Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Komunikasi: Aktifitas Customer Service di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta

Judul Skripsi : Aktifitas Customer Service di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta

 

A. Latar Belakang

Hampir setiap instansi atau perusahaan mempunyai divisi humas atau public relations, peranan public relations dalam perusahaan sangat penting dan vital. Peran public relations mempunyai peranan ganda, di satu pihak berupaya menjaga citra, baik terhadap lembaga atau organisasi yang diwakilinya. Disamping itu menjaga kondisi kerja diperusahaannya agar tidak tercipta masalah atau krisis dari internal. Pembentukan citra yang baik akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Dengan adanya citra yang baik diharapkan dapat menarik konsumen lebih banyak untuk memilih pelayanan yang disediakan oleh RS. PKU Muhammadiyah Surakarta. Maka dari itu peranan customer service sangatlah penting. Agar dapat menciptakan image yang baik kepada konsumen ketika pertama datang ke rumah sakit. Pengertian citra atau image adalah kesan, perasaan, gambaran diri public terhadap perusahaan; kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu objek, orang atau organisasi. Karena citra merupakan salah satu aset terpenting dari suatu perusahaan.

Public relations mempunyai kaitan yang erat dengan bagian yang lain, diantaranya dengan marketing, periklanan, sales promotion, propaganda, dan customer service. Kaitan public relations dalam mendukung kegiatan pemasaran dan pelayanan konsumen ( customer service ) dalam suatu perusahaan, yaitu menunjang suatu panduan atau strategi pemasaran yang lebih dikenal dengan marketing mix ( price, product, promotion, place ) serta menunjang pendidikan pasar ( market education ). Yaitu dengan cara menjadikan public atau masyarakat mengetahui dan mengenali keberadaan barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan yang pada akhirnya terjadi suatu bentuk umpan balik atau feed back dari publik atau masyarakatnya sesuai sasaran ( target audiens ). Untuk memperoleh itu maka sangat diperlukan kerja sama yang baik dari pemasaran, customer service sebagai pemberi informasi.

 

B. Tujuan

  1. Mempraktekkan teori – teori ilmu public relations yang telah didapat di bangku kuliah.
  2. Mengetahui sejauh mana aktifitas customer service di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta.
  3. Menganalisa bagaimana kinerja customer service yang diterapkan di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

C. Tinjauan Pustaka

Humas ( Public Relations )

Di Indonesia Public Relations lebih sering disebut dengan Humas. Namun masih banyak yang belum mengerti mengenai apa dan bagaimana Public Relations itu. Dulu orang berpikir bahwa fungsi humas hanya sekedar administratur, protokoler dan berpenampilan menarik. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kehidupan suatu organisasi memang bias dikenal banyak orang tanpa Public Relations. Namun reputasi dan kredibilitasnya bisa meningkat dengan adanya Public Relations.

 

Customer Service

Customer Service merupakan bagian dari Marketing PR sebagai perpanjangan fungsi eksternal PR. Customer Service juga berperan sebagai communicator, back-up management, and makes an good image yaitu berfungsi sebagai human relations secara garis besar antara lain menumbuh kembangkan citra positif perusahaan terhadap public eksternal atau masyarakat luas, demi tercapainya saling pengertian bagi kedua belah pihak.

 

E. Kesimpulan

  1. Dalam memberikan pelayanan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, customer service melakukan pelayanan dengan memberikan penjelasan sejelas – jelasnya kepada pelanggan agar yang membutuhkan informasi tersebut dapat menerima dengan jelas dan puas.
  2. Peranan Customer Service dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan yang mengeluh / komplain adalah menyikapi keluhan dari pelanggan dengan menyelesaikan permasalahan tersebut secara langsung, melalui penjelasan – penjelasan hingga permasalahan itu terselesaikan sampai

 

E. Saran

  1. Para petugas Customer Service yang sedang berkeliling menyebarkan angket kritik saran diharapakan membawa beberapa bolpoin. Agar pada saat pasien tidak dapat mengisikan angket dapat ditinggal. Dan nantinya akan diambil kembali oleh petugas customer service.
  2. Diharapkan di bagian customer service dapat merekrut karyawan tambahan. Agar saat karyawan yang lain sedang berkeliling ataupun sedang cuti, di counter tetap ada yang Supaya apabila ada pelanggan yang kebingungan dapat bertanya.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Aktifitas Customer Service di Rs. Pku Muhammadiyah Surakarta
  2. Proses Pembuatan Naskah Berita Radio Trijaya Fm Yogyakarta
  3. Perancangan Desain Buku dan Media Promosi Buku Kumpulan Puisi Karya Vinna Mei Astuti
  4. Persepsi Menonton Tayangan Talk Show Bukan Empat Mata di Trans7
  5. Peran Customer Relations Food & Beverage di Grand Orchid Hotel Solo