Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Peran Marketing dlm Penjualan Produk & Fasilitas Hotel Saphir

Judul Skripsi : Peran Marketing dalam Penjualan Produk & Fasilitas Hotel Saphir Yogyakarta

 

A. Latar Belakang Skripsi

Sektor pariwisata di Indonesia yang berkembang begitu cepat membawa konsekuensi dengan semakin meningkat pula usaha dalam bidang perhotelan. Banyak wisatawan baik manca maupun lokal yang membutuhkan akomodasi beserta makan dan minum dengan pelayanan yang baik juga hiburan dan fasilitas hotel yang menunjang. Selain tempat menginap untuk para wisatawan, hotel juga bisa digunakan untuk event pribadi maupun group seperti wedding ceremony, meeting group tertentu, maupun dinner dengan keluarga. Banyaknya hotel yang ada saat ini membuat pihak manajemen hotel berlomba – lomba memenangkan hati publik. Pihak hotel ingin memperoleh simpati sebanyak – banyaknya dari masyarakat luas agar hotel mereka dilirik untuk didatangi.

Pada umumnya keberhasilan suatu hotel diukur dari kamar yang full booking dan ruang meeting yang sudah penuh oleh group yang akan mengadakan acara di tempat tersebut. Semua itu dapat terlaksana karena promosi yang baik , networking yang luas, juga koordinasi yang solid dengan pihak – pihak yang ada di dalam hotel itu sendiri.

 

B. Tujuan

  1. Mendapat pengalaman kerja untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia
  2. Mengaplikasikan teori yang didapat dibangku kuliah dengan praktek langsung
  3. Mengetahui proses pemasaran produk dan fasilitas yang ada di Hotel Saphir

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Marketing

Marketing dapat dikatakan sebagai suatu usaha menjual barang / jasa dengan selalu memperhatikan bahwa barang / jasa yang dijual sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pembeli. Kalimat di atas sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh Philip Kotler dalam buku yang dibuat oleh Singgih Santoso & Fandy Tjiptono ( 2001 : 4 ) bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Pemasaran Perhotelan

Kegiatan pemasaran saat ini sangat penting bagi usaha perhotelan . Semakin tingginya tingkat persaingan meningkatnya kompleksitas pasar dan tamu yang semakin kritis akan pasar, mengakibatkan kegiatan perlu dilakukan secara lebih profesional dan berdaya saing. Konsep dari pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu usaha untuk mempertemukan produk yang dihasilkan hotel dengan calon tamu yang akan mengkonsumsi produk hotel tersebut. Oleh sebab itu agar produk yang dihasilkan oleh hotel dibeli oleh tamu, maka produk tersebut harus dapat memenuhi kebutuhan – kebutuhannya serta sesuai dengan keinginan – keinginannya.

Srategi Promosi

Promosi meliputi semua alat-alat dalam kombinasi pemasaran yang peranan utamanya adalah untuk mengadakan komunikasi yang sifatnya membujuk Promosi merupakan suatu proses komunikasi dari penyampaian amanat atau berita tentang

 

D. Kesimpulan

  1. Hotel Saphir Yogyakarta memberikan suatu wadah kepada penulis untuk tempat berkreasi dan mengasah ketrampilan dalam bekerja.
  2. Segala bentuk aktivitas dan kegiatan yang dilakukan pada saat Kuliah Kerja Media menambah pengetahuan penulis tentang banyak hal terutama tentang bagaimana berkomunikasi yang baik dengan orang lain dengan menyesuaikan sifat dan karakter banyak orang.
  3. Tercapainya tujuan dari pelaksanaan Kuliah Kerja Media di Hotel Saphir Yogyakarta yaitu penulis dapat mengaplikasikan teori yang didapat di bangku perkuliahan dengan praktek langsung di lapangan.

 

E. Saran

  1. Hotel Shapir memberikan sarana dan prasarana yang cukup baik bagi trainee, tetapi sebaiknya trainee lebih diajak secara langsung dalam menangani berbagai kegiatan sales di Hotel Saphir agar trainee juga lebih fasih, dan berpengalaman menangani pekerjaan dibidang sales secara langsung.
  2. Saling membantu satu sama lain harus terus ditingkatkan agar pekerjaan tidak menumpuk pada satu orang. Dengan saling membantu maka pekerjaan pun dapat segara
  3. Setiap karyawan harus dapat lebih mandiri dan menguasai penggunaan alat – alat kantor dengan lebih baik. Sehingga jika sewaktu – waktu terjadi kerusakan ringan atau perlu mengganti sesuatu yang habis tidak bergantung pada orang lain.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Peran Marketing dalam Penjualan Produk & Fasilitas Hotel Saphir Yogyakarta
  2. Strategi Komunikasi Customer Relations dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Hotel Novotel
  3. Ratih TV Sebagai Media Komunikasi Antara Pemerintah dengan Masyarakat di Kabupaten Kebumen
  4. Iklim Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja (Studi tentang Hubungan Iklim Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja di Lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Kota Surakarta)