Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Mekanisme Kerja Divisi Kreatif dlm Event Absolute Thanks To Indonesia

Judul Tesis :  Tugas dan Mekanisme Kerja Divisi Kreatif dalam Event Absolute Thanks To Indonesia pada CV. FRONTLINE INDONESIA

 

A. Latar Belakang

Pesatnya perkembangan dunia bisnis pada saat ini mengharuskan setiap pelaku usaha untuk bersaing dengan sangat ketat. membanjirnya produk-produk baru mengakibatkan semakin ketatnya persaingan diantara para pelaku bisnis, masyarakat pun semakin selektif dalam memilih produk yang akan digunakanya. Semakin ketatnya persiangan membuat para pengelola bisnis melihat dengan sangat jelinya dengan keunggulan produk dalam perusahaanya,dan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya setiap celah dan peluang pasar yang ada untuk memperoleh hasil yang maksimal, sehingga menempatkan produknya dalam posisi yang utama. Untuk dapat mempertahankan posisinya, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat menemukan inovasi baru sebagai strategi kreatifnya, salah satunya dalam bidang promosi produknya karena dengan melakukan promosi produk merupakan salah satu upaya mempertahankan keunggulan produk dan merebut pangsa pasar yang dituju.

Sebuah promosi suatu produk yang akan dibuat bukan hanya memuat informasi yang akan disampaikan kepada konsumen, tetapi harus dapat menunjukkan keunggulan yang dimiliki sebuah produk dan menutup kelemahan yang dimilikinya. Dalam kata lain, sebuah produk tidak ada gunanya jika konsumen tidak mengenal produk tersebut.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Penulis ingin mengetahui tugas dan tanggung jawab pada divisi kreatif CV frontline Indonesia yang bergerak di bidang EO dalam menyusun sebuah acara yang menarik bagi khalayak.
  2. Penulis ingin belajar bagaimana menjadi sebuah Event Organizer dan menambah wawasan penulis dalam bidang entertainment.
  3. Sebagai syarat untuk melengkapi kurikulum dalam program D3 Komunikasi Terapan.

 

C. Tinjauan Pustaka

Sekilas tentang Event Organizer (EO)

Bersamaan dengan maraknya Event Organizer (EO) di berbagai daerah, secara alamiah terjadi segmentasi EO. Ada EO yang memberikan jasa vendor kepada suatu perusahaan, Ada yang mengkhususkan diri pada acara anak-anak, ada yang menjadi spesialis dalam acara pernikahan atau kegiatan korporasi. Tapi sebenarnya apa Event Organizer atau yang sering disebut EO itu? Event Organizer (EO) adalah sebuah jasa yang bertujuan untuk mempermudah orang menyelenggarakan sebuah acara yang teroganisir dengan baik dan lancar, tetapi bukan hanya itu EO juga sebagai brand activation.

Pengertian Divisi Kreatif

Pengertian kreatif menurut bahasa adalah menciptakan sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya. Karena menghasilkan sesuatu yang bersifat kreatif itu bentuk akhirnya akan mempunyai ciri-ciri kebaruan dan keunikan, meskipun unsur-unsur dasarnya sudah ada sebelumnya. Definisi lain adalah proses yang darinya terlahir produk baru yang disenangi masyarakat atau diterima sebagai sesuatu yang bermanfaat. (Firman, 2006 : 25).

 

D. Kesimpulan

  1. Piimpinan Front Line mendapat tawaran kerja dari klien.
  2. Pimpinan menawarkan bentuk acara yang sesuai dengan produk yang di miliki oleh klien (musik, kegiatan olah raga, pameran dll), apa sarana dan prasarana yang di butuhkan,dan menentukan tanggal pelaksanaan.
  3. Jika di setujui oleh klien, pimpinan menyampaikan ide-ide dari klien kepada diivisi kreatif. Di sini, divisi kretif mulai bekerja keras dalam menggambarkan desain ide yang disampaikan tersebut, sesuai dengan target waktu yang telah di tentukan. Divisi kreatif membuat desain untuk publikasi (sesuai permintaan klien) dan desain layout untuk acara.

 

E. Saran

  1. Kurangnya kejelasan dalam menyampaikan ide
  2. Kurangnya fasilitas sarana dan prasarana.
  3. Kurangnya rentang waktu persiapan dan pelaksanaan

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Tugas dan Mekanisme Kerja Divisi Kreatif dalam Event Absolute Thanks To Indonesia Pada CV. FRONTLINE INDONESIA
  2. Produksi Acara Pemuda ( Peringkat Musik Persada ) Di Radio Metta Fm
  3. Image Building UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peranan Humas Universitas Sebelas
  4. Peran Humas Pemerintahan Melalui Kegiatan Internal dan Eksternal di Dinas Perhubungan
  5. Proses Kerja Divisi Media di Octa Mitra Media Advertising Service