa sebagai media sales promotion dalam upaya meningkatkan volume penjualan kartu Matrix Auto, khususnya Matrix Auto 50. Dengan sales promotion PT. INDOSAT cabang Solo dapat menarik konsumen baru serta mempengaruhi konsumen untuk menggunakan kartu Matrix Auto.
  2. Sales promotion dengan menggunakan bonus pulsa mampu meningkatkan jumlah aplikasi kartu Matrix Auto 50 yang lolos welcome call sebanyak 228 aplikasi atau sebesar 127,37% dari jumlah aplikasi Matrix Auto 50 sebelum menggunakan bonus pulsa.
  3. Sales promotion dengan menggunakan bonus pulsa mampu meningkatkan jumlah aplikasi kartu Matrix Auto 50 yang memiliki status active sebanyak 25 aplikasi atau sebesar 29,41% dari jumlah aplikasi kartu Matrix Auto 50 sebelum menggunakan bonus pulsa.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Penerapan Analisis ABC dalam Pengendalian Persediaan Produk Furniture pada Java Furniture
  2. Pelaksanaan Program Asuransi Rawat Inap dan Pembedahan dari Asuransi Jiwa Bersama (AJB)
  3. Bonus Pulsa sebagai Media Sales Promotion dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kartu
  4. Proses Pengadaan Dan Penyimpanan Barang (Spare Part) pada PT.Coca-Cola Bottling Indonesia
  5. Prosedur Pelayanan Program Asuransi Kematian Pegawai Negeri Sipil pada PT. TASPEN