Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Peran Humas SETDA Kabupaten Klaten dlm Pembentukan Citra Positif

Judul Skripsi : Peran Humas Setda Kabupaten Klaten dalam Pembentukan Citra Positif Pemerintah Kabupaten Klaten

 

A. Latar Belakang

Peran Public relations di perusahaan, organisasi maupun instansi tidak jauh berbeda yaitu sama- sama berhubungan dengan public entah itu public internal maupun public eksternal yang berkaitan erat dengan masalah informasi. Tetapi Public relations dalam suatu perusahaan atau organisasi lebih terlihat atau menonjol di bandingkan Public relations instansi. Hal itu disebabkan Public relations di perusahaan ataupun organiasasi keberadaannya sangat penting karena Public relations disini mempunyai wewenang untuk ikut campur tangan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan sehingga selalu dituntut untuk berfikir kreatif dan kinerja yang dilakukan bersifat mencari laba atau keuntungan. sedangkan Public relations di instansi hanya berperan untuk publikasi atau promosi kebijakan-kebijakan pemerintah tanpa ikut andil dalam pembuatan kebijakan tersebut serta keberadaanya terkesan bersifat seperti pelengkap saja.

Kegiatan – kegiatan yang dilakukan seorang Public relations atau hubungan masyarakat bertujuan untuk menyelaraskan sebuah perusahaan, organisasi maupun instansi dengan kebutuhan dan keinginan public baik public eksternal maupun public internal selain itu juga untuk memberikan pengertian yang menimbulkan citra atau kesan yang positif dimata masyarakat. Hal itu dikarenakan fungsi dan tugas pokok Public relations atau hubungan masyarakat adalah sebagai image builder (pembangun citra) dari sebuah organisasi atau lembaga tertentu.

 

B. Tujuan

  1. Menerapkan teori Public relations yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan dengan praktek kerja terutama di bidang Tehnik Penulisan Humas
  2. Mengetahui usaha-usaha Humas Setda Klaten dalam pembentukan citra positif Pemerintah Kabupaten Klaten.
  3. Meningkatkan dan memperluas ketrampilan serta kemampuan penulis sebagai bekal memasuki lapangan kerja .

 

C. Landasan Teori

Definisi Hubungan Masyarakat/Public Relations

Hubungan masyarakat (Humas) atau Public relations (PR) mempunyai beragam definisi yang dikemukankan oleh para praktisi Public relations. Hal itu di didasari karena perbedaan sudut pandang mereka terhadap pengertian Public relations atau humas. Definisi hubungan masyarakat atau Public relations menurut JC. Seidel, Direktur PR, Division of Housing, State New York yang diambil dari buku karangan Soleh Soemirat & Elvinaro Ardianto, 2004:12 Public relations adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill (kemauan baik) dan pengertian dari public.

Tugas Hubungan Masyarakat/ Public Relations

Beberapa Tugas Public relations adalah:

  1. Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis maupun gambar supaya publik mengetahui tentang perusahaan,organisasi maupun instansi tentang tujuan serta kegiatan yang dilakukan oleh organisasi, perusahaan maupun instansi tersebut.
  2. Memonitor, merekam dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum atau masyarakat.
  3. Menciptakan citra positif organisasi, perusahaan maupun instansi
  4. Mendukung kegiatan komunikasi timbal balik dua arah dengan berbagai pihak.

Pembentukan Citra

Kegiatan – kegiatan yang dilakukan Humas Setda Klaten tidak lepas dari usaha untuk memberikan informasi kepada publik tentang kebijakan,rencana-rencana strategis pemerintah dalam hal pelaksanaan aturan dan perundang- undangan. Dengan tujuan yang mengarah pada timbulnya kepercayaan public terhadap Pemerintah Kabupaten Klaten, sehingga terbentuk citra yang positif dan tercipta hubungan yang harmonis antara kedua belah pihak.

 

Pelaksanaan Kuliah Kerja Media

Kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) dilaksanakan oleh penulis di Humas Setda Pemerintah Kabupaten Klaten yang terletak di Jalan Pemuda Nomor 294 Klaten 57424 selama 1,5 (satu setengah) bulan mulai tanggal 27 Januari 2009 – 15 Maret 2009.

Kegiatan- kegiatan yang dilakukan penulis selama Kuliah Kerja Media(KKM) pada Sub Bag Informasi Publikasi dan Dokumentasi Humas Setda Klaten untuk mendapatkan informasi yang lengkap dalam penyusunan laporan tugas akhir. Selama 1,5 bulan pelaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) penulis mengalami beberapa kendala atau hambatan.

 

E. Kesimpulan

  1. Menanggapi pemberitaan media massa terutama yang bersifat negatif serta menjawab surat pembaca tentang Pemerintah Kabupaten Klaten
  2. Membuat press release, konferensi press bahkan wisata press ke obyek yang telah ditentukan.
  3. Mengikuti pameran untuk promosi potensi daerah.
  4. Menjalin kemitraan dengan media massa lain.
  5. Membuat dokumentasi kegiatan pemerintah berupa foto dan film movie.
  6. Memberikan pelayanan informasi mobil di tempat- tempat strategis, banyak orang pada waktu-waktu tertentu.
  7. Koordinasi dengan lembaga terkait atau lembaga Humas Pemerintah di bidang kehumasan.
  8. Menyelenggarakan penyiaran informasi daerah dengan RSPD.
  9. Mengadakan kerjasama dan monitoring dengan stasiun radio
  10. Melakukan pelayanan informasi melalui pemutaran film.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Aktifitas Customer Service di Rs. Pku Muhammadiyah Surakarta
  2. Proses Pembuatan Naskah Berita Radio Trijaya Fm Yogyakarta
  3. Perancangan Desain Buku dan Media Promosi Buku Kumpulan Puisi Karya Vinna Mei Astuti
  4. Persepsi Menonton Tayangan Talk Show Bukan Empat Mata di Trans7
  5. Peran Customer Relations Food & Beverage di Grand Orchid Hotel Solo