Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Integrated Marketing Communication

Judul Skripsi : Integrated Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran Terpadu) Kampoeng Batik Laweyan Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan IMC Kasus di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta Oleh Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan)

 

A. Latar Belakang

Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan suatu keterpaduan dari komunikasi pemasaran yang erat kaitannya dengan komunikasi. Keberhasilan suatu daerah dalam memasarkan keunggulan dan potensi di daerahnya tergantung dari cara penyampaian pesan-pesan kepada masyarakat, tanpa adanya komunikasi, maka masyarakat tidak dapat mengetahui dan mengenal produk yang ditawarkan oleh suatu daerah. Agar tujuan komunikasi tersebut dapat tersampaikan dengan baik pada masyarakat, diperlukan pesan yang tepat sasaran dan mudah diterima oleh masyarakat.

Dengan diterapkannya Komunikasi Pemasaran Terpadu di Kampoeng Batik Laweyan maka masyarakat dari berbagai daerah dapat mengetahui kebaradaan Kampoeng Batik Laweyan, dapat mengetahui potensi dan keunggulan wisata yang ada di Kampoeng Batik Laweyan dan kemudian tertarik untuk datang dan berkunjung ke Kampoeng Batik Laweyan.

 

B. Perumusan Masalah

”Bagaimana implementasi Integrated Marketing Communications (Komunikasi Pemasaran Terpadu) Kampoeng Batik Laweyan yang dilakukan oleh Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan?”

 

C. Landasan Teori

Pariwisata

Menurut Kodhat: ”Wisata adalah perjalanan dan persinggahan yang dilakukan oleh manusia di luar tempat tinggalnya untuk berbagai maksud dan tujuan, tetapi bukan untuk disinggahi atau untuk melakukan pekerjaan dengan mendapatkan upah”. (Desky, 2001: 6).

Komunikasi

Kata komunikasi berasal dari kata dalam bahasa Latin communis, yang berarti “sama”. Komunikasi kemudian dapat dianggap kesatuan pemikiran antara pengirim dengan penerima. Kunci utama dari definisi ini adalah diperlukan kesamaan pemikiran yang dikembangkan antara pengirim dan penerima jika diharapkan terjadi komunikasi. (Shimp, 2000:162). Definisi yang hampir sama dengan definisi tersebut diungkapkan oleh Effendy (2006:9) bahwa istilah komunikasi yang dalam bahasa Inggris disebut communication berasal kata Latin communicatio yang bersumber dari kata communis yang berarti ”sama”. Sama di sini maksudnya adalah sama makna.

Promosi penjualan (sales promotion)

Institute of Sales Promotion dalam Cummins (1991:11) memberikan definisi promosi penjualan (sales promotion) sebagai serangkaian teknik yang digunakan untuk mencapai sasaran-sasaran penjualan dan pemasaran dengan penggunaan biaya yang efektif, dengan memberikan nilai tambah pada produk atau jasa baik kepada para perantara maupun pemakai langsung, biasanya tidak dibatasi dalam jangka waktu tertentu.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini adalah sebuah penelitian Studi Kasus Tunggal Terpancang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tidak terlibat (nonparticipant observation), wawancara dan dokumen. Adapun langkahlangkah analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

 

E. Kesimpulan

  1. Kawasan Laweyan sejak dahulu dikenal sebagai pusat industry Batik dan pernah mengalami masa kejayaan pada era tahun Setelah masa kejayaan Batik berakhir, Laweyan mengalami degradasi sehingga Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan yang beranggotakan masyarakat Laweyan memiliki gagasan untuk melakukan tindakan penyelamatan kawasan dengan membentuk Laweyan sebagai daerah tujuan wisata dengan nama Kampoeng Batik Laweyan.
  2. Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan telah menerapkan Integrated Marketing Communication melalui sarana : Personal selling, promosi penjualan, public relations, eksibisi, corporate identity, internet melalui website.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Integrated Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran Terpadu) Kampoeng Batik Laweyan Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan Imc
  2. Pelaksanaan Media Relations pada PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Aktivitas Media Relation PT. Telkom Kandatel Bali
  4. Proses Pengambilan Gambar Berita Live Liputan 6 SCTV
  5. Peran Jurnalistik pada Radio PTPN Rasitania