Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Analisis Network utk Produksi Hard Cover A4 pd PT. Solo Murni Surakarta

Judul Skripsi : Analisis Network untuk Produksi Hard Cover A4 pada PT. Solo Murni Surakarta

 

A. Latar Belakang

Perkembangan dunia industri yang semakin pesat menjadikan banyak berdirinya perusahaan berskala besar, menengah dan kecil. Banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang yang sama mengakibatkan persaingan yang semakin ketat. Segala cara dilakukan perusahaan untuk dapat memenangkan persaingan baik melalui peralatan yang modern, SDM yang unggul dan juga pengoptimalan waktu dan biaya.

Tujuan perusahaan memperoleh keuntungan yang sebesarbesarnya memerlukan sebuah perencanaan yang matang. Perencanaan memegang peranan penting dalam usaha mencapai tujuan tersebut, dan merupakan usaha pengambilan keputusan yang mempengaruhi jalannya perusahaan di waktu yang akan datang. Berkaitan dengan pentingnya perencanaan, maka untuk dapat mengantisipasi keinginan konsumen serta mampu bersaing dengan perusahaan lain perusahaan dituntut untuk dapat beroperasi secara efektif dan efisien dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki serta semua aktivitas dapat selesai sesuai denngan perencanaan. Waktu penyelesaian yang lebih lambat dari waktu yang telah ditentukan akan mengganggu kelancaran operasi perusahaan tersebut.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Berapa waktu penyelesaian tiaptiap pekerjaan yang dibutuhkan PT. Solo Murni?
  2. Bagaimana jalur kritis yang digunakan untuk menyusun perencanaan dengan waktu efisien?
  3. Berapa probabilitas penyelesaian produksi?

 

C. Landasan Teori

Perencanaan Produksi

Semua kegiatan yang merupakan rangkaian penyelesaian pekerjaan harus direncanakan terlebih dahulu secara matang dan sebaikbaiknya. Jadi, semaksimal mungkin segala kegiatan atau aktivitas yang ada dalam perusahaan dapat diselesaikan dengan efisien dan tepat waktu. Perencanaan memegang peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan tersebut. Perencanaan merupakan tujuan pokok atau tujuan utama organisasi beserta caracara untuk mencapai tujuan tersebut. (Indriyo Gitosudarmo, 1999:49).

Proses Produksi

Produksi di dalam suatu perusahaan merupakan kegiatan yang sangat penting. Dikatakan bahwa produksi adalah merupakan dapur dari sebuah perusahaan. Apabila kegiatan produksi dalam perusahaan terhenti, maka seluruh kegiatan dalam perusahaan tersebut akan terhenti pula. Demikian pula seandainya terdapat berbagai hambatan yang mengakibatkan tersendatnya kegiatan produksi, maka seluruh kegiatan dalam perusahaan tersebut akan terganggu pula. Karena sangat pentingnya kegiatan produksi, maka suatu perusahaan harus selalu memperhatikan kegiatan produksi di perusahaan tersebut.

Analisis Network

Analisis network adalah suatu cara analisis produksi baik untuk analisis alur produksi dan analisis waktu produksi untuk melihat alur dan waktu produksi yang paling efisien dan efektif.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan di bagian produksi PT. Solo Murni, kelurahan Bangak kecamatan Banyudono, Boyolali.

Teknik Pengumpulan Data Penelitian ini yaitu menggunakan Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka.

Sumber Data penelitian ini yaitu menggunakan data primer dan data sekunder.

Teknik Analisis Data Penelitian ini Menggunakan metode analisis network.

 

E. Kesimpulan

  1. Dengan analisis network yang menggunakan metode PERT dan CPM dapat diketahui urutan kegiatan, expected time, dan jalur kritis yang dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan perencanaan proses produksi Hard Cover A4 untuk memperoleh waktu produksi yang efisien.
  2. Urutan pekerjaan dalam pembuatan Hard Cover A4 yaitu: Montage cover (A), Montage index (B), Montage isi (C), Buat plate cover (D), Buat plate index (E), buat plate isi (F), cetak cover (G), cetak endsheet (H), cetak isi (I), potong tipisan (J), Lms isi tipisan (K), potong endsheet (L), lms endsheet (M), jahit benang (N), Press catern (O), pasang endsheet (P), pasang lidahan (Q), laminating (R), potong jadi(isi) (S), EMP (T), Pack (U), Plagband/box carton (V).
  3. Jalur kritis dari urutan pekerjaan dalam proses produksi Hard Cover A4 yaitu CFIJKNOPQSTUV dengan waktu penyelesaian 19.525,84 menit sedangkan waktu yang dijadwalkan perusahaan adalah sebesar 19.546 menit.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Potensi dan Strategi Pengembangan Obyek Wisata Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar
  2. Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Nasabah pada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera
  3. Analisis Network Untuk Produksi Hard Cover A4 pada PT. Solo Murni Surakarta
  4. Pengaruh Persepsi Kualitas Produk dalam Iklan Merek Induk dan Kredibilitas Perusahaan
  5. Peranan Persepsi Sebagai Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen