Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Kepustakaan: Kegiatan Promosi di Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Surakarta

Judul Skripsi : Kegiatan Promosi di Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Surakarta

 

A. Latar Belakang

Perpustakaan sebagai pusat informasi dan lembaga pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai penyimpanan, pendidikan, penelitian, informasi dan rekreasi kultural, juga tidak lepas dari peran masyarakat dan lingkungan sekitar. Untuk merealisasikan semua fungsi tersebut, perpustakaan harus mempunyai sumber daya manusia yang baik dan profesional, karena dengan sumber daya manusia yang baik dan professional, dapat menunjang perkembangan perpustakaan. Selain sumber daya manusia, perpustakaan juga harus dapat dengan cermat mengalokasikan dana agar dapat berfungsi dengan maksimal dan bisa dikenal oleh masyarakat.

Salah satu cara yang efektif untuk memasarkan perpustakaan adalah dengan cara promosi yaitu mengenalkan koleksi, dan fasilitas perpustakaan kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengerti akan pentingnya perpustakaan. Salah satu cara dalam mempromosikan perpustakaan yaitu dengan cara mengadakan kegiatan di perpustakaan yang melibatkan staf perpustakaan dan pemustaka.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Kegiatan apa saja yang di lakukan dalam pelaksanaan promosi dalam menumbuhkan minat pemustaka untuk datang ke perpustakaan?
  2. Bagaimana prosedur pelaksanaan yang di tempuh dalam promosi guna mencapai hasil yang diinginkan?
  3. Apasaja kendala-kendala yang di hadapi dalam melakukan promosi?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Perpustakaan

Perpustakaan adalah sebuah tempat dimana pada perkembangnnya sangat mempengaruhi pola pikir dari masyarakat, karena ledakan informasi yang menuntut masyarakat untuk aktif di dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.

Pengertian Pemustaka

Pemustaka adalah orang atau sekelompok orang, masyarakat, atau lembaga yang menggunakan segala macam koleksi, fasilitas, dan layanan perpustakaan, karena tujuan dari perpustakaan adalah untuk memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pengertian Pemasaran

Badollahi Mustofa (1996 : 3) mengatakan bahwa Pemasaran adalah kegiatan analisis, perencanaan dan pengendalian program-program yang telah di rancang secara cermat yang di buat untuk menciptakan tukar menukar sesuatu secara sukarela untuk mencapai sasaran sesuai dengan tujuan organisasi.

 

D. Metode Pengumpulan Data

Metode yang di gunakan dalam mengumpulkan data, yaitu Metode Partisipasi, Metode Wawancara, Metode Dokumentasi, Metode Studi Pustaka, Metode Observasi.

 

E. Kesimpulan

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan salah satu perpustakaan yang memiliki koleksi yang cukup lengkap, tetapi kurangnya sumber daya manusia yang mempunyai latar belakang pendidikan pemakai perpustakaan membuat kegiatan promosi perpustakaan sedikit terhambat.

Pendidikan pemakai sangat berdampak besar dalam menarik minat pemustaka, sehingga mereka mau datang ke perpustakaan dan memanfaatkan layanan serta fasilitas yabg ada di perpustakaan.

Beberapa kegiatan promosi di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta, antara lain :

  1. Menyebarkan brosur tentang perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  2. Membuat booklet tentang informasi singkat Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  3. Ceramah kepada mahasiswa baru tentang perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  4. Kegiatan talk show di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

 

Contoh Skripsi Kepustakaan

  1. Layanan Sirkulasi Bahan Pustaka Buku di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah
  2. Pengolahan Terbitan Berkala Jurnal di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta
  3. Pengadaan Buku di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  4. Pelayanan Sirkulasi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Diy ( Unit Badran I )
  5. Gedung dan Tata Ruang di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen