Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Peran Jurnalistik Pada Radio PTPN Rasitania

Judul Skripsi : Peran Jurnalistik pada Radio PTPN Rasitania

 

A. Latar Belakang Skripsi

Radio merupakan salah satu media informasi yang menyajikan materi siarnya dalam bentuk audio dengan bahasa tutur. Meski tidak seperti media cetak dan elektronik lainnya (koran, majalah, tabloid, televisi, internet, dll.), radio memiliki keunggulan tersendiri dalam menyampaikan materi siarnya. Dengan bentuknya yang portable, pesawat radio bisa dibawa ke manamana, contohnya sering kita temui seorang tukang becak yang mendengarkan radio di sela-sela waktu kerjanya sambil tiduran di atas becaknya. Dari situ kita ketahui bahwa pesawat radio tetap bisa didengarkan tanpa menggunakan listrik, namun memanfaatkan energi batu baterai. Sifat audio dari sebuah radio memiliki kelebihan karena dengan begitu, radio tetap bisa dinikamti tanpa harus terfokus pada siaran radio saja. Kita bisa mendengarkan radio sambil melakukan aktifitas, sambil tiduran, ataupun sebagai backsound disaat kita berkumpul dan berbincang dengan teman-teman. Disamping itu, seorang pendengar radio bisa berimajinasi terhadap suara yang ditimbulkan oleh radio.

Misalnya pada siaran sandiwara radio, atau pada lagu, pendengar bisa dengan asyiknya membayangkan video klip dari lagu tersebut sesuai dengan keinginannya. Keunggulan lain radio adalah radio bisa berfungsi sebagai teman atau sahabat bagi pendengarnya karena pada saat on air seorang penyiar selalu menyapa pendengarnya secara perseorangan.

 

B. Tujuan

  1. Untuk mengetahui apakah anak muda bisa menerima berita yang disajikan Radio PTPN Rasitania, khususnya pada program FOKUS (InFO KUSus).
  2. Untuk mengetahui peran jurnalistik pada Radio PTPN Rasitania.
  3. Untuk mengetahui apakah dengan adanya FOKUS yang memuat berita, Radio PTPN tetap bisa memberikan informasi-informasi teraktual namun tidak meninggalkan porsi hiburan pada anak muda.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Jurnalistik

Jurnalistik berasal dari kata journal atau du jour yang berarti hari. Sedangkan dalam bahasa Inggris, journal berarti majalah; surat kabar; diary (buku harian). Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, jurnal diartikan sebagai catatan harian; surat kabar harian.

Peran dan Fungsi Data Berita

Dalam penyampaiannya, materi-materi berita mempunyai peran dan fungsi sebagai berikut :

  1. to Inform (memberikan informasi)
  2. to Eeducate (mendidik)
  3. to Entertain (menghibur)
  4. to Iinfluence (mempengaruhi)

 

Sumber-sumber Berita Radio

Pada dasarnya siapapun dan di manapun dapat menjadi dan terdapat sumber-sumber berita. Persoalannya hanyalah pada kelayakan dari segi nilai berita dan cara memperolehnya. Secara khusus, berita radio mempertimbangkan kelayakan peristiwa dari segi kepentingan individual atau target audience yang dituju.

 

D. Kesimpulan

  1. Jurnalistik tidak membuat Radio PTPN Rasitania yang memiliki positioning anak muda ditinggalkan pendengarnya.
  2. Jurnalistik bahkan menjadi nilai tambah bagi radio dengan positioning anak muda.
  3. Dengan adanya FOKUS yang memuat berita, Radio PTPN bias memberikan informasi-informasi teraktual namun tetap memberikan hiburan pada anak muda.

 

E. Saran

  1. Mempertahankan format acara yang telah dipilih dan dijalankan selama Karena dengan tetap mempertahankan acara-acara yang mengandung budaya, pendidikan, pengetahuan, dan informasi-informasi yang lain secara tidak langsung Radio PTPN mengajak anak muda untuk tetap mencintai kebudayaan, belajar, tidak ketinggalan informasi terbaru, sekaligus mendapatkan hiburan.
  2. Selalu menjaga hubungan baik dengan para pendengarnya. Misalnya mengadakan event-event off air yang mengacu pada kebutuhan pendengar agar Radio PTPN semakin dikenal oleh berbagai kalangan.
  3. Melakukan evaluasi pada setiap divisi untuk mengetahui keberhasilan dari acara yang disiarkan. Tidak hanya melakukan evaluasi secara Dari evaluasi tersebut manajer siaran bisa memberikan kritik dan masukan kepada penyiar acara tersebut.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Integrated Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran Terpadu) Kampoeng Batik Laweyan Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan IMC
  2. Pelaksanaan Media Relations pada PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Aktivitas Media Relation PT. Telkom Kandatel Bali
  4. Proses Pengambilan Gambar Berita Live Liputan 6 SCTV
  5. Peran Jurnalistik pada Radio PTPN Rasitania