Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Analyse The Brand Loyalty At Custumers Service PT. International Astra

Judul Skripsi : Analyse The Brand Loyalty At Custumers Service PT. International Astra Tbk Daihatsu Solo

 

A. Latar Belakang

Astra Internasional Tbk – Daihatsu merupakan salah satu perusahaan besar di bidang otomotif khususnya mobil yang salah satu anak cabangnya ada di Surakarta. PT. Astra Internasional Tbk. Daihatsu membagi penjualannya ke dalam 3 kelompok yaitu Sales Satisfaction, parts, dan service. Sales Satisfaction merupakan penjualan mobil Daihatsu, parts adalah penjualan pada suku cadang sedangkan service menyediakan jasa perbaikan mobil. Saya akan menganalisis di bagian servicenya. Menurut saya jasa service ini sangat penting bagi citra perusahaan, maka perusahaan harus mengetahui seberapa besar basis pelanggan yang mempunyai loyalitas terhadap jasa service Daihatsu.

Berdasarkan pemaparan latar belakang tersebut, untuk mengetahui tingkat loyalitas terhadap jasa sevice Daihatsu, dengan ini saya mencoba menganalisis kegiatan perusahaan dengan judul “Analisis Brand Loyalty Pada Pelanggan Service PT. Astra Internasional Tbk. Daihatsu Solo”.

 

B. Rumusan Masalah

Apakah posisi brand loyalty pada pelanggan service PT. Astra Internasional Tbk. Daihatsu berkaitan langsung terhadap keuntungan perusahaan ?

 

C. Landasan Teori

Pengukuran Kesukaan Terhadap Merek (measuring liking the brand)

Kesukaan terhadap merek, kepercayaan, perasaan-perasan hormat atau bersahabat dengan suatu merek membangkitkan kehangatan dalam perasaan pelanggan. Akan sangat sulit bagi pesaing untuk dapat menarik pelanggan yang sudah mencintai merek hingga pada tahapan ini. Ukuran dari rasa suka tersebut dapat tercermin pada kesediana para pelanggan untuk menggunakan jasa service dengan merek kesukaannya, meskipun dengan harga yang lebih tinggi disbandingkan yang lain.

Brand Loyalty (loyalitas merek)

Menurut Durianto, Sugiarto, dan Sitinjak (2001:126), brand loyalty (loyalitas merek) merupakan suatu ukuran keterkaitan pelanggan kepada sebuah merek. Brand loyalty merupakan salah satu indicator inti dari brand equity yang jelas terkait dengan peluang penjualan, yang berarti pula jaminan perolehan laba perusahaan di masa mendatang.

Perilaku Konsumen

Menurut Assael (1992) dalam Setiadi (2003, 201), mengemukakan empat hal yang menunjukkan kecenderungan konsumen yang loyal, sebagai berikut :

  1. Konsumen yang loyal terhadap merek cenderung lebih percaya diri terhadap pilihannya.
  2. Konsumen yang loyak lebih memungkinkan merasakan tingkat resiko yang lebih tinggi dalam pembeliannya.
  3. Konsumen yang loyal terhadap merek juga lebih mungkin loyal terhadap toko.
  4. Kelompok konsumen yang minoritas cenderung untuk lebih loyal terhadap merek.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Penelitian dilakukan di PT ASTRA Internasional Tbk. Daihatsu yang beralamat di Jl. Raya Permai Solo Baru, Sukoharjo.

Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan survei.

Populasi dalam penelitian ini dibagi dua yaitu populasi sasaran target dan sampel.

Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner dan peneliti kepustakaan.

Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data dekriptif.

 

E. Kesimpulan

  1. Analisis terhadap identitas responden pelanggan service Daihatsu menunjukkan rata-rata responden yang diambil dalam penelitian mengenai loyalitas konsumen terhadap service Daihatsu adalah laki-laki sebesar 86%, usia responden antara 32-40 tahun sebesar 35%, pendidikan terakhir yaitu tamat Sarjana sebesar 51%, pekerjaan yaitu karyawan sebesar 39%, penghasilan tiap bulan adalah > Rp 2 juta sebesar 58%, pengeluaran tiap bulan yaitu antara Rp 500.000 – 1 juta dan Rp > 2 juta dengan persentase yang sama sebesar 29%, tujuan mereka ke bengkel adalah perawatan berkala sebesar 79%, dan jenis kendaraan yang dimiliki responden kebanyakan Xenia sebesar 50%.
  2. Pada tingkat loyalitas merek swicher (sensitive terhadap perubahan harga), sebagian kecil konsumen yang menyatakan tidak setuju, jika mereka suka berpindah service dari merek satu ke merek yang lain sebanyak 12%. Sedangkan yang tidak pernah pindah ke service lain sebesar 59%. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen pada tingkat ini adalah konsumen yang loyal terhadap Daihatsu. Konsumen menggunakan jasa bukan karena dilihat dari faktor harga semata tetapi konsumen juga melihat dari sisi kualitas dan kepercayaan yang telah dibina selama ini oleh Daihatsu.
  3. Pada tingkat loyalitas merek Habitual Buyer (pembeli yang bersifat kebiasaan), separo dari 100 responden dalam penelitian ini menyatakan tidak setuju jika mereka menggunakan jasa sebuah merek tertentu hanya karena kebiasaan yaitu sebesar 50%. Tetapi menurut konsumen, mereka menggunakan jasa service Daihatsu ini karena Daihatsu memiliki standart pelayanan yang bagus dan konsumen sudah memiliki service berkala setiap bulannya.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analyse The Brand Loyalty At Custumers Service Pt. International Astra Tbk Daihatsu Solo
  2. Hubungan Strategi Promosi Terhadap Volume Penjualan Di Toko Buku Gramedia Solo Square
  3. Pengaruh Biaya Bauran Promosi Pada Pt. Danliris, Sukoharjo Dalam Peningkatan Volume Penjualan Produk Kain Printing Batik
  4. Prosedur Pemasaran Iklan Pt. Radio Swara Prima Pesona Surakarta
  5. Penerapan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Perusahaan Kusuma Mulia Textile