Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Toko Buku Gramedia

Judul Skripsi : Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Toko Buku Gramedia Solo Square di Surakarta

 

A. Latar Belakang

Pada aspek pemasaran, ritel buku dituntut untuk mempunyai strategi pemasaran yang tepat untuk bersaing dengan ritel buku sejenis. Persaingan tersebut meliputi dalam penentuan harga buku, kualitas produk yang akan disampaikan kepada konsumen, pendistribusian produk, hingga promosi yang efektif yang disampaikan kepada konsumen.

Untuk menghadapi persaingan dalam bisnis ritel buku, perusahaan harus mengembangkan strategi pemasaran yang memiliki keunggulan dibandingkan pesaing lainnya serta mengembangkan program-program lain yang berkaitan dengan program loyalitas konsumen, lokasi penempatan ritel buku, manajemen sumber daya manusia, sistem distribusi dan informasi terhadap konsumen, produk yang ditawarkan memiliki keunikan tersendiri, hubungan terhadap penerbit, maupun layanan yang diberikan kepada konsumen.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah cara toko buku Gramedia Solo Square mengidentifikasi segmentasi pasar, mentargetkan pasar sasaran, serta memposisikan kepada pasar sasaran?
  2. Bagaimanakah strategi pemasaran yang dilakukan oleh toko buku Gramedia Solo Square selama ini dalam memasarkan produknya?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang memegang peranan penting pada sebuah perusahaan, tanpa aktivitas pemasaran serta saluran distribusi yang baik, tujuan perusahaan tidak akan tercapai dengan baik, dan keuntungan sebuah perusahaan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Pemasaran berfungsi untuk menentukan target sasaran konsumen yang dituju oleh perusahaan tersebut, selain itu pemasaran berfungsi sebagai tindak lanjut untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Pengertian Strategi

Dalam mencapai tujuan perusahaan, perusahaan diharuskan untuk melakukan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut menurut “Swastha dan Irawan (1990:62) mengartikan Strategi sebagai suatu rencana yang diutarakan untuk mencapai tujuan perusahaan.”

Konsep Pemasaran

Keberhasilan sebuah bisnis pada perusahaan dapat ditunjang dengan penggunaan konsep pemasaran. Konsep pemasaran digunakan sebagai falsafah bisnis dan petunjuk bisnis, konsep pemasaran tersebut disusun dengan memasukkan 3 elemen pokok, antara lain :

  1. Semua operasi dan perencanaan perusahaan harus berorientasi kepada konsumen.
  2. Sasaran perusahaan harus berupa penjualan yang menghasilkan laba namun harus mementingkan kepuasan konsumen itu sendiri.
  3. Semua kegiatan pemasaran di sebuah perusahaan harus dikoordinir secara organisatoris.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan desain metode survey, data yang digunakan penelitian berasal dari data primer perusahaan dan data sekunder yang sudah diolah dan dimanfaatkan sebagai bahan refrensi penelitian, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyusun data yang sudah diperoleh dengan pokok permasalahan selanjutnya diteliti dan disusun untuk mendukung kelengkapan penelitian mengenai analisis penerapan strategi pemasaran toko buku Gramedia Solo Square.

 

E. Kesimpulan

  1. Segmentasi yang digunakan oleh toko buku Gramedia Solo Square dirancang untuk mengidentifikasi kebutuhan dan memenuhi keinginan akan produk-produk buku sudah dicapai dan dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari segmentasi yang efektif meliputi segmentasi geografis, segmentasi demografis, dan segmentasi psikografis serta took buku Gramedia Solo Square mengevaluasi segmen pasar dengan mengukur pertumbuhan segmen, mengambil daya tarik structural segmen, serta membandingkan dan mengimplementasikan tujuan dan sumber daya yang dimiliki perusahaan.
  2. Targeting yang dituju oleh toko buku Gramedia Solo Square menggunakan metode pemasaran dibedakan (differentiated marketing), adapun alasan menggunakan metode ini adalah toko buku Gramedia Solo Square menawarkan berbagai macam kebutuhan buku yang dapat meliputi semua target pasar dan keinginan pasar konsumen, serta mengharapkan peningkatan penjualan yang tinggi dari target yang diharapkan pada tahun yang berjalan serta mampu memposisikan diri dipasaran yang lebih kuat di beberapa segmen pasar yang digarapnya. Target menurut wilayah membidik pasar sasaran Karesidenan Surakarta, Menurut jenis kelamin membidik wanita dan pria, menurut status pekerjaan membidik profesional, pelajar, dan mahasiswa, menurut factor usia membidik usia 20 tahun sampai dengan 34 tahun, menurut kategori pendidikan membidik tingkat Sekolah Dasar hingga Strata 3, menurut status ekonomi sosial membidik sosial ekonomi atas (upper society).

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Tingkat Brand Loyalty pada Toko Buku Gramedia Solo Square
  2. Penerapan Saluran Distribusi Produk Flexi Pada PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Toko Buku Gramedia Solo Square di Surakarta
  4. Pelaksanaan Promosi Produk Kartu Sobat Flexi PT. Telkom Divre IV Kandatel Solo
  5. Gender dan Risk Attitude dalam Pemilihan Portofolio Investasi pada Asset Beresiko Studi Eksperimental

 

Incoming search terms: