Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Ratih TV sbg Media Komunikasi antara Pemerintah dgn Masyarakat

Judul Skripsi : Ratih TV Sebagai Media Komunikasi Antara Pemerintah dengan Masyarakat di Kabupaten Kebumen

 

A. Latar Belakang

Public relations merupakan suatu bentuk manajemen yang sudah ada dan dikenal bersamaan saat adanya sistem perdagangan. Purel atau Humas sering banyak disebutkan untuk mengganti nama public relations dikenal di Indonesia baru-baru ini. Mungkin kurangnya memahami tentang fungsi public relations dalam suatu organisasi, lembaga atau instensi baik swasta (privat) ataupun pemerintah. Purel ada ketika komunikasi mulai berkembang ketika adanya suatu hubungan untuk menjadi tujuan yang efektif dan menjalin kerjasama maka terdapat suatu hubungan yang menunjukkan dibutuhkannya suatu public relations.

Dalam pelaksanaan tugas public relations tidak luput dengan adanya komunikasi yang efektif. Komunikasi sendiri mempunyai unsur-unsur di dalamnya yang memiliki hubungan dalam public relations tersebut yaitu adanya source (komunikator), message (pesan), channel (media), receiver (komunikan) dan effect (efek). Sejalan dengan berkembangnya komunikasi, dalam purel juga mengalami kemajuan. Purel modern yang sekarang ini lebih banyak mewujudkan tugas dan menggunakan banyak media untuk memperlancar tugas-tugasnya itu.

 

B. Tujuan

Pada umumnya dan karena merupakan syarat kelulusan maka pelaksanaan ini bertujuan untuk mendapatkan gelar diploma. Selain itu dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media ini juga dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran secara konkrit bagaimana dunia kerja baik mekanisme ataupun dalam persaingan.

Dengan melaksanakan magang diharapkan penulis lebih siap untuk menentukan langkah masa depan dalam dunia kerja yang persaingannya semakin ketat.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Public Relations

Definisi W. Emerson Reck, Public Relations Director, Colgate University menyebut bahwa (Dasar-dasar Public Relations, Oemi Abdurrachman, MA)

Public Relations is the continued process of keying policies, services and actions to the best interest of those individual or groups whose confidence and goodwill an individual or institutions covets and secondly, it is the interpretation of these policies, services and actions to assure complete understanding and appreciation.”

Komunikasi

Komunikasi adalah proses dimana seseseorang memindahkan perangsang yang biasanya berupa lambang kata-kata untuk merubah tingkah laku orang lain. (Carl I Hovland). Oleh William Albig dalam bukunya Public Opinion (Dasar-dasar Public Relations) adalah suatu proses pengoperan lambang-lambang, tanda yang berarti diantara individu-individu.

Media dalam Komunikasi

Fungsi media dalam suatu demokrasi modern yang diistilahkan dengan teori tanggung jawab sosial media menurut Fred Siebert yaitu:

  1. Melayani sistem politik dengan memberikan informasi diskusi dan debat tentang masalah kemasyarakatan.
  2. Mencerahkan masyarakat untuk membuat mampu memiliki pemerintahan
  3. Melayani sistem ekonomi, terutama dengan menghimpun pembeli dan penjual barang maupun jasa melalui media iklan
  4. Memberikan hiburan

 

D. Kesimpulan Skripsi

Dari kegiatan Kuliah Kerja Media yang dilakukan di RATIH TV Kebumen, penulis menyimpulkan bahwa salah satu kegiatan dan tugas PR yang secara tidak langsung teraplikasi di RATIH TV yaitu pembuatan berita untuk Berita Kebumen, dimana penulisan berita sendiri membutuhkan ketelitian. Penulisan berita yang juga termasuk tugas seorang humas haruslah berpegangan atau sesuai dengan pola 5W + 1H atau piramida terbalik.

Melalui RATIH TV yang berada di bawah Dinas Humas Pemerintah, Badan Informasi Komunikasi dan Pengelolaan Data Elektronik, baik pemerintah atau masyarakat dapat memanfaatkannya untuk berinteraksi. Pemerintah Kabupaten Kebumen sendiri menggunakan media televisi ini untuk memberikan informasi dan untuk menyampaikan tentang kebijakan-kebijakan pemerintah. Di samping itu masyarakat Kebumen memanfaatkannya untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi atau saran kritik, tentang pemerintah Kabupaten Kebumen.

 

E. Saran

  1. Kepada para dosen yang memberikan mata kuliah, diharapkan lebih transparansi dalam memberikan nilai. Sehingga mahasiswa-mahasiswa lebih sadar bahwa matakuliah yang diberikan sangat bergunan dan nilai yang diperoleh sesuai dengan apa yang mereka kerjakan selama kegiatan perkuliahan hingga ujian semester. Dengan hal tersebut mahasiswa akan lebih giat dan mampu berkompetitif satu sama lain, baik antar mahasiswa di dalam UNS maupun dengan universitas lain.
  2. Untuk adik-adik tingkat, penulis berharap dalam pembentukan panitia Kuliah Kerja Media lebih matang. Lebih baik dalam team work (kepanitiaan) yang keberadaannya sangat membantu teman-teman yang lainnya, baik dalam persiapan bagaimana menginformasikan hingga tahap akhir mengurus surat-surat.
  3. Sebagai mahasiswa yang juga menjadi pengurus himpunan mahasiswa diploma, penulis berharap untuk kemajuan D3 FISIP UNS, lebih memperhatikan dengan banyak memfasilitasi UKM-UKM yang ada dan mempermudah mahasiswa dalam

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Peran Marketing dalam Penjualan Produk & Fasilitas Hotel Saphir Yogyakarta
  2. Strategi Komunikasi Customer Relations dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Hotel Novotel
  3. Ratih TV Sebagai Media Komunikasi Antara Pemerintah dengan Masyarakat di Kabupaten Kebumen
  4. Iklim Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja (Studi tentang Hubungan Iklim Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja di Lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Kota Surakarta)