Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Analisis Tingkat Brand Loyalty pd Toko Buku Gramedia

Judul Skripsi : Analisis Tingkat Brand Loyalty pada Toko Buku Gramedia Solo Square

 

A. Latar Belakang

Dalam kondisi semakin meningkatnya persaingan, maka perusahaan yang satu dengan yang lain saling bersaing merebutkan konsumen. Perusahaan yang mampu menciptakan dan mempertahankan pelangganlah yang akan sukses dalam persaingan. Karena itu setiap perusahaan perlu memahami perilaku konsumen pada pasar sasarannya.

Perilaku konsumen yang ada tersebut akan mempengaruhi cara konsumen dalam melihat atau memandang suatu produk. Konsumen xvi dalam memilih suatu brand atau merek produk akan melalui tahap percobaan terlebih dahulu, pada tahap ini seringkali konsumen akan mencoba berbagai brand yang berbeda. Jika dirasakan bahwa brand tersebut cocok dan memenuhi apa yang diharapkan dari produk sejenis maka konsumen akan terus mencari brand tersebut.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimana penilaian loyalitas merek dari Toko Buku Gramedia Solo Square?
  2. Bagaimana Bentuk piramida yang dihasilkan dari analisis tingkat brand loyalty terhadap toko buku Gramedia Solo Square?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Brand atau Merek

Menurut American Marketing Association (Kotler, 2000: 575), brand atau merek yaitu nama, istilah, tanda, symbol atau kombinasi dari hal – hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan suatu barang atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Identifikasi tersebut juga berfungsi untuk membedakan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan pesaing.

Brand Equity ( Ekuitas Merek )

Brand Equity adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang terkait dengan suatu merek, nama, simbol, yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh produk pada perusahaan maupun pada pelanggan (Darmadi Durianto,dkk : 2001).

 

Loyalitas Merek (brand loyalty)

Loyalitas merek (brand loyalty) merupakan suatu ukuran keterkaitan pelanggan kepada sebuah merek. Ukuran ini mampu memberikan gambaran tentang mungkin tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek produk yang lain, terutama jika pada merek tersebut didapati adanya perubahan, baik menyangkut harga ataupun atribut lain (Darmadi Durianto dkk : 2001).

 

D. Metode Penelitian

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, studi pustaka dan kuesioner.

Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sampel berasal dari mahasiswa fakultas ekonomi yang pernah mengunjungi Toko Buku Gramedia Solo Square. Dengan menggunakan perhitungan sampel menurut Djarwanto dan Pangestu, sampel diperoleh 96.04 dan demi memberi kemudahan maka dilakukan pembulatan yakni menjadi 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling, pemilihan dengan menggunakan teknik ini dikarenakan jumlah populasi yang belum diketahui serta berdasarkan ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkan responden yang berada pada tempat dan waktu yang tepat dan juga demi cepat dan murah. Dalam penelitian ini variabel demografi menggambarkan pengelompokkan responden berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan dan usia.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan analisis profil responden yang terdiri dari 100 Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret yang pernah mengunjungi Toko Buku Gramedia Solo Square diketahui jumlah perempuan lebih banyak yakni sebesar 54% dengan rata – rata pendidikan D3 sebesar 59% dan usia 19 – 21 tahun sebanyak 58%.
  2. Sebanyak 23% dari 100 responden bersifat switcher atau berpindah melakukan pembelian karena faktor harga.
  3. Pada tingkatan Habitual Buyer sebanyak 47% responden menyatakan bahwa mereka terbiasa melakukan pembelian pada Toko Buku Gramedia Solo Square.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Tingkat Brand Loyalty pada Toko Buku Gramedia Solo Square
  2. Penerapan Saluran Distribusi Produk Flexi Pada PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Toko Buku Gramedia Solo Square di Surakarta
  4. Pelaksanaan Promosi Produk Kartu Sobat Flexi PT. Telkom Divre IV Kandatel Solo
  5. Gender dan Risk Attitude dalam Pemilihan Portofolio Investasi pada Asset Beresiko Studi Eksperimental