Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Program Acara “Karaoke On TV” TVRI D.I. YOGYAKARTA

Judul Skripsi : Program Acara “Karaoke On TV” TVRI D.I. YOGYAKARTA

 

A. Latar Belakang

Stasiun TVRI Yogyakarta yang keberadaannya sudah lama di D.I. Yogyakarta dan sudah mendapat tempat di hati masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, pada saat sekarang ini dirasa mulai disisihkan. Sekarang dengan adanya televisi swasta baru, ingin menikmati suasana yang baru, dan kehadiran televisi – televisi swasta tersebut merupakan jalan keluar yang dianggap tepat. Acara – acara yang ditayangkan di televisi swasta dianggap lebih menarik. Hal ini karena dalam penayangan acaranya, orientasi para pengelola stasiun televisi swasta mengarah ke bisnis untuk menarik penonton sebanyak – banyaknya. Lain halnya TVRI yang masih berorientasi semula yaitu sebagai media pelayanan informasi massa.

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pegelola TVRI khususnya TVRI D.I.Yogyakarta untuk melakukan perubahan dalam berbagai hal, seperti meningkatkan kualitas sumber daya manusia maupun menciptakan program – program acara baru yang lebih kreatif, variatif, mendidik dan bermutu dengan dukungan sarana – sarana yang ada. Meskipun program acara yang ditayangkan masih sangat terbatas dikarenakan masih merelay dari TVRI Stasiun Pusat Jakarta, namun kini TVRI Stasiun Yogyakarta telah mampu menciptakan berbagai acara yang menarik dan diminati oleh sebagian besa masyarakat Yogyakarta, dengan tetap mempergunakan adat dan tradisi Jogja sebagai salah satu ciri khas dalam acara – acara yang diproduksi.

 

B. Tujuan

  1. Untuk melengkapi sebagian persyaratan dalam menyelesaikan kuliah dan meraih sebutan professional Ahli Madya (A,Md) dalam bidang Penyiaran Komunikasi Terapan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret.
  2. Untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan khususnya di bidang produksi acara yang telah diperoleh di bangku kuliah ke dalam dunia kerja di TVRI Stasiun Yogyakarta.

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Televisi

Televisi secara harfiah terdiri dari perkataan “tele” yang berarti jauh, dan “vision” yang berarti penglihatan, dimana proses penyiaran menggunakan prinsip – prinsip siaran radio siaran, sehingga sering disebut sebagai saluran muda dari radio. Segi “jauh” – nya ditransmisikan dengan prinsip – prinsip radio, sedangkan “penglihatan” – nya diwujudkan dengan prinsip – prinsip kamera sehingga menghasilkan gambar yang hidup, baik dalam bentuk gambar diam (still image) maupun gambar bergerak (moving image).

Pengertian Mekanisme Produksi

Berfikir tentang produksi televisi, bagi pengelola yang profesional berarti mengembangkan gagasan bagaimana materi produksi dapat menjadi suatu sajian yang bernilai dan laris manis dalam menarik khalayak. Merencanakan sebuah produksi acara televisi memerlukan waktu yang sangat lama karena perlu direncanakan dengan matang dan cermat baik dari segi isi, format, maupun pelaksanaan produksinya.

Program Berita

Program news berarti suatu sajian laporan berupa fakta dan kejadian yang memiliki nilai berita (unusual, factual, esential) dan disiarkan melalui media secara periodik. Pengertian penyajian fakta dan kejadian di dalam berita bersifat objektif.

 

D. Kesimpulan

  1. Acara Karaoke On TV merupakan suatu mata acara yang diproduksi oleh TVRI Stasiun Yogyakarta dengan terinspirasi dari format acara Konteswara yang pernah diadakan oleh TVRI Stasiun Pusat Jakarta, dan dengan melihat kecenderungan masyarakat khususnya Yogyakarta.
  2. Acara Karaoke On TV bersifat semi spontanitas, sehingga pembawa acara diberikan kebebasan untuk membawakan acara dengan tetap bertumpu pada
  3. Acara Karaoke On TV merupakan acara dalam format live interaktif yang melibatkan penonton untuk ikut berpartisipasi dalam ajang karaoke melalui line phone.

 

E. Saran Skripsi

  1. TVRI Stasiun Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas program acara yang diproduksi, baik secara kualitas visual maupun audio, hendaknya mengupayakan regenerasi peralatan dari penggalian sumber dana baru.
  2. Untuk waktu mendatang hendaknya pelaksanaan Kuliah Kerja Media di TVRI Stasiun Yogyakarta lebih diperhatikan, sehingga agar tercapai hasil yang diinginkan dan tidak terjadi salah perlakuan terhadap mahasiswa
  3. Melihat ketertarikan masyarakat Yogyakarta terhadap program acara Karaoke On TV, sebaiknya jam tayang perlu ditambah, misalnya menjadi 2 kali dalam seminggu.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Strategi Kreatif Perancangan Iklan pada Toko Cubuss Computer
  2. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  3. Mekanisme Kerja Reporter Di Pt. Cipta Tpi
  4. Tugas Humas di Kantor Sekretariat Kabupaten Klate
  5. Aktivitas Menonton Televisi dan Peningkatan Motivasi (Pengaruh Aktivitas Menonton Siaran Sepakbola di Televisi terhadap Peningkatan Motivasi Berlatih pada siswa SSB Ksatria Surakarta dengan Lingkungan Sebagai Variabel Moderating)

 

 

Incoming search terms: