Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Skripsi Kepustakaan: Gedung dan Tata Ruang di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen

Judul Skripsi : Gedung dan Tata Ruang di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen

 

A. Latar Belakang

Perpustakaan merupakan sebuah ruangan, bagian, atau sub bagian dari sebuah gedung ataupun gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku, biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu serta digunakan untuk anggota perpustakaan (Sulistyo-Basuki, 1993 : 1). Adapun definisi dari perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan berupa buku (Non book material) yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya. (Ibrahim Bafadal, 2008 : 3).

Kita menyadari bahwa betapa besar peran perpustakaan dari zaman ke zaman dengan tujuan lain untuk melestarikan budaya dan memajukan ilmu pengetahuan. Dengan membaca kita dapat mengetahui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengetahui kejadian–kejadian di tempat lain, baik masa sekarang maupun masa lampau. Jadi perpustakaan dapat dikatakan sebagai pusat pengetahuan dan inti setiap program pendidikan dan pengajaran.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Mengetahui penataan ruang Kantor Perpustakaan daerah Kabupaten Sragen sudah sesuaikah dengan teori yang dipelajari?
  2. Apakah lokasi gedung di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen sudah ditempat yang strategis?
  3. Bagaimana keadaan suhu di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Gedung Perpustakaan

Pengertian gedung Perpustakaan adalah bangunan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang disimpan menurut tata susunan tertentu untuk digunakan pembaca bukan untuk dijual. Gedung selain untuk menyimpan koleksi juga untuk melindungi koleksi Perpustakaan dan sekaligus digunakan sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan pustakawan dan untuk pencarian informasi.

Kebutuhan Ruangan

Untuk mengetahui kebutuhan ruangan di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen perlu diketahui jumlah anggota. Pada tahun 2008 jumlah seluruh anggota Perpustakaan adalah 1132.38 m2. Berdasarkan Sulistyo Basuki ( 1993 : 306 ). luas lantai rata-rata pemustaka adalah 2,33 m2. Kebutuhan ruang di Perpustakaan selain untuk pengguna juga ada ruang untuk koleksi, staf dan ruang untuk keperluan lain.

Tata Ruang

Untuk memperlancar kegiatan pelayanan dan penyelesaian pekerjaan, dalam penataan tata ruang perlu diperhatikan prinsip-prinsip tata ruang sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan tugas yang memerlukan konsentrasi hendaknya ditempatkan di ruang terpisah.
  2. Bagian yang bersifat pelayanan umum hendaknya ditempatkan di lokasi yang strategis agar mudah dicapai.
  3. Penempatan perabot, seperti meja, kursi, dan rak hendaknya disusun dalam bentuk garis lurus.

 

D. Metode Pengumpulan Data

Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, penulis menggunakan metode : Metode Studi Pustaka, Observasi, Metode Wawancara, dan Studi Dokumentasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Kebutuhan luas ruangan untuk seluruh anggota Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen pada tahun 2008 harus ditambah luasnya menjadi 1132.38 m2
  2. Lokasi gedung Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen kurang strategis, sehingga jumlah pengunjungnya sedikit.
  3. Suhu di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen mencapai 32 ºC. Dengan keadaan suhu yang demikian menimbulkan ruangan di perpustakaan sangat panas dan membuat ketidaknyamanan pemustaka dan petugas, hal ini juga mempunyai dampak pada bahan pustaka yaitu timbul jamur dan membuat dampak pada keawetan bahan pustaka.

 

Contoh Skripsi Kepustakaan

  1. Pelayanan Sirkulasi Di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi DIY ( Unit Badran I )
  2. Gedung dan Tata Ruang di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen
  3. Layanan Referensi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  4. Kegiatan Promosi di Perpustakaan Universitas Muhamadiyah Surakarta
  5. Penelusuran Informasi Melalui CD-ROM di UPT Perpustakaan Stie YKPN Yogyakarta