Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Kepustakaan: Pelayanan Sirkulasi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi

Judul Skripsi: Pelayanan Sirkulasi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi DIY ( Unit Badran I )

 

A. Latar Belakang

Perpustakaan sebagai pusat informasi dan masyarakat yang membutuhkan informasi ibarat dua sisi mata uang yang saling berhubungan yang tidak dapat dipisahkan. Hal itu dapat terwujud manakala perpustakaan sudah siap melayani dengan sumber informasi yang memadai. Sementara masyarakat mampu atau mau memahami, menghayati, dan memaknai pentingnya informasi dalam kesehariannya. Perpustakaan sebagai lembaga yang mengelola sumber informasi semestinya menduduki posisi kunci dalam proses pendidikan dan pelatihan yang ada, baik di lingkungan sekolah, luar sekolah, dunia kerja, maupun masyarakat pada umumnya.

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis perpustakaan, dan perpustakaan umum merupakan salah satu jenis perpustakaan. Perpustakaan umum merupakan kekuatan hidup untuk menunjang pendidikan formal dan pembelajaran sepanjang hayat (public library is a living force to support formal education and life long learning) Dady P. Rahmananta dalam kutipan buku Unesco Public Library Manifesto (1960, revisi-2000). Tujuan dari didirikannya perpustakaan umum ialah untuk membina dan mengembangkan minat baca dan belajar seumur hidup bagi masyarakat tanpa membedakan usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status dari masyarakat tersebut.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Jenis-jenis kegiatan apa sajakah yang ada pada layanan sirkulasi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi DIY Unit Badran I ?
  2. Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasi kendala tersebut ?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Badan Perpustakaan Daerah

Badan Perpustakaan Daerah adalah lembaga,instansi badan yang berkedudukan di tiap Propinsi di Indonesia yang mengelola perpustakaan (Sutarno NS, 2006:40). Sedangkan Perpustakaan Daerah sendiri memiliki pengertian yaitu suatu perpustakaan yang berkududukan di Ibu Kota Propinsi yang diberi tugas untuk menghimpun, menyimpan, melestarikan dan memperdayagunakan semua karya cetak dan karya rekam yang dihasilkan di Daerah (Pedoman Teknis Pengelolaan Karya Cetak dan Karya Rekam , 1993:53)

Sistem Pelayanan

Agar pengguna jasa perpustakaan dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan dengan baik, diperlukan sistem sirkulasi yang jelas. Sistem pelayanan sirkulasi perpustakaan ada 2, yaitu sistem pelayanan terbuka dan sistem pelayanan tertutup. Berikut ini adalah pengertiannya :

  1. Sistem layanan terbuka (Open Access Service)
  2. Sistem pelayanan tertutup (Closed Access Service)

Pelayanan Sirkulasi

Hakekatnya sebuah perpustakaan adalah mampu memberikan informasi secara lengkap dan cepat sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal tersebut tentu juga berhubungan dengan jasa yang diberikan oleh perpustakaan kepada penggunanya. Jasa pelayanan perpustakaan dapat diartikan sebagai kemudahan yang diberikan kepada pengguna untuk memperoleh informasi dari sumber informasi yang tersusun secara sistematis.

 

D. Metode Pengumpulan Data

Adapun metode yang penulis gunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah Metode pengumpulan data yaitu Metode Studi Pustaka, Metode Observasi, Metode Interview atau Wawancara, Metode Dokumentasi atau Arsip.

 

E. Kesimpulan

  1. Karena bentuk pelayanan pada bagian sirkulasi khususnya pada pelayanan peminjaman serta pengembalian yang masih manual, menjadi sebab keakuratan berbagai jenis data yang ada dalam pelayanan sirkulasi kurang. Seperti yang sering terlihat adalah sering terjadi kesalahan dalam menghitung keterlambatan denda. Bahkan petugas sering tidak tegas saat menentukan berapa jumlah denda yang seharusnya harus dibayar oleh peminjam yang terlambat mengembalikan buku.
  2. Kurang tegasnya peringatan, penagihan, serta sanksi yang diberikan kepada anggota yang terlambat mengembalikan buku. Sehingga resiko kehilangan buku tinggi.
  3. Sumber daya manusia serta ketrampilan petugas, khususnya pada pelayanan sirkulasi masih kurang.

 

Contoh Skripsi Kepustakaan

  1. Pelayanan Sirkulasi Di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi DIY ( Unit Badran I )
  2. Gedung dan Tata Ruang di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen
  3. Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  4. Kegiatan Promosi di Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Surakarta
  5. Penelusuran Informasi Melalui CD-ROM di UPT Perpustakaan Stie YKPN Yogyakarta