Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Fungsi dan Tugas Humas di Kantor Sekretariat DPRD

Judul Skripsi : Fungsi dan Tugas Humas di Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surakarta

 

A. Latar Belakang

Mengingat pentingnya fungsi dan tugas – tugas humas maka tidak hanya lembaga swasta saja yang memerlukan peran seorang humas akan tetapi juga pada lembaga pemerintahan, karena adanya suatu keharusan fungsional dalam rangka penyebaran informasi tentang kebijakan, program dan kegiatan – kegiatan lembaga pemerintah kepada masyarakat. Salah satunya adalah di Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta.Penulis memilih melaksanakan Kuliah Kerja Media (KKM) yang di laksanakan dalam 2 (dua) bulan pada lembaga pemerintahaan dalam hal ini adalah Kantor Sekretariat DPRD Kota Surakarta, karena Penulis ingin melihat dan mengetahui secara langsung kegiatan humas yang dijalankan di Kantor Sekretariat DPRD Kota Surakarta dalam melaksanakan fungsi dan tugas – tugas humas dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu juga, karena seringnya masyarakat yang selalu mempunyai image negative tentang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang ternyata tidak semuanya benar.

Pada dasarnya Sekretariat DPRD Kota Surakarta mempunyai tugas melayani serta membantu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta dalam menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat. Karena pentingnya fungsi dan tugas humas dalam sebuah instansi, maka di bentuklah bagian Humas di Kantor Sekretariat Dewan (Setwan) Kota Surakarta pada Januari 2009. Walaupun tergolong baru, tetapi humas di kantor Sekretariat Dewan kota Surakarta berusaha untuk memaksimalkan tugas – tugasnya dalam menjalankan fungsi – fungsi humas guna memberikan informasi yang benar mengenai tugas, kegiatan anggota dewan serta segala sesuatu yang berhubungan dengan DPRD kota Surakarta termasuk kebijakan – kebijakan DPRD Kota Surakarta untuk masyarakat Surakarta pada khususnya untuk mencegah timbulnya persepsi dalam masyarakat mengenai anggota Dewan yang tidak serius menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

 

B. Tujuan

  1. Untuk memenuhi syarat untuk memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md) di bidang Komunikasi terapan kosentrasi Public Relation
  2. Menerapkan ilmu, teori serta praktek yang telah di berikan pada masa perkuliahan dalam dunia kerja.
  3. Memperoleh perbandingan antara teori yang di peroleh dengan penerapannya dalam dunia kerja.

 

C. Tinjauan Pustaka Skripsi

Definisi Humas

Public Relation atau Hubungan Masyarakat (Humas) mempunyai beberapa definisi. Banyak sekali praktisi Public relation atau Humas yang mengemukakan definisi Humas menurut pendapat dan pengertiannya masing – masing di antaranya :

  1. Humas adalah sesuatu yang merangkum keseluruhan komunikasi yang terencana, baik ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan. (Frank Jefkins, 1992:9).
  2. Humas dapat diartikan sebagai suatu kegiatan untuk menanamkan pengertian guna memperoleh goodwill, kerjasama dan kepercayaan untuk mendapat dukungan dari pihak lain. ( A. W. Widjaja, 1993:55)

Proses Humas

Pelaksanaan tugas humas tidak hanya begitu saja di lakukan melainkan melalui proses – proses yang mana akan mempermudah pelaksanaan tugas humas itu sendiri. Karena suatu program humas itu harus berdasarkan fakta bukan hanya asumsi. Berikut ini adalah empat langkah yang bisa dilakukan dalam proses hubungan masyarakat sebagaimana dikemukakan oleh Cultip dan Center dalam buku Manajemen Public Relations yang ditulis oleh Rhenald Kasali :

  1. Definisikan Permasalahan
  2. Perencanaan dan Program
  3. Aksi dan Komunikasi
  4. Evaluasi dan Program

Humas Pemerintah

Humas di lembaga pemerintah harus bisa menjaga citra positif lembaga terutama di mata masyarakat. Adanya humas dalam pemerintahan merupakan sebuah keharusan dan kebutuhan. Karena dengan adanya humas dalam sebuah instansi akan mempermudah jalannya interaksi du arah antara pemerintah dengan masyarakat. Humas di pemerintahan bertugas untuk menyampaikan informasi mengenai aktivitas sebuah instansi tersebut kepada publik. Humas di lembaga pemerintah itu tidak sama seperti humas di lembaga swasta.

 

E. Kesimpulan

  1. Penerapan tugas – tugas humas yang dilakukan di Kantor Setwan pada dasarnya sama dengan ilmu yang telah penulis dapatkan selama masa perkuliahan. Sehingga dapat digunakan penulis sebagai pengalaman apabila nanti terjun ke dunia kerja.
  2. Pelaksanaan fungsi dan tugas humas yang dijalankan di kantor Setwan sudah berjalan dengan baik meskipun baru dibentuk pada bulan Januari 2009, meskipun masih ada beberapa kekurangan namun itu dapat di benahi sambil berjalan, sehingga pekerjaan humas dapat dimaksimalkan.

 

E. Saran Skripsi

  1. Kepada Kantor Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kota Surakarta
    1. Lebih mengoptimalkan tugas dan fungsi humas, agar tujuan serta penyampaian informasi kepada masyarakat dapat tercapai dengan
    2. Melengkapi peralatan kantor, untuk menunjang dan memaksimalkan kinerja humas.
  2. Kepada Program Diploma III Program Studi Public Relations Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret
    1. Lebih memperbanyak mata kuliah yang bersifat praktek, agar mahasiswa dapat menerapkan secara langsung ilmu yang di dapat.
    2. Sering mengadakan kunjungan kerja ke instansi – instansi lain agar mahasiswa mengetahui secara nyata penerapan ilmu yang di berikan saat kuliah dan membandingkan dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Aktifitas Customer Service di Rs. Pku Muhammadiyah Surakarta
  2. Proses Pembuatan Naskah Berita Radio Trijaya Fm Yogyakarta
  3. Perancangan Desain Buku dan Media Promosi Buku Kumpulan Puisi Karya Vinna Mei Astuti
  4. Persepsi Menonton Tayangan Talk Show Bukan Empat Mata di Trans7
  5. Peran Customer Relations Food & Beverage di Grand Orchid Hotel Solo