Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Kepustakaan: Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Judul Skripsi : Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta

 

A. Latar Belakang

Perpustakaan merupakan pusat informasi, penelitian, sumber ilmu pengetahuan, rekreasi, sebagai sarana pelestarian khasanah budaya bangsa serta memberikan berbagai layanan jasa lainnya. Selain itu, dukungan dari pemerintah yang mendirikan perpustakaan hingga ke pelosok desa sehingga masyarakat desa juga menjadi lebih pintar karena pendidikan juga sangat penting. Perpustakaan dapat diartikan maju bila di dalamnya terdapat pustakawan – pustakawan yang harus di tuntut lebih profesional dalam proses pengolahan serta pelayanan di dalam perpustakaan tersebut.

Di dalam sebuah perpustakaan terdapat salah satu ruangan yang salah satunya adalah layanan referensi (rujukan) yang merupakan tempat pelayanan pemberian bantuan secara langsung dan bersifat personal oleh perpustakaan kepada masyarakat atau user yang dilayaninya yang sedang mencari atau membutuhkan keterangan – keterangan tertentu. Di dalam layanan referensi ini banyak terdapat koleksi bahan bahan referensi maupun bahan – bahan lain.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Masalah apasaja yang timbul di dalam layanan referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta?
  2. Bagaimana cara meningkatkan kualitas pustakawan referensi dalam melayani pengguna perpustakaan di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Perpustakaan

“Perpustakaan adalah sebuah ruangan, bagian atau sub bagian dari sebuah gedung ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku, biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu serta digunakan untuk anggota perpustakaan.” (Sulistyo-Basuki, 1994: 1).

Pengertian Layanan Referensi

Di dalam ilmu perpustakaan istilah referensi berarti menunjukkan kepada sesuatu koleksi yang dapat menjawab pertanyaan yang disampaikan untuk pemakai perpustakaan. Selain itu referensi juga merupakan kegiatan layanan untuk membantu pemakai dalam menemukan informasi dengan cara menajawab pertanyaan dengan menggunakan koleksi referensi. Semua bahan bacaan itu disusun dengan sistem tertentu untuk mendapatkan informasi yang lebih khusus dapat diartikan sebagai “koleksi rujukan”.

Macam Koleksi Referensi

Macam koleksi yang ada di referensi beraneka ragam, yang terdiri dari jurnal buku, jurnal majalah dan buku-buku terbitan pemerintah, dll. Sedangkan koleksi yang berada di sirkulasi juga bermacam-macam yang terdiri dari buku pegangan mata kuliah dan lain sebagainya. Akan tetapi ada perbedaan mengenai koleksi bahan pustaka yang berada di ruang referensi dengan koleksi bahan pustaka yang berada di ruang sirkulasi.

 

D. Metode Pengumpulan Data

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data untuk membuat tugas akhir ini adalah Metode Observasi, Metode Wawancara, Metode Studi Pustaka.

 

E. Kesimpulan

  1. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta termasuk perpustakaan Perguruan Tinggi yang menghimpun, mengolah serta melestarikan pustaka atau sebagai penunjang akademik agar tercapai tujuan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Di dalam perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta sudah menggunakan sistem automasi perpustakaan yang online di jaringan internet.
  3. Koleksi-koleksi bahan pustaka yang berada pada layanan referensi (rujukan) sangat lengkap dan berbobot ilmiah

 

Contoh Skripsi Kepustakaan

  1. Pelayanan Sirkulasi Di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi DIY ( Unit Badran I )
  2. Gedung dan Tata Ruang di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen
  3. Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  4. Kegiatan Promosi di Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Surakarta
  5. Penelusuran Informasi Melalui CD-ROM di UPT Perpustakaan Stie YKPN Yogyakarta

 

Incoming search terms: