Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Aktivitas Media Relation PT. Telkom Kandatel Bali

Judul Skripsi : Aktivitas Media Relation PT. Telkom Kandatel Bali

 

A. Latar Belakang

Praktek Kerja Lapangan ini penting dilakukan oleh calon Public Relation (PR) yang sebagaimana penulis akan menjadi Public Relation Officer (PRO) nantinya agar ia dapat lebih baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya dikemudian hari, maka diperlukan pelatihan atau KKM seperti ini. Penulis melakukan KKM di PT.Telkom Kandatel Bali ini dengan alasan agar mengetahui kinerja dan fungsi PR dalam perusahaan yang khusus menangani di bidang pelayanan jasa dan komunikasi, agar sesuai dengan jurusan penulis yang sedang dipelajari. Dengan mengamati kinerja PR pada PT.TELKOM secara langsung, penulis diharapkan mendapat wawasan teori dan wawasan kerja atau praktek dapat diperoleh secara seimbang.

Dalam perkembangan ini, berbagai tantangan dan perubahan yang luar biasa cepat terjadi di era globalisasi dan informasi yang semakin terbuka dan ditambah dengan membanjirnya informasi melaui berbagai media komunikasi serba canggih, cepat dan akurat. Dengan semakin pesatnya perkembangan di bidang telekomunikasi, PT.Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa telekomunikasi selalu mengembangkan sayapnya di berbagai kota di Indonesia termasuk di Bali. Dengan adanya usaha mengembangkan jaringan, maka secara otomatis PT.Telkom tertuntut juga untuk meningkatkan kualitas pelayanannya secara terpadu dan memberikan segala macam bentuk kemudahan berkomunikasi kepada khalayak.

 

B. Tujuan

  1. Guna memenuhi persyaratan kelulusan program Diploma III Komunikasi Terapan Studi Public Relations Fakultas llmu Sosial dan, Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. Menghasilkan mahasiswa Universitas Sebelas Maret khususnya Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Public Relations yang berkualitas, terdidik terlatih, dan terampil serta memiliki wawasan dibidang kehumasan baik teori maupun praktek secara nyata.
  3. Membina hubungan kemitraan antara perguruan tinggi dan perusahaan.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Public Relations

PR merupakan suatu profesi yang menghubungkan antara lembaga atau organisasi dengan publiknya yang ikut menentukan kelangsungan hidup lembaga tersebut. Karena itu PR berfungsi menumbuhkan hubungan baik antara segenap komponen, memberikan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi. PR pada dasarnya menciptakan kerjasama berdasarkan hubungan baik dengan publik. Dalam PR dibedakan dua macam publik yang menjadi sasaran yakni publik internal dan eksternal.

Tugas dan Fungsi Public Relation

Tujuan adalah ”membentuk goodwill, toleransi (tolerance), saling kerjasama (mutual understanding) dan saling menghargai (mutual appreciation) serta memperoleh opini public yang favorable, image yang tepat berdasarkan prinsip-prinsip hubungan yang harmonis baik hubungan kedalam (internal relations) maupun hubungan keluar (external relations)” (Ruslan, 1999:31) Bonar (1987:21) merumuskan tujuan PR adalah :

  1. Public understanding (pengertian publik)
  2. Public confidence ( kepercayaan publik)
  3. Public support (dukungan publik)
  4. Public cooperation (kerjasama publik)

 

Aktivitas Public Relations

Aktivitas public relations harus selaras dengan tujuan perusahaan, terutama mengenai hal-hal yang ingin dicapai oleh manajemen dalam aktivitasnya. Kapan aktivitas public relations dilakukan, kembali kepada kebijaksanaan perusahaan apa yang ingin dicapai dalam aktivitasnya tersebut. Pada prinsipnya aktivitas public relations untuk meningkatkan citra perusahaan, tetapi juga harus dipertimbangkan tujuan-tujuan khusus yang disesuaikan dengan tujuan perusahaan.

 

D. Kesimpulan

Setelah penulis mengikuti praktek kerja lapangan di bagian Humas PT.Telkom Kandatel Bali dan dari hasil laporan praktek kerja lapangan selama tiga bulan penuh, dapatlah penulis simpulkan hasil laporan penulisan praktek kerja lapangan ini bahwa peran Public Relations pada suatu perusahaan sangat besar. Begitu pula pada PT.Telkom Kandatel Bali sudah menjalankan perannya sesuai dengan tugas-tugasnya sebagai seorang PR. Tetapi fungsi Public Relations itu masih perlu ditingkatan lagi sehingga peran dan esistensi PR tersebut dapat terlihat jelas baik oleh masyarakat internal maupun masyarakat eksternal.

 

E. Saran

  1. Untuk Perusahaan
    1. Lebih banyak mengirimkan berita atau release kepada media untuk dimuat, karena terkadang dalam satu hari tidak terdapat berita tentang Telkom sama sekali (terkhusus Kandatel Bali.
    2. Lebih banyak menggelar event-event yang dapat memasyarakatkan program dan layanan yang Telkom miliki, sehingga masyarakat dapat lebih mengenal Layanan dan Program yang Telkom tawarkan.
  2. Untuk Fakultas
  3. Dalam membuat berita, perlu dipraktekkan dengan ahlinya karena agar tahu cara penulisan berita/release yang benar.
  4. Kurangnya teori-teori mengenai merilis berita yang diajarkan di bangku kuliah.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Integrated Marketing Communication (Komunikasi Pemasaran Terpadu) Kampoeng Batik Laweyan Surakarta (Studi Deskriptif Kualitatif Penerapan IMC
  2. Pelaksanaan Media Relations pada PT. Telkom Kandatel Solo
  3. Aktivitas Media Relation PT. Telkom Kandatel Bali
  4. Proses Pengambilan Gambar Berita Live Liputan 6 SCTV
  5. Peran Jurnalistik pada Radio PTPN Rasitania