Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Laporan Keg. Kuliah Kerja Media 2007 Proses Pembuatan Naskah Berita

Judul Skripsi : Laporan Kegiatan Kuliah Kerja Media 2007 Proses Pembuatan Naskah Berita Radio Trijaya FM Yogyakarta

 

A. Latar Belakang

Media sampai saat ini masih di asumsikan sebagai alat informasi yang ampuh dalam mengubah sikap dan perilaku khalayak. Media sebagai salah satu saluran budaya atau informasi kepada masyarakat tidak di manipulasikan untuk kepentingan tertentu. Setidaknya informasi itu menekankan kualitas budaya yang benar-benar menjadi milak nasional.

Radio merupakan media auditif atau istilahnya media selintas dengar, tetapi murah, merakyat, dan bisa di bawa atau didengarkan di mana-mana. Radio berfungsi sebagai media ekspresi, komunikasi, informasi, pendidikan, dan hiburan. Radio memiliki kekuatan terbesar sebagai media imajinasi, sebab sebagai media yang buta, radio menstimulasi begitu banyak suara, dan berupaya memvisualisasikan suara penyiar ataupun informasi faktual melalui telinga pendengarnya.

 

B. Rumusan Masalah

“Bagaimana sebuah proses pembuatan naskah berita di Radio Trijaya FM Yogyakarta?”

 

C. Landasan Teori

Mengenali Radio

Media Radio siaran memiliki banyak sifat yang tidak di miliki oleh media yang lainnya. Sifat tersebut ada yang positif, namun banyak pula yang negatif. Sebuah kesuksesan akan di dapatkan jika bermitra dengan radio dan mampu memanfaatkan sifat-sifat positif dari radio. Intinya, segala hal yang kita sampaikan di radio akan lebih efektif dan tepat sasaran.

Personal

Hampir setiap radio punya kelompok pendengar. Istilah kerennya fans club. Sebaliknya, sangat jarang ada Koran atau TV, yang mempunyai fans club. Jarang juga kita dengar ada acara off air atau copy darat atau jumpa fans antara presenter televise atau pengelola media cetak dengan pemirsa atau pembacanya. Tetapi hampir semua radio, melakukan hal itu secara rutin.

Jenis Lagu

Banyak radio yang memulai menentukansegmennya dengan jenis lagu. Lagu pop, dangdut, lokal, daerah atau barat, mandarin atau India. Mereka lebih dulu menetukan lagu apa yang akan dipilih, baru kemudian menetapkan segmen pasarnya. Istilahnya, lagu akan menjadi pancingan agar pendengar dengan segmen tertentu mau mendengarkan radionya. Barulah setelah itu, mereka tetapkan segmennya itu.

 

E. Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat di tarik oleh penulis pada laporan Kuliah Kerja Media (KKM) ini diantaranya adalah, Radio Trijaya FM Yogyakarta adalah stasiun radio berjaringan yang mengkhususkan berita dan informasi sebagai program utamanya. Radio Trijaya FM Yogyakarta ber-segmen eksekutif muda, dimana Radio Trijaya FM Yogyakarta mempunyai dukungan modal yang kuat dan akses iklan yang besar serta memanfaatkan teknologi digital.

 

E. Saran

  1. Pertahankan kualitas dan aktualitas berita dan informasi, tetapi di dalam reportase diusahakan saat membuat klip jangan terlalu berisik, karena kadangkadang masih ada suara yang mengganggu dan masuk pada saat reportase. Menjadikan informasi yang di terima khalayak kurang jelas.
  2. Menambah beberapa fasilitas radio untuk efisiensi kerja, seperti komputer, supaya dalam penggunaannya tidak berebut. Dan didalam perawatan alat-alat siar di usahakan semaksimal mungkin agar di setiap siaran tidak ada gangguan.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Aktifitas Customer Service di Rs. Pku Muhammadiyah Surakarta
  2. Proses Pembuatan Naskah Berita Radio Trijaya Fm Yogyakarta
  3. Perancangan Desain Buku dan Media Promosi Buku Kumpulan Puisi Karya Vinna Mei Astuti
  4. Persepsi Menonton Tayangan Talk Show Bukan Empat Mata di Trans7
  5. Peran Customer Relations Food & Beverage di Grand Orchid Hotel Solo