Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Manajemen: Analisis Bauran Pemasaran Jasa pd PT. FBC

Judul Skripsi : Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Jasa Pada PT. FBC Indonesia

 

A. Latar Belakang Skripsi

Dalam menciptakan suatu produk tentu tidak terlepas dari masalah pemasaran, karena produk yang diciptakan pasti bertujuan untuk dipasarkan. Dalam memasarkan produknya banyak strategi yang digunakan oleh para produsen, tetapi diantara sekian banyak strategi tersebut semuanya tidak terlepas dari marketing mix atau bauran pemasaran.

Bauran pemasaran (marketing mix) jasa adalah strategi pemasaran secara terpadu yang merupakan penggabungan dari strategi dalam menciptakan produk, strategi penetapan harga, penggunaan alat promosi yang tepat, pemilihan saluran distribusi yang sesuai, strategi dalam pengaturan manajemen sumber daya manusia (MSDM), strategi dalam kegiatan proses produksi dan strategi dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen. Banyak perusahaan yang menggunakan konsep ini untuk mencapai tujuan dari perusahaan mereka.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimanakah strategi bauran pemasaran (marketing mix) jasa yang digunakan oleh PT. FBC Indonesia?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Strategi

Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan tersebut. Beberapa perusahaan mungkin mempunyai tujuan yang sama, tetapi strategi yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut dapat berbeda. (Basu Swastha dan Irawan : 1990)

Pengertian Pemasaran

Ada beberapa pendapat para tokoh tentang definisi pemasaran adalah sebagai berikut :

  1. Pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk menemukan keinginan dan kebutuhan melalui proses pertukaran. (Philip Kotler dalam Basu Swastha : 1984)
  2. Pemasaran adalah suatu kegiatan usaha yang mengarahkan aliran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen atau pemakai. (The American Marketing Assosiation dalam Basu Swastha : 1984)

 

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah pendekatan produk yang akan digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu. Didalamnya tercantum pedoman pokok mengenai target pasar, penempatan produk pasar, bauran pemasaran, dan tingkat pasar yang diperlukan (Philip Kotler : 1994)

 

D. Metode Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, khususnya dalam bidang advertising yang dilihat dari unsur marketing mixnya. Penelitian ini merupakan penelitian survai. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan

Produk (Product)

Produk jasa yang dihasilkan oleh PT. FBC Indonesia  adalah jasa periklanan. Perusahaan ini melayani segala bentuk jasa periklanan yaitu Marketing Communication, Outdoor Advertising, Marketing Event, Media Placement, Graphic Design dan Talent Devision. Adapun yang menjadi ciri khas dari produk jasa PT. FBC Indonesia adalah pada bentuk iklannya yang simple tetapi memiliki pesan persuasif yang tinggi.

Harga (Price)

Dalam strategi penetapan harga pada media placement khususnya iklan pada media Koran, PT. FBC Indonesia menggunakan metode cost plus pricing. Dan dari analisis perbandingan harga antara dua perusahaan, secara umum PT. FBC Indonesia mampu menyaingi pesaingnya dengan penetapan harga rata-rata lebih rendah dibanding dengan perusahaan pesaing.

Distribusi (Place)

Dalam penyampaian produk ke konsumen PT. FBC Indonesia menggunakan saluran distribusi langsung. Karena distribusi secara langsung dinilai lebih efektif dan efisien, sebab resiko yang akan ditanggung perusahaan lebih kecil dan ketepatan waktu produk sampai ketangan konsumen juga lebih terjamin. Selain itu lokasi kantor yang berada di daerah stratgis juga dijadikan sebagai strategi distribusi yang baik bagi perusahaan ini.

 

Contoh Skripsi Manajaman

  1. Perceived Organizational Support Sebagai Pemediasi Pengaruh Keadilan Prosedural
  2. Analisis Lay Out Fasilitas Unit Pelayanan Di Pdam Sragen
  3. Pengaruh Perubahan Capital Adequacy Ratio (Car) Terhadap Perubahan Kredit
  4. Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Jasa pada PT. FBC Indonesia
  5. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Underpricing Pada Penawaran Umum Perdana