Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Analisis Tingkat Efisiensi Promosi pd PT. KHARISMA ROTAN MANDIRI

Judul Skripsi : Analisis Tingkat Efisiensi Promosi pada PT. KHARISMA ROTAN MANDIRI

 

A. Latar Belakang

Strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan meliputi strategi produk, strategi harga, saluran distribusi dan strategi promosi yang tepat. Pada umumnya perusahaan menginginkan agar memperoleh keuntungan dari usahanya dan mempertahankan tingkat tingkat keuntungan yang telah dicapai dan meningkatkannya..

Salah satu kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan didalam memperkenalakan produknya kepada masyarakat yaitu dengan kegiatan promosi. Dengan berhasilnya kegiatan promosi berarti perusahaan dapat mencapai volume penjualan yang optimal dengan pengeluaran tertentu. Begitu pula sebaliknya apabila kegiatan promosi tersebut gagal berarti perusahaan akan mengalami kesulitan didalam penjualan sehingga perusahaan akan mengalami kemacetan dalam penjualan dan menderita kerugian. Selain memperkenalkan produk, promosi juga dapat menggerakan permintaan. Dengan demikian PT. Kharisma Rotan Mandiri perlu melakukan kegiatan promosi yang tepat karena perusahaan tersebut menghadapi persaingan yang sangat ketat sebab sudah banyak perusahaan sejenis yang berada disekitar lokasi perusahaan maupun dari luar kota seperti Jakarta dan Surabaya.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana strategi bauran promosi yang dilakukan oleh PT. Kharisma Rotan Mandiri?
  2. Seberapa besar tingkat efisiensi yang dicapai bauran promosi dalam meningkatkan volume penjualan?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial (Stanton dalam Swasta dan Irawan, 1983 : 5).

Pengertian Marketing Mix (Bauran Pemasaran)

Bauran Pemasaran adalah serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikehendaki perusahaan dari pasar sasaran (Kotler,1994 : 41).

Pengertian Promosi

Promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran. Jadi, promosi merupakan salah satu aspek yang penting dalam manajemen pemasaran, dan sering dikatakan sebagai proses berlanjut. Ini disebabkan karena promosi dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selajutnya dari perusahaan (Swastha,1979 : 237).

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, studi pustaka dan observasi.

Teknik pembahasan yang dipakai adalah teknik diskriptif dan persentase perbandingan biaya promosi dengan volume penjualan untuk mengetahui tingkat efisiensi penerapan bauran promosi .

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam memasarkan produk yang dihasilkan PT. Kharisma Rotan Mandiri menggunakan 2 dari bauran promosi. Bauran promosi yang digunakan perusahaan tersebut adalah periklanan melalui website http//WWW.Uniquecane.Com serta promosi penjualan diantaranya rabat, penyediaan contoh barang dan pameran. Kedua bauran promosi tersebut sering digunakan oleh PT. Kharisma Rotan Mandiri untuk meningkatkan volume penjualan.
  2. Persentase efisiensi biaya promosi dengan volume penjualan pada PT. Kharisma Rotan Mandiri mengalami penurunan sehingga kegiatan promosi yang dilakukan dapat dikatakan relatif efisien.

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Kebijakan Saluran Distribusi pada PT. Kharisma Rotan Mandiri
  2. Analisis Brand Awareness Harian Umum Suara Merdeka di Surakarta
  3. Prosedur Pendirian Perizinan Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum (URHU) Oleh Kantor
  4. Analisis Tingkat Efisiensi Promosi pada PT. Kharisma Rotan Mandiri
  5. Analisis Tingkat Brand Loyalty pada Toko Buku Gramedia Solo Square