Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Pelaksanaan Media Relations pd PT. Telkom Kandatel Solo

Judul Skripsi : Pelaksanaan Media Relations pada PT. Telkom Kandatel Solo

 

A. Latar Belakang

Perkembangan public relations mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kemajuan-kemajuan dalam berbagai bidang. Kemajuan tersebut sekaligus merupakan kekuatan-kekuatan dalam masyarakat. Atas dasar kepentingan itu, yaitu tercapainya tujuan, baik di bidang industri, teknik, politik, ekonomi, sosial dan budaya membutuhkan kerja sama demi kepentingan bersama. Tetapi dibalik kemajuan itu dapat menimbulkan masalah-masalah baru yang dapat menghalangi tujuan di berbagai bidang tersebut.

Dalam hal ini public relations memiliki sejumlah program serta jalan keluar untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi pada perusahaan agar tidak berdampak buruk. Disamping itu tetap mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh publik sehingga dapat memberikan kepuasan.

 

B. Tujuan

  1. Untuk mengetahui bagaimana dan sebatas mana peranan Public Relations di PT. Telkom Kandatel Solo dalam melaksanakan media relations.
  2. Untuk mengetahui bagaimana teknik-teknik media relations dalam public relations Telkom Kandatel Solo.
  3. Untuk mengetahui langkah-langkah media relations yang dilakukan oleh Public Relations PT. Telkom Kandatel Solo.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Public Relations

Istilah Public Relations dalam pengertian sekarang lahir di Amerika Serikat. Lahirnya public relations seperti yang dipraktekkan sekarang ialah karena adanya kemajuan-kemajuan dalam berbagai bidang itu. Hal ini menimbulkan berbagai definisi yang berbeda dari beberapa para ahli. Menurut survey yang diadakan di Amerika Serikat 2000 orang terkemuka dalam bidang tersebut telah mengemukakan definisi mereka tentang public relations dan dari definisi-definisi yang mereka sampaikan diataranya terdapat anggapananggapan, bahwa public relations itu adalah suatu ilmu, suatu sistim, seni, fungsi, proses, profesi, metoda, kegiatan, dsb.

 

Definisi Media Relations

Dalam kepustakaan lama tentang humas atau public relations (PR), istilah yang umum dipergunakan untuk hubungan dengan media ini adalah press relations atau hubungan pers. Istilah pers sendiri juga sering diidentikkan dengan media cetak. Bahkan banyak kegiatan dalam media relations menekankan betul pada penjalinan hubungan baik dengan media cetak tersebut. Namun sebenarnya bukan hubungan dengan pers melainkan dengan media.

 

Media Siaran

Siaran radio mempunyai kemampuan menjangkau pendengar di segenap penjuru tanah air tanpa kesulitan karena letak geografis maupun jarak siaran radio, dapat diikuti oleh sebagian besar penduduk. Apalagi sejak dikembangkannya transistor, penyebaran radio di Indonesia semakin meningkat.

 

D. Kesimpulan Skripsi

Selama melakukan kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) di PT. Telkom Kandatel Solo, penulis mendapatkan banyak pengetahuan serta pengalaman baru yang tidak didapat di bangku kuliah. Selama magang, penulis ditempatkan di Sekretariat dimana kantor GM dan Purel PT. Telkom Kandatel Solo berada.

Disinilah penulis mendapatkan bimbingan mengenai bagaimana menangani kegiatan surat-menyurat sampai mempersiapkan penyelenggaraan rapat bersama karyawan lainnya.

Dalam hal ini, PT. Telkom Kandatel Solo memiliki beberapa program Media Relations seperti Press Release, Press Conference, Publikasi di Media Massa, Wawancara Tertulis, Program Halo-Surakarta, dan Kunjungan ke Media (Come To You). Dan dalam pelaksanaan magang penulis berkesempatan untuk mengikuti salah satu program media relations yaitu Program Halo-Surakarta yang berisi tentang interaksi langsung dengan pelanggan dan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, berupa keluhan ataupun usulan yang disiarkan lansung melalui radio PTPN disamping itu pihak media selalu siap apabila dibutuhkan oleh pihak PT. Telkom Kandatel Solo untuk mengambil data atau berita yang perlu disiarkan. Sebagai contohnya ketika pihak dari radio RRI datang untuk mengambil berita mengenai Ulang Tahun Sewindu SEKAR Telkom. Disinilah penulis dapat melihat bahwa pelaksanaan media relations di PT. Telkom Kandatel Solo berjalan dengan baik serta pihak perusahaan dengan pihak media saling membutuhkan demi mendukung pencapaian tujuan masing-masing. Kegiatan KKM ini sangat memberikan dampak yang positif dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang menuntut profesionalisme. Selama sebulan magang, tidak menutup kemungkinan penulis menghadapi kendala dalam melakukan suatu pekerjaan. Namun penulis diajarkan untuk dapat bertanggung jawab dalam memperbaiki kesalahan yang sudah dilakukan sebelumnya.

 

E. Saran

Dalam pelaksanaan magang, mahasiswa kurang mengetahui cara kerja diperusahaan karena apa yang diajarkan sewaktu kuliah berbeda dengan di lingkungan kerja. Karena itu, diharapkan pihak PT. Telkom Kandatel Solo dapat lebih memperhatikan mahasiswa agar selama magang mahasiswa benar-benar dapat mengetahui bagaimana cara kerja dan apa saja yang harus dilakukan untuk mendukung program studi yang diambil. Seperti bagaimana menjalankan job description seorang praktisi PR yang sesungguhnya. Karena peran public relations kurang berjalan di PT. Telkom Kandatel Solo dan kurangnya pemahaman terhadap batasan kerja PR. Dan diharapkan divisi public relations dapat berdiri sendiri agar dapat lebih fokus terhadap program public relations yang dinilai sangat penting peranannya di perusahaan.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Integrated Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran Terpadu) Kampoeng Batik Laweyan Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Imc
  2. Pelaksanaan Media Relations pada PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Aktivitas Media Relation PT. Telkom Kandatel Bali
  4. Proses Pengambilan Gambar Berita Live Liputan 6 SCTV
  5. Peran Jurnalistik pada Radio PTPN Rasitania